Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia

Meskipun Muslim dapat ditemukan di seluruh dunia, mayoritas yang tinggal di Afrika utara dan tengah , Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Banyak negara di wilayah ini lebih dari 90% Muslim, termasuk Mesir, Afghanistan, Suriah, Pakistan, Turki, dan Iran.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 04 Juni 2022  |  03:49 WIB
10 Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia
Warga penduduk Muslim Inggris menggelar salat Ied di Ewood Park, Blackburn, Inggris. - situs Blackburn Rovers

Bisnis.com, JAKARTA - Muslim adalah pemeluk agama Islam, yang percaya dan hidup dengan ajaran nabi Muhammad. Ada lebih dari dua miliar Muslim di seluruh dunia, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia, hanya dilampaui oleh agama Kristen. Faktanya, banyak peneliti memproyeksikan bahwa umat Islam akan melebihi jumlah umat Kristen pada tahun 2050.

Meskipun Muslim dapat ditemukan di seluruh dunia, mayoritas yang tinggal di Afrika utara dan tengah , Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Banyak negara di wilayah ini lebih dari 90% Muslim, termasuk Mesir, Afghanistan, Suriah, Pakistan, Turki, dan Iran.

Setiap negara di mana Muslim membuat 50% atau lebih dari populasi dianggap sebagai negara mayoritas Muslim.

Negara dengan jumlah Muslim terbesar secara keseluruhan adalah Indonesia , yang merupakan rumah bagi sekitar 231 juta Muslim. Ini adalah 86,7% dari populasi Indonesia dan hampir 13% dari total populasi Muslim dunia.

Di Indonesia, Islam secara garis besar dapat dikategorikan ke dalam “modernisme” yang mengikuti teologi ortodoks sambil menganut pembelajaran modern, atau “tradisionalisme” yang mengikuti interpretasi para pemuka agama setempat.

10 Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia :

1. Indonesia

Di urutan pertama ada Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Jumlahnya pun hingga 231.000.000 lebih dan bisa jadi kelak akan bertambah lagi. Jumlah tersebut setara dengan 86,7 persen dari total populasi Indonesia.

2. Pakistan

Selanjutnya adalah Pakistan, yang merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. menurut World Population Review menempatkan Pakistan di posisi dua, menyumbang 11,10 persen. Dengan populasi mencapai 220.892,340 jiwa. Dari jumlah tersebut 200,4 jutanya adalah pemeluk Islam.

3. India

Penduduk India yang menganut agama Islam tercatat sekitar 14% dari total populasi, atau 195 juta. Agama Islam menjadi agama kedua terbesar setelah Hindu. Selain itu, India menjadi negara dengan populasi muslim terbanyak ketiga.

4. Bangladesh

Lalu ada Bangladesh, yang memiliki 90,2% populasi Muslim dunia, dan Islam adalah agama terbesar di negara itu, dengan populasi Muslim sekitar 153,7 juta dari 164.689.383 penduduk.

5. Nigeria

Negara Muslim terbesar kelima adalah Nigeria. Persentase populasi Muslim adalah 53%. Sebanyak 109 juta orang beragama Islam. Nigeria memiliki populasi Muslim terbesar di Afrika.

6. Mesir

Kemudian di tempat keenam adalah Mesir. Dari 103.334.440 orang, 80 juta adalah Muslim, atau 4,90% dari populasi Muslim dunia.

7. Iran

Menurut data World Population Review, Iran merupakan negara Muslim terbesar ketujuh di dunia atau pertama di Timur Tengah, mengungguli negara-negara Arab lainnya.

Tanah para mullah menyumbang sekitar 4,60% dari total populasi Muslim dunia. Dari 83.992.949 penduduk, 82 juta adalah Muslim.

8. Turki

Lalu ada Turki yang memiliki penduduk muslim terbesar kedelapan di dunia. Sebagian besar terletak di Asia, negara ini memiliki populasi Muslim lebih dari 74 juta dan total populasi 85.561.976.

9. Aljazair

Lalu ada Aljazair, kota terpenting di Aljazair. Dijuluki Alger la Blanche (Kota Putih Aljir)

Aljazair juga memiliki salah satu populasi Muslim terbesar di dunia sekitar 41 juta.

10.   Rusia

Terlepas dari konflik Rusia saat ini dengan Ukraina. Namun negara ini memiliki jumlah umat Islam yang cukup besar, yakni sebanyak 20 juta orang atau 13,50% dari total populasi 145.805.947.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

muslim negara maju
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top