Rendang/Antara
Kuliner

7 Makanan Indonesia yang Mendunia

Robby Fathan
Rabu, 8 Juni 2022 - 18:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia tidak hanya dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, tetapi juga memiliki tradisi dan budaya yang sangat beragam.

Salah satu produk budaya yang berhasil menarik perhatian dunia internasional adalah masakan Indonesia. Karena cita rasa asli makanan Indonesia, beberapa makanan asli negara kita sering disajikan di festival-festival yang diadakan di beberapa negara di dunia.

Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Itu sebabnya makanan Indonesia rasanya unik dan enak. Berikut makanan Indonesia yang mendunia

1. Rendang

Rendang adalah kuliner khas dunia. Karena kelezatan hidangan khas Indonesia ini, rendang menduduki peringkat tinggi dalam daftar 50 Makanan Terlezat Dunia versi CNN International tahun 2011.

Makanan dari daerah Pariangan Padang, Sumatera Barat ini memang terkenal dengan cita rasanya yang khas .Rendang sendiri merupakan makanan yang terbuat dari daging dan rempah-rempah yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

2. Gado-Gado

Gado-gado termasuk dalam daftar masakan khas Indonesia yang mendunia lainnya. Masakan asal Jawa berupa sayur rebus, irisan telur, sedikit bawang goreng dan sambal kacang ini disebut sebagai salad versi Indonesia.

Berbeda dengan salad sayuran biasa, gado-gado tidak menggunakan mayones sebagai dressing, melainkan diolah dengan selai kacang yang sangat nikmat.

Meski sederhana, masakan Indonesia ini lebih dari sekedar makanan, karena masakan Indonesia ini berhasil meraih juara pertama dalam kategori estetika presentasi pada International Cooking Competition 2010 di Naples, Italia.

3.  Soto

Makanan khas Indonesia lainnya di dunia adalah soto. Sedangkan daerah di Indonesia memiliki berbagai macam soto seperti soto betawi, coto Makassar, soto ayam, soto daging, hingga soto babat, pada dasarnya makanan berkuah ini terdiri dari beragam isian yang dibanjiri kuah dengan rempah-rempah.

4. Sate

Selanjutnya dalam daftar kuliner khas Indonesia yang mendunia adalah sate. Makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging yang dibakar dan disajikan dengan berbagai bumbu rempah ini tidak hanya digandrungi oleh masyarakat Indonesia tetapi juga oleh masyarakat manca negara.

Beberapa restoran telah menunjukkan hal ini dengan memasukkan hidangan sate ke dalam menu mereka, seperti Satay Junction di New York.

Sate Indonesia dibuat dengan daging domba dan ayam, dimasak dengan cara dibakar lalu disiram dengan kecap atau saus kacang.

5. Gudeg

Hidangan khas Indonesia dari Yogyakarta dengan rasa manis yang biasa dikenal dengan semur  nangka ini disukai dunia internasional karena rasanya yang unik. Banyak negara yang mencari untuk mengimpor makanan khas Indonesia ini dalam bentuk kalengan, dan ada juga restoran yang menyajikan menu gudeg di restorannya, seperti restoran di Clayton Road, Melbourne, Australia.

Bahan utama Gudeg adalah nangka muda mentah, yang juga disebut gori oleh masyarakat sekitar. Dalam prosesnya, nangka muda yang sudah diparut direbus dengan gula aren dan santan dengan api kecil selama beberapa jam. Bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, kemudian daun jati ditambahkan ke dalam adonan yang memberi warna coklat kemerahan pada hidangan.

6. Bakso

Makanan Indonesia selanjutnya yang mendunia adalah bakso. Makanan untuk segala usia ini sangat enak dan menyegarkan.

Tak hanya itu, bakso yang lembut, kenyal, lidah-lidah dan bikin ketagihan ini juga menjadi makanan favorit mantan Presiden AS Barack Obama.

Satu porsi bakso meliputi beberapa bakso, mie kuning, tauge, tahu, pangsit, mie kuning, bihun, sedikit bawang goreng, dan seledri.

7. Nasi Goreng

Makanan khas Indonesia terakhir yang dikenal dunia adalah nasi goreng dianggap sebagai hidangan serbaguna. Ini karena nasi goreng bisa disantap dalam kondisi apapun.

Nasi goreng kini bisa ditemukan di setiap sudut Indonesia, bahkan di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro