Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mudah Membuat Visa Untuk Ke Amerika Serikat Beserta Biaya

Dikenal sulit, ini cara dan syarat mengajukan visa untuk pergi ke Amerika Serikat.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 25 Mei 2022  |  18:37 WIB
Tampilan situs resmi Imigrasi Indonesia untuk pengajukan permohonan visa online - visa/online.imigrasi.go.id
Tampilan situs resmi Imigrasi Indonesia untuk pengajukan permohonan visa online - visa/online.imigrasi.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Visa adalah suatu dokumen yang menjadi alat bukti yang diijinkan untuk dipakai seseorang ketika hendak memasuki suatu negara.

Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon.

Bentuk file juga berbeda tergantung pada negara tempat file tersebut diterbitkan. Ada yang berupa perangko, stiker yang ditempel, dan ada pula yang berupa dokumen yang disimpan secara online.

Untuk visa yang berbentuk soft file, sering juga disebut eVisa. Proses pembuatan eVisa pun harus dilakukan sebelum menginjakan kaki di negara tujuan. Nanti hasilnya akan dikirim melalui email.

Seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Indonesia, berpergian liburan keluar negeri tentu banyak menjadi pilihan untuk melepas penat.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke luar negeri terutama Amerika Serikat (AS), berikut cara untuk membuat visa beserta biaya yang harus dikeluarkan.

Anda bisa mempersiapkan visa untuk terbang ke Amerika di tahun depan dari jauh-jauh hari. Pasalnya, membuat visa Amerika Serikat terkenal sulit.

Membuat visa untuk melakukan kunjungan ke AS pun memerlukan prosedur yang panjang. Syaratnya pun banyak.

Amerika memang menerapkan kebijakan yang ketat dalam menerima kunjungan orang asing, meskipun untuk tujuan berlibur. Kebijakan itu tentu harus dihargai dan dipatuhi jika hendak berkunjung ke Negeri Paman Sam.

1. Tentukan jenis visa

Ada dua jenis visa yang dikeluarkan oleh Amerika, yakni imigran dan non-imigran. Jika Anda ingin bepergian atau berbisnis, visa non-imigran adalah pilihannya.

Di bawah undang-undang AS, pemohon visa non-imigran harus dapat memastikan bahwa mereka tidak tinggal di AS dan kembali ke negara asal mereka setelah kunjungan mereka.

2. Bayar biaya aplikasi visa

Setelah jenis visa ditentukan, Anda harus membayar biaya visa melalui Electronic Funds Transfer (EFT) dalam mata uang Rupiah.

Pertama, periksa apakah Anda memiliki rekening bank yang menawarkan pembayaran EFT. Anda juga dapat membayar secara tunai melalui Bank CIMB Niaga.

Biaya aplikasi visa AS adalah $160. Tetapi Anda harus membayar dalam rupiah dan biaya ini tidak dapat dikembalikan jika visa ditolak. Anda dapat membayar biaya aplikasi untuk lima visa sekaligus, misalnya jika Anda ingin pergi berlibur bersama keluarga.

3. Isi formulir

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pengajuan visa Amerika alias DS-160 secara online. Formulir ini harus diisi dengan benar karena tak bisa diperbaiki.

Formulir bisa didapatkan di situs id.usembassy.gov. Nomor formulir DS-160 nantinya digunakan untuk menjadwalkan wawancara.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat visa paspor
Editor : Restu Wahyuning Asih

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top