Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Wisata Religi Terkenal di Indonesia

Berikut daftar wisata religi yang berada di Indonesia
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  21:34 WIB
Pemandangan halaman Masjid Istiqlal di Jakarta, Sabtu (5/9/2020). Renovasi masjid yang dikerjakan sepanjang 2019-2020 dan menelan biaya senilai Rp465 miliar ini telah rampung. Masjid Istiqlal akan segera diresmikan kembali dibuka untuk umum. Bisnis - Arief Hermawan P
Pemandangan halaman Masjid Istiqlal di Jakarta, Sabtu (5/9/2020). Renovasi masjid yang dikerjakan sepanjang 2019-2020 dan menelan biaya senilai Rp465 miliar ini telah rampung. Masjid Istiqlal akan segera diresmikan kembali dibuka untuk umum. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dikenal sebagai  salah satu Negara yang memiliki banyak tempat wisata, berbagai variasi jenis wisata terdapat di Indonesia. Seperti wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata religi.

Indonesia sendiri memiliki suku dan budaya dengan kenaekaragam agama yang dipeluknya. Ada lima agama yang diakui secara hukum di Indonesia, yaitu Islam, Katolik/Kristen, Budha, Hindu, dan Kong Hu Chu.

Setiap agama memiliki tempat ibadah dan beberapa di antaranya dijadikan sebagai tempat wisata religi di Indonesia.

Tempat ibadah berpadu harmonis dengan arsitektur dan budaya yang berkembang pada masa itu. Perpaduan tersebut menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung.

Berikut daftar wisata religi yang berada di Indonesia :

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid yang berada di tengah Ibu Kota Jakarta ini bukan hanya menjadi masjid terbesar di Indonesia, namun Masjid Istiqlal menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara.

Pembangunan Masjid Istiqlal ini diprakasai oleh Ir.Soekarno dan Moh. Hatta.  Keunikan sejarah Masjid Istiqlal terletak dari kisah arsitek yang membangun Istiqlal. Merujuk situs resminya, Masjid Istiqlal dibangun oleh seorang non-Muslim bernama Frederich Silaban.

Masjid yang mampu menampung hingga 200 ribu jamaah ini tidak pernah sepi, terlebih pada saat bulan Ramadan dan hari-hari besar umat islam seperti Idul Fitri

2.  Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

Patung Buddha yang tertidur ini serupa dengan yang ada di Thailand. Figur ini sangat ikonik dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Destinasi wisata religi umat Buddhis  tersebut dibangun di tanah yang memiliki luas kurang lebih 20.000 meter persegi.

Arsitektur bangunan vihara ini tampak unik dan menarik karena kental dengan arsitektur bergaya jawa. Tak hanya menjadi tempat ibadah, Maha Vihara Mojopahit menjadi magnet wisatawan.

3. Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot menjadi daya Tarik Bali, Pura Tanah Lot berada di atas batu karang yang berada di lepas pantai. Yang menjadi keunikan wisata ini adalah Pura hanya bisa dikunjungi apabila air lau sedang surut.

 Destinasi wisata religi di Indonesia ini terdiri dari beberapa pura dan berperan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Saat berkunjung ke tujuan wisata religi Indonesiayang satu ini, kamu tidak hanya bisa melihat ritual keagamaan di hari-hari besar tapi juga bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah di Bali.

4. Patung Yesus, Toraja

Destinasi wisata religi di Indonesia lainnya adalah Patung Yesus yang berada di Toraja, patung ini  dianugerahi julukan patung Yesus tertinggi mengalahkan patung serupa di Rio de Jeneiro, Brazil

Objek wisata religi di Indonesia satu ini memiliki nama resmi “Patung Yesus Memberkati” dan dibangun pada Mei 2015 sebagai upaya pemerintah setempat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

Objek wisata religi ini berjarak 4 km dari pusat kota Makale. Meski terlihat khusus bagi umat Nasrani, namun tempat wisata religi ini terbuka bagi umum.

5. Masjid Ceng Ho, Surabaya

Laksamana Cheng Ho merupakan pelaut asal darat Tiongkok yang dipercaya turut berperan dalam persebaran agama Islam di Nusantara. Akan jasanya ini, ada banyak sekali masjid di Indonesia yang berdiri sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Laksamana Cheng Ho, seperti Masjid Cheng Ho di Surabaya.

Keunikan dari objek wisata religi di Indonesia satu ini adalah tampilannya yang tidak menyerupai bangunan masjid melainkan sangat kental akan aristektur khas bangunan-bangunan kuil di Tiongkok dengan pelengkap ornamen dan dekorasi bernuansa Islami.

6. Gua Maria Lourdes Puhsarang, Kediri

Maria Loudres yang berada di Kediri ini kerap menjadi destinasi wisata religi khususnya untuk menjalankan Misa Novena. Memasuki kawasan wisata religi di Indonesia yang memiliki luas mencapai 13 hektar ini, kamu juga bisa melihat 12 pancuran air yang menjadi simbol dari 12 Rasul.

Sejak ditetapkannya Gereja Poh Sarang sebagai warisan situs budaya, dengan sendirinya Gua Maria Lourdes menjadi salah satu obyek wisata religi di Kediri. Gua Maria Lourdes Poh Sarang yang terletak dilereng kaki Gunung Wilis, menyimpan eksotika panorama alam yang indah serta hawanya sejuk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata religius religius
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top