Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Destinasi Wisata Terbaik di Papua, Raja Ampat hingga Lembah Baliem

Berikut 5 destinasi wisata terbaik di Papua. Mulai dari Raja Ampat hingga Lembah Baliem.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  16:10 WIB
pulau-pulau karst di Wayaq, Raja Ampat - Antara
pulau-pulau karst di Wayaq, Raja Ampat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Turunnya jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir membuat minat masyarakat untuk berwisata terus menggeliat. Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Papua.

Papua tidak hanya terkenal akan berbagai keunikan budaya. Bumi Cendrawasih memiliki bentang alam yang luas sekaligus menyimpan berbagai keanekaragaman hayati yang sangat menakjubkan.

Pulau paling timur Indonesia ini memiliki segala pesona yang tak habis untuk kamu kunjungi, setidaknya untuk sekali seumur hidup.

Berikut 5 destinasi wisata terbaik di Papua yang bisa Anda datangi.

1. Raja Ampat

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat, salah satu wisata yang paling terkenal di Papua ini menawarkan keindahannya yang mampu menarik wisatawan domestic maupun mancanegara untuk berkunjung.

Berlokasi di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, luas Kepulauan Raja Ampat mencapai 4,6 juta hektare! Area ini rumah bagi 75% spesies laut di dunia. Surga bawah laut memang bukan sekadar julukan. Pokoknya, Raja Ampat memang pantas jadi yang pertama kali harus dikunjungi ke Papua.

Bagi kamu yang suka menyelam tentu Raja Ampat menjadi pilihan tepat, karena selama menyelam kamu akan ditemani oleh 1.511 jenis ikan dan juga penyu laut

2. Danau Sentani

Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapur ini memiliki luas 9.360 hektare merupakan sumber air dari 14 sungai besar dan sungai kecil. Tak hanya itu, danau ini pun juara dalam produksi ikannya yang bisa mencapai 1.823 ton/tahun yang tentu menjadi kebanggaan masyarakat lokal Papua.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di danau Sentani ini, mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau sampai menyewa perahu untuk berkeliling.

3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional ini merupakan kawasan konservasi yang dijaga oleh pemerintah. Kawasan konservasi Papua ini memiliki wilayah terbesar di Indonesia yaitu dengan luas 1.453.500 hektar.

Kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan rumah dari berbagai ekosistem yang dilindungi. Diantaranya yakni ekosistem daratan/pulau, bakau, hutan pantai, padang lamun sampai dengan ekosistem terumbu karang.

Menurut laman resminya telukcenderawasihnationalpark.com potensi karang Taman Nasional Teluk Cenderawasih mencapai ± 200 jenis karang. Hamparan-hamparan karang tersebut merupakan habitat, tempat berlindung dan pembiakan berbagai jenis ikan dan molusca yang hidup menempel pada terumbu karang tersebut. Selain itu juga menjadi tempat pencaharian makanan bagi berbagai jenis penyu, lumba-lumba, duyung, dan aneka jenis ikan lainnya.

4. Air Terjun Wafsarak

Surga tersembunyi ini terletak di Biak Utara, Papua Barat. Panorama air terjun setinggi 10 meter ini seperti tempat pelepas penat di tengah hutan yang asri.

Air Terjun Wafsarak adalah sebuah air terjun yang memiliki diameter setinggi 10 meter dan memiliki air berwarna biru kehijauan yang bersih dan jernih.

Panorama di sekitar air terjun sangat menyejukan mata, hijaunya pepohonan dan tebing-tebing berwarna coklat dilengkapi dengan iringan suara aliran air menambah suasana menjadi lebih nyaman dan tenang.

Air yang jatuh dari tebing langsung mengalir di sungai di bawahnya, juga dipadu dengan keindahan alam dan panorama di sekitar air terjun yang tenang bisa membuat para pengunjung betah. Menariknya, saat Anda berkunjung ke sini dijamin seluruh kawasannya sangat bersih dan tidak ditemukan satu sampah plastik. Jadi, panoramanya benar-benar megah dan mempesona.

5. Lembah Baliem

Pegunungan Jayawijaya adalah gunung tertinggi di Indonesia. Nah, kalau kamu mampir ke pegunungan ini, wajib juga mampir ke Lembah Baliem, yang berjarak 27 km dari Kota Wamena, Papua.

Di lembah yang luasnya mencapai 1.600 km2 tersebut, terdapat 3 suku utama yang menempati, yaitu Suku Dani, Yali, dan Lani. Lembah ini dikelilingi pegunungan dengan pemandangannya yang indah dan masih alami, Suhu bisa mencapai 10-15 derajat celcius pada waktu malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata papua destinasi wisata
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top