Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tempat Wisata di Magelang Selain Candi Borobudur

Ada beragam objek wisata di kawasan Magelang, Jawa Tengah. Berikut ini lima tempat wisata di Magelang yang direkomendasikan selain Candi Borobudur.
Abdul Jalil
Abdul Jalil - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  14:04 WIB
Sejumlah wisatawan berjalan di halaman Candi Borobudur di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (13/2/2020). -  ANTARA / Anis Efizudin
Sejumlah wisatawan berjalan di halaman Candi Borobudur di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (13/2/2020). - ANTARA / Anis Efizudin

Bisnis.com, SOLO — Ketika berbicara soal Magelang, Jawa Tengah, sebagian masyarakat mungkin akan langsung mengasosiasikannya dengan keberadaan Candi Borobudur.

Namun, tahukah Anda, tempat wisata di Magelang tidak hanya Candi Borobudur lho?

Terdapat sejumlah objek wisata lain yang tak kalah apik dengan tarif tiket masuk yang cenderung terjangkau. Nah, mana saja itu? Berikut 5 di antaranya.

1. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng ini berada di Kota Magelang. Objek wisata ini awalnya sebuah area dengan luas sekitar 5 hektare yang kemudian dibangun taman rekreasi dan taman flora. Dikutip dari kyailanggeng.com, waktu itu taman tersebut belum begitu menarik minat wisatawan.

Taman rekreasi dan taman flora tersebut kemudian dibangun lagi pada 29 Juli 1982 dengan bantuan APBD Jateng sebagai usaha untuk melestarikan, menyelamatkan, serta konservasi terhadap sumber daya alam dan menggali potensi dan pengembangan kepariwisataan di Kota Magelang.

Hingga pada 3 September 1987, namanya kemudian diganti menjadi Taman Kyai Langgeng. Penamaan ini merujuk pada nama salah satu tokoh perjuanga pada masa perang Pangeran Diponegoro dan makamnya berada di dalam area taman. Kyai Langgeng merupakan sosok ulama pada saat itu dan merupakan seorang panasihat Pangeran Diponegoro sewaktu melawan penjajahan Belanda di wilayah tanah Jawa khususnya di Magelang.

Dalam perkembangannya, Taman Kyai Langgeng kini telah bertransformasi tidak hanya sekedar taman bunga, tetapi lebih luas menjadi sebuah lokasi wisata alam dengan berbagai fasilitas memadai, terutama untuk edukasi dan olah raga. Saat ini area Taman Kyai Langgeng seluas 27,36 hektare.

2. Bukit Rhema

Objek wisata bernama Bukit Rhema atau yang dikenal Gerja Ayam Magelang ini jadi populer setelah digunakan sebagai tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Dikutip dari bukitrhema.com, Bukit Rhema merupakan tempat wisata religi di Magelang yang pembangunannya baru mencapai 70 persen. Meski belum rampung pembangunannya, Bukit Rhema sudah ramai dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun mancanegera.

Di sisi lain, Bukit Rhema dikenal juga sebagai spot terbaik untuk melihat sunrise maupun private sunrise. Bukit Rhema berdiri di atas perbukitan Menoreh yang dikelilingi beberapa gunung, seperti Gunung sumbing, Merbabu, Suroloyo, Merapi, dan Sumbing.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata magelang destinasi wisata
Sumber : JIBI/Solopos.com
Editor : Aliftya Amarilisya

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top