Edamame/istimewa
Kuliner

Daftar Makanan Super Khusus untuk Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 Mei 2022 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makan sehat penting untuk semua orang, tetapi perempuan butuh makanan tertentu.

Ini untuk mendukung kesehatannya seperti tulang rapuh, kehamilan, dan kanker payudara, dan beberapa kondisi kesehatan lainnya. Biasanya makanan ini disebut super food alias makanan super.

"Makanan super" ini kaya dengan nutrisi (seringkali lebih dari satu!) yang akan membantu melindungi tubuh Anda dan membuatnya tetap bekerja dengan baik, bahkan seiring bertambahnya usia.

Berikut daftar makanan super yang khusus untuk kesehatan perempuan dilansir dari Webmd :

1. Edamame

Kacang kedelai yang lezat ini penuh dengan serat, lemak baik, dan senyawa mirip estrogen yang disebut isoflavon. Isoflavon bisa menjadi teman Anda selama menopause. Misalnya, mereka dapat membantu mendinginkan hot flash.

2. Kubis

Daun hijau ini banyak vitamin K, yang bekerja dengan kalsium dan vitamin D untuk menjaga tulang Anda kuat dan sehat. Satu porsi memiliki lebih dari 20% dari jumlah vitamin A dan C yang direkomendasikan setiap hari.

3. Asparagus

Ingin cara lain untuk mendapatkan vitamin K pembentuk tulang Anda? Asparagus telah Anda liput. Nosh pada setengah cangkir, dan voila: Anda punya sepertiga dari apa yang Anda butuhkan untuk hari itu. Ini juga penuh dengan folat, yang membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida.

4. Kacang polong

Mereka memiliki banyak protein, tanpa lemak (dan seringkali biaya) yang datang dengan daging, dan mereka tinggi serat. Mereka dapat menurunkan tekanan darah, gula darah, dan detak jantung Anda -- semua hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung, pembunuh wanita No. 1 di Amerika Serikat.

5. Jeruk bali

Ini semua tentang "flavonoid," yang membantu menurunkan kemungkinan jenis stroke tertentu pada wanita dan juga dapat membantu jantung Anda. (Jeruk juga berfungsi, tetapi jeruk bali memiliki lebih sedikit gula.) Jeruk bali mungkin bukan kombinasi yang baik dengan obat Anda, jadi tanyakan kepada dokter Anda sebelum memasukkan menu.

6. Berry dan Ceri

Mereka tidak hanya cantik dalam warna pink … dan ungu, dan merah, dan biru. Buah-buahan ini memiliki flavonoid dan antioksidan, yang dapat melindungi sel-sel sehat dari kerusakan. Buah beri membantu menjaga otak Anda lebih tajam seiring bertambahnya usia. Plus, Anda membutuhkan vitamin C mereka untuk membangun kolagen, protein yang membuat kulit Anda kencang dan halus.

7. Pepaya

Warna merah-oranyenya berasal dari beta karoten (bahan dalam wortel) dan likopen (juga dalam tomat dan semangka). Lycopene menurunkan kesempatan Anda terkena kanker serviks dan payudara. Ini juga merupakan antioksidan, dan menjaga kolesterol dan tekanan darah pada tingkat yang sehat untuk membantu menangkal penyakit jantung.

8. Yogurt Biasa, Rendah Lemak

Anda membutuhkan lebih banyak kalsium saat Anda berusia di atas 50 tahun. Yogurt mengandung banyak kalsium -- hanya 8 ons akan memberi Anda lebih dari sepertiga kalsium Anda untuk hari itu. Carilah jenis yang diperkaya dengan vitamin D, untuk membantu tubuh Anda menggunakan mineral dengan lebih baik.

9. Ikan sarden

Orang-orang kecil ini berenang dengan asam lemak sehat, vitamin D, dan kalsium. Lemak omega-3 mereka dapat meningkatkan kualitas ASI, dan sarden baik untuk bayi yang ibunya memakannya saat mereka hamil. Mereka juga memiliki lebih sedikit merkuri daripada kebanyakan ikan lainnya.

10. Kenari

Mereka juga dikemas dengan asam lemak sehat dan dapat mencegah kanker sebagai bagian dari diet seimbang. Gunakan mereka (atau biji rami tanah) sebagai topping untuk yogurt: Dua burung, satu batu.

11. Alpukat

Ya, mereka penuh dengan lemak, tapi itu adalah lemak yang baik. Faktanya, penelitian menunjukkan diet kaya alpukat dapat membantu menghilangkan lemak perut dan melindungi mata dan kulit Anda. Mereka bahkan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol "jahat" dan meningkatkan kolesterol "baik".

12. Ubi

Tembaga, serat, vitamin B6, potasium, zat besi ... ubi jalar adalah paket totalnya. Yang terbaik dari semuanya, mereka penuh dengan beta karoten, sumber vitamin A + A. Selama kehamilan dan menyusui, itu memastikan paru-paru kecil bayi Anda sehat dan kuat.

13. Bayam

Folat adalah teman Anda. Di atas fasilitas prenatal, itu menurunkan peluang Anda untuk mendapatkan demensia, penyakit jantung, dan kanker usus besar. Bayam memiliki folat dalam sekop, dan lutein juga. Antioksidan ini melindungi lensa dan retina di mata Anda dan bahkan dapat menangkal beberapa kerutan.

14. Hati sapi

Ini mungkin tidak berada di urutan teratas daftar makanan yang Anda idamkan, tetapi hati sapi adalah sumber folat dan asam folat yang sangat baik, mengalahkan pesaing vegetarian teratas seperti bayam dan kacang polong dengan selisih besar.

15. Daging sapi tanpa lemak

Berbicara tentang daging sapi, daging merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dan setelah usia 18 tahun, Anda membutuhkan lebih banyak -- lebih dari pria! Daging sapi kaya zat besi, dan juga memberi Anda dorongan seng dan vitamin B. Tapi jangan berlebihan. Ada kemungkinan makan banyak daging merah dapat menyebabkan fibroid rahim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro