Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ulang Tahun ke-205, Kebun Raya Bogor Buka Wahana Edukasi

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengungkapkan tata kelola Kebun Raya Bogor akan terus dibenahi yang memungkinkan para periset botani akan focus melaksanakan aktivitas riset yang terdepan di bidangnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  08:05 WIB
Ulang Tahun ke-205, Kebun Raya Bogor Buka Wahana Edukasi
Kebun Raya Bogor - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Memeringati HUT ke 205 Kebun Raya Bogor 18 Mei, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meresmikan wahana edukasi dan penanaman pohon serentak, bersama 23 kebun raya Indonesia, di Kebun Raya Bogor.

BRIN meresmikan wahana edukasi di Griya Anggrek. Selain itu, mendukung fungsi konservasi kebun raya, BRIN juga melakukan penanaman pohon secara serentak. Sebanyak 23 kebun raya di Indonesia berpartisipasi dalam penanaman serentak yang dilakukan secara hybrid.

Mengutip laman resmi Kebun Raya, di Kelas Edukasi ini, Anda bisa belajar tentang dasar berkebun, cara merawat tanaman hias hingga perbanyakan tanaman bersama praktisi berpengalaman, yang merupakan salah satu dari rangkaian program Festival Kebun Raya. Berbagai macam jenis tanaman bisa kamu pelajari salah satunya Anggrek.⁣ 

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengungkapkan tata kelola Kebun Raya Bogor akan terus dibenahi yang memungkinkan para periset botani akan focus melaksanakan aktivitas riset yang terdepan di bidangnya.

Handoko juga mengatakan, dalam rangka memperkuat posisi dan manfaat kebun raya, BRIN telah menginisiasi perubahan Peraturan Presiden tentang Kebun Raya. Perubahan Peraturan Presiden tersebut guna mendorong integrasi kebun raya daerah tidak sekedar menjadi kawasan konservasi ex-situ, tetapi juga pusat edukasi sains serta pembinaan UMKM berbasis teknologi.

Selain itu, BRIN juga mendorong pembangunan kebun raya di Kawasan industry bersama pengelola Kawasan industry. “Kelak ini akan menjadi Kawasan Sains dan Teknologi (KST) di berbagai daerah” ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Sampai saat ini, terdapat 45 kebun raya di Indonesia, dengan rincian lima kebun raya berada di bawah pengelolaan BRIN yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali serta Kebun Raya Cibinong.

Sementara itu di terdapat lima kebun raya di kelola oleh Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi, 32 kebun raya oleh Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan terakhir tiga kebun raya di kelola oleh Perguruan Tingggi.

Terdata, pohon yang akan ditanam sebanyak 102 spesies, kesemuanya merupakan jenis yang terancam kepunahan. Penanaman serentak ini menjadi wujud nyata dari komitmen seluruh stakeholder pengelola kebun raya untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam mengkonservasi keanekaragaman hayati khususnya flora asli Indonesia.  

Sebagai informasi, kegiatan penanaman ini akan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan penanaman spesies pohon terbanyak serentak di kebun raya. Selain itu, MURI juga mencatatnya sebagai kegiatan penanaman pohon secara serentak di kebun raya terbanyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kebun Raya Bogor kebun raya
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top