Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menikmati Hangatnya Nasi Bakar Buatan Ex-Personil JKT48 di Johar Baru

Kedai nasi bakar berkonsep angkringan ini tengah ramai menjadi bahasan warganet, salah satunya lantaran bisnis ini dinahkodai oleh Melati Putri Rahel Sesilia, mantan personil JKT48 generasi 4.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  18:42 WIB
Mantan personel JKT 48 Melati Putri Rahel Sesilia sedang menyiapkan pesanan nasi bakar di kedai Kuali Kuning Nasi Bakar di Johar Baru, Kamis (26/5/2022).  - Bisnis/Akbar Evandio
Mantan personel JKT 48 Melati Putri Rahel Sesilia sedang menyiapkan pesanan nasi bakar di kedai Kuali Kuning Nasi Bakar di Johar Baru, Kamis (26/5/2022). - Bisnis/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda sedang berseliweran di sekitar Jakarta Pusat tak ada salahnya untuk mampir ke Kuali Kuning Nasi Bakar yang berada di Kramat Jaya Baru, Johar Baru.

Kedai nasi bakar berkonsep angkringan ini tengah ramai menjadi bahasan warganet, salah satunya lantaran bisnis ini dinahkodai oleh Melati Putri Rahel Sesilia atau mantan personil JKT48 generasi 4.

Terdapat empat menu yang dijual di kedai tersebut, mulai dari nasi bakar ayam, nasi bakar ikan tongkol, nasi bakar cumi, nasi bakar ikan teri. Konsumen pun cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000 untuk bisa menyantap hidangan hangat dan kaya rempah tersebut.

Saat dikunjungi oleh Bisnis, tidak jarang pembeli yang mampir ke tokonya juga untuk meminta swafoto bersama Melati, karena mengetahui dirinya merupakan mantan anggota dari idol grup tersebut.

Adapun, Bisnis mendapat kesempatan untuk mewawancarainya secara langsung, gadis yang akrab disapa Meme ini mengatakan awal mula dirinya menjalankan bisnisnya adalah dari pemikiran pribadi.

“Iya, dulu mikir setelah lulus kuliah akan melakukan apa ke depannya, apalagi belum ada niatan untuk bekerja di bawah orang lain. Nah, berhubung sejak kecil dan kelas 3 SD sudah suka berjualan, mulai kepikiran buat bisnis di bidang ini,” katanya kepada Bisnis saat ditemui di kedai Kuali Kuning, Kamis (26/5/2022).

Melati pun melanjutkan, keinginannya untuk melanjutkan bisnis makin kuat setelah hubungannya dengan kekasih kandas di tengah jalan sehingga dibandingkan untuk merasa galau dirinya memutuskan untuk berdagang.

Dia melanjutkan, sosok Ibu pun mendorong keinginannya dengan turut menyarankan agar mulai berdagang serta untuk dibuka di pinggir jalan, mengingat strategi tersebut juga sesuai dengan ketersediaan modal dari dirinya.

“Aku sesuaikan bujet dan ternyata pas, setelah itu aku menggodok ide selama lebih dari sebulan untuk memikirkan strategi bisnisnya. Bahkan, juga keliling dari Sentiong sampai Johar Baru hingga bertemu lokasi ini,” katanya.

Lebih lanjut, disebutkan bisnis nasi bakar tersebut mulai terealisasi pada 7 April 2022 sehingga sudah genap dua bulan berjalan usaha dari mantan personel JKT48 tersebut.

Kendati demikian, Melati mengaku membuka kedai makanan bukan hal yang mudah, bahkan dirinya mengalami kesalahan pencatatan saat ada pesanan.

“Jujur juga awal jualan nasi bakarnya hanya laku tiga. Kejadian ini cukup menguras emosi, apalagi anak muda yang telah menggunakan tabungannya untuk berbisnis tetapi justru merugi ada semacam pukulan telak,” tuturnya.

Tak patah arang, Melati pun memutar otak bagaimana agar dagangannya diterima dan diketahui oleh masyarakat sehingga dirinya mencoba sejumlah strategi lain.

Dia mengaku, dirinya sempat kesulitan untuk tidur karena setiap malamnya memikirkan ragam strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan, salah satunya untuk memanfaatkan sosial media.

“Saat itu aku coba untuk turun tangan lebih jauh melayani pembeli, tetapi takut juga karena perempuan berjualan di jalan sampai malam tentunya juga tantangan lain yang harus diatasi sehingga aku mencoba siaran langsung (live),” katanya.

Melati pun melanjutkan, strategi tersebut ternyata berhasil melalui siaran langsung di media sosial pelanggan justru makin ramai berdatangan dan mengetahui lokasi berjualannya.

“Ternyata berjualan lewat siaran tepat dan penjualanku naik, target dulu hanya mematok 30–50 porsi, tetapi lewat strategi ini bisa menjual lebih dari 100 porsi per harinya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, strategi siaran dilakukannya sejak kedai buka pada pukul 6 sore hingga 12 malam.

Menurutnya, tidak hanya meningkatkan penjualan, penonton siarannya pun juga saling membantu untuk mengingatkan daftar pesanan, apabila dirinya terlupa.

“Kalau ada lupa buat pesanan, mereka [penonton siaran] langsung menyebut apa aja pesanannya. Jadinya terbantu sekali dan koordinasi penjualan jadi lebih cepat dan efisien,” tuturnya.

Sementara itu, dia mengatakan strategi yang lain adalah untuk memperluas kedainya agar para pembeli pun bisa menikmati nasi bakar dengan konsep angkringan. Hal ini pun menurutnya diterima dengan baik dan turut meningkatkan penjualannya.

Melati menjabarkan dari empat menu yang saat ini dijajalkan di kedainya, nasi bakar ayam menjadi favorit konsumen. Adapun, mencampur dua menu untuk sajian juga seringkali dilakukan konsumen.

“Kami ada menu nasi bakar ayam, cumi, ikan, dan teri. Paling laku itu ayam, tetapi tidak jarang juga yang menggabungkan menu. Misalnya, tongkol dengan teri, cumi dengan ayam. Namun, best seller tetap ayam 80–90 persen pesanan bisa dari ayam,” katanya.

Wanita berambut pendek itu pun kerap meminta warga melalui siaran langsung melalui media sosial TikTok untuk mampir ke warung nasi bakar ibunya di Johar Baru, Jakarta Pusat.

"Yuk yang lagi di Johar Baru mampir ke nasi bakar enak cuman Rp15 ribu. Tutupnya sampai jam 12.00 WIB, alamat lengkap cek di @kualikuning," ujar Melati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner jkt48
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top