sakit perut
Kuliner

Mitos dan Fakta Seputar Gluten

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 Juni 2022 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gluten adalah protein yang dapat ditemukan dalam gandum, barley, rye, dan spelt.

Glutenin dan gliadin adalah dua protein utama dalam Gluten dan gliadin adalah penyebab utama yang merugikan dari Gluten.

Sayangnya, hanya sedikit orang yang tahu bahwa sebagian besar makanan, seperti roti dan pasta adalah sumber gluten yang baik. 

Beberapa orang percaya bahwa diet bebas gluten membantu mengurangi berat badan. Tapi, ada juga yang alergi terhadap gluten.

Dr Archana Batra, ahli gizi, Fisioterapis dan Pendidik Diabetes Bersertifikat memaparkan fakta dan mitos tentang diet gluten yang harus Anda ketahui berikut ini:

1. Sensitivitas gluten 

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan dalam mencerna makanan yang diinduksi gluten hingga akhirnya mengalami keluhan kesehatan seperti kembung, sembelit, diare, dan sakit perut. Jika Anda yakin mengalami gejala-gejala ini setelah mengonsumsi gluten, segera periksa.

2. Makanan kaya gluten diperkaya protein

Gluten itu sendiri adalah protein dan ditemukan di beberapa makanan seperti gandum, gandum hitam, dan jelai. Konsumsi teratur dari waktu makan ini akan memberi Anda protein yang diperlukan, serat larut, dan zat gizi mikro lainnya. Namun, ada beberapa alternatif yang dapat Anda pilih saat melakukan diet bebas gluten seperti gandum, bayam dan quinoa dll.

3. Sensitivitas gluten 

Studi telah membuktikan bahwa sensitivitas gluten dalam suatu populasi sangat jarang, mempengaruhi 0,5-6% dari populasi dan gejala yang Anda alami mungkin bukan penyebab gluten. Untuk menghindari menjadi mangsa mitos, lakukan diagnosis daripada memilih diagnosis sendiri.

4. Diet bebas gluten tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan

Karena gluten ditemukan dalam gandum dan jelai, mungkin akan lebih sulit bagi Anda untuk beralih ke diet yang sepenuhnya bebas gluten. Alternatif mungkin mengandung tambahan lemak jenuh, gula dan garam yang hanya akan menambah lemak tubuh Anda dan meningkatkan asupan kalori, dan mungkin tidak diperkaya dengan mineral dan vitamin esensial.

5. Diet bebas gluten bukan untuk semua orang

Beberapa orang menderita intoleransi terhadap gluten dan menghadapi tantangan dalam pencernaan tetapi itu tidak berarti bahwa gluten berbahaya bagi semua orang dan mereka semua harus memilih alternatif. Ketahuilah bahwa gluten adalah protein yang hanya akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan gluten dapat hadir dalam makanan tak terduga seperti gandum yang digunakan untuk menyiapkan saus tertentu, saus salad, malt yang digunakan dalam milkshake malt dan cuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro