Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wisata Hidden Gem Di Jakarta yang Murah Meriah

Jakarta banyak memiliki hidden gem yang cocok untuk mengisi waktu akhir pekan, seperti tempat untuk piknik, berikut rekomendasi tempat hidden gem yang berada di Jakarta:
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  21:28 WIB
Tebet Eco Park telah dibuka untuk umum pada 24 April 2022. Taman yang mengusung tiga konsep utama yakno mengedepankan fungsi ekologi, sebagai ruang sosial, dan ruang edukasi serta rekreasi, menjadikan taman ini menjadi pilihan yang cocok bagi masyarakat Jakarta untuk menghabiskan waktu di ruang terbuka. - Istimewa
Tebet Eco Park telah dibuka untuk umum pada 24 April 2022. Taman yang mengusung tiga konsep utama yakno mengedepankan fungsi ekologi, sebagai ruang sosial, dan ruang edukasi serta rekreasi, menjadikan taman ini menjadi pilihan yang cocok bagi masyarakat Jakarta untuk menghabiskan waktu di ruang terbuka. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Jakarta adalah Ibu kota Indonesia yang dikenal dengan kota metropolitan dengan berbagai Gedung-gedung pencakar langit dan kemacetannya.

Kawasan Ibukota Jakarta memang terkenal dengan tingkat mobilitas masyarakatnya yang tinggi. Jutaan kendaraan ramai hilir-mudik setiap hari dan mengakibatkan tingginya polusi di kota ini. Dapat dikatakan bahwa sangat tidak mudah mendapatkan udara bersih dan segar di sini.

Namun di balik itu Jakarta juga memiliki banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk mengilangkan penat atau hanya sekedar penyegaran otak.

Jakarta banyak memiliki hidden gem yang cocok untuk mengisi waktu akhir pekan, seperti tempat untuk piknik, berikut rekomendasi tempat hidden gem yang berada di Jakarta:

1. Pulau Sepa, Kelupaulan Seribu

Pulau sepa adalah sebuah pulau resort yang mempunyai kelebihan pada keindahan alam laut yang terletak di Kepulauan Seribu Jakarta. Berjarak sekitar 90 menit dari Ancol, pulau sepa ini memiliki kualitas pantai pasir putih dan ekosistem bawah laut yang masih terjaga keindahannya.

Pulau sepa memiliki banyak pilihan cottage dengan harga yang berbeda-beda, selain itu Anda dapat menikmati beragam watersport yang ditawarkan mulai dari jetski,snorkeling,canoe, bahkan Anda bisa menyewa kapal untuk memancing.

2. Taman Hutan GBK

Jakarta sendiri dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan jumlah RTH. Pembebasan lahan beralih fungsi menjadi hutan kota hingga taman. Salah satu RTH yang belakangan sedang eksis berkat media sosial adalah Hutan Kota GBK.

Hutan Kota GBK mengundang pengunjung untuk berpiknik. Area luas dan bernaung pepohonan menjadikannya tempat yang cukup nyaman dan teduh. Kontur tanahnya pun cenderung landai. Jika butuh suasana yang berbeda, piknik di sini layak jadi pilihan.

Piknik di taman ini memberikan suasana piknik ala perkotaan. Pengunjung akan disuguhi pemandangan pepohonan dengan deretan gedung tinggi di belakangnya.

Bawa sendiri tikar atau kain sebagai alas duduk dari rumah. Bisa juga membawa bekal atau membeli makanan dari kios atau foodcourt di dekat stadion. Kenakan juga pakaian yang nyaman untuk bersantai. Jangan lupa bawa payung ya, siapa tahu tiba-tiba hujan turun.

3. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park merupakan ruang terbuka hijau yang nyaman dan luas di tengah kota Jakarta, lahan seluas 7 hektare ini ditumbuhi ribuan pohon dan tanaman, yang membuat suasana menjadi sejuk dan asri. Tebet Eco Park telah direvitalisasi dan dibuka untuk umum pada 23 April 2022. Taman ini dibagi menjadi sisi utara dan sisi selatan yang dipisahkan Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan. Tetapi, pengunjung bisa melewati sisi utara dan selatan melalui jembatan infinity link bridge.

Mengutip Instagram Tebet Eco Park, ada beberapa fasilitas menarik di antaranya UMKM Plaza, rain shelter, natural playground, communal gym, community pavilion, hingga mushola. Taman Tebet Eco Park sendiri berada di Jalan Tebet Timur Raya, RT 1 RW 10, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

4. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia yang juga disebut dengan Museum Gajah ini termasuk hidden gem di Jakarta yang patut untuk dikunjungi.

Museum Nasional Indonesia kini mengembangkan Ruang ImersifA yang memanfaatkan teknologi imersif untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi pengunjung.

Teknologi imersif merupakan sebuah teknologi informasi, di mana seluruh dinding dan lantai di sebuah ruangan diproyeksikan gambar bergerak yang dilengkapi dengan tata suara, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang unik dan menarik.

Museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi ini terletak di Jakarta Pusat, atau persisnya di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.

Jam operasional museum Nasional adalah mulai pukul 09.00-15.00 WIB, namun setelah lebaran, Museum Nasional menambah jam operasionalnya selama 1 jam lebih lama menjadi pukul 09.00-16.00 WIB.

5. Kampung Betawi

Kampung Betawi yang berada di Setu Babakan, Srengseng Sawah. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan adalah salah satu tempat yang dikhususkan menjadi ruang reka cipta sebagai dapurnya Budaya Betawi. Di sana pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan Kebudayaan Betawi baik fisik maupun non fisik. Besar harapan kami melalui website ini masyarakat mendapatkan informasi tentang Budaya Betawi yang lebih lengkap dan akurat dan bisa menjadi panduan anda mengenal Budaya Betawi lebih jauh.

Dikutip dari laman resmi, pengunjung bisa menikmati wisata budaya seperti pertunjukan musik, tari dan teater, berlatih silat, melihat atraksi dan prosesi budaya hingga menikmati makanan, minuman dan camilan khas Betawi seperti kerak telor, bir pletok, ikan pecak hingga nasi ulam.

Tak perlu repot menunggu perayaan Pekan Raya Jakarta atau jauh-jauh mencari makanan khas Betawi di sini. Selain mengenyangkan perut dan menambah wawasan, pengunjung juga bisa menikmati wisata air lewat fasilitas seperti sepeda air dan olahraga kano.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top