Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alasan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik Jadi Rp750 Ribu

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengatakan jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah, akan dibatasi menjadi sebanyak 1.200 orang per hari.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Juni 2022  |  09:09 WIB
Alasan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik Jadi Rp750 Ribu
Petugas Balai Konservasi Borobudur menyemprotkan disinfektan pada sebuah stupa Candi Borobudur untuk mengantisipasi Virus Corona (COVID-19). - Antara/Heru Suyitno
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tiket masuk Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah akan naik menjadi Rp750.000 per tiket masuk.

Harga tiket itu, untuk turis lokal alias domestik. Sedangkan untuk turis asing dikenakan biaya sebesar US$100, atau sekitar Rp1,4 jutaan (kurs Rp.14.300).

Sementara itu, untuk pelajar, tiket  yang dibanderol hanya Rp5.000.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengatakan jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah, akan dibatasi menjadi sebanyak 1.200 orang per hari.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja," ujarnya dikutip dari laman instagramnya.

Dia memaparkan langkah ini dilakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Menurutnya, semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," paparnya.

Luhut juga menekankan akan menerapkan sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme “’single authority agency" sehingga Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas.

Salah satunya, akan dilaksanakan uji coba penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata. Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan. Dengan menggunakan kendaraan listrik dan EBT, saya rasa akan semakin mempertegas komitmen Indonesia dalam penggunaan energi ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

borobudur Luhut Pandjaitan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top