Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Pesawat Termahal Sepanjang Masa

Menurut Airforce Technology, pembom siluman Angkatan Udara Amerika Serikat ini awalnya memiliki biaya unit sebesar US$737 juta. Angka ini berlaku pada saat 1997 masuk ke dalam layanan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 Mei 2022  |  11:38 WIB
Northrop Grumman B/2 'Spirit', pesawat termahal di dunia
Northrop Grumman B/2 'Spirit', pesawat termahal di dunia

Bisnis.com, JAKARTA -  Bukan rahasia lagi bahwa pesawat modern adalah kendaraan yang mahal. Biasanya harganya puluhan juta hingga ratusan juta dolar.

Tapi manakah pesawat yang paling mahal di dunia sepanjang masa?

Melansir Simple Flying, duduk di puncak termahal di dunia penerbangan sepanjang masa, Northrop Grumman B-2 'Spirit' diakui sebagai pesawat paling mahal sepanjang masa.

Menurut Airforce Technology, pembom siluman Angkatan Udara Amerika Serikat ini awalnya memiliki biaya unit sebesar US$737 juta. Angka ini berlaku pada saat 1997 masuk ke dalam layanan.

Namun, biaya pesawat, yang produksinya dimulai pada tahun 1987 itu, melampaui jumlah yang sudah sangat besar ini. Memang, biaya pengadaan B-2, yang terbang pertama kali pada Januari 1989, dilaporkan senilai US$929 juta untuk peralatan, perkuatan, dukungan perangkat lunak, dan suku cadang. Tahun-tahun pengujian yang terlibat dalam pengembangan B-2 juga bertambah.

Dengan mempertimbangkan semua hal, biaya program per pesawat mencapai US$2,13 miliar. Dengan 21 unit telah diproduksi.

Jet pribadi mahal

Sebagian besar dari kita mungkin tidak akan pernah mengalami kemewahan eksklusif terbang dengan jet pribadi, apalagi memiliki salah satu dari pesawat khusus ini. Pesawat seperti itu sering kali mewakili investasi yang lebih besar daripada versi standar pesawat yang menjadi dasarnya, karena pembeli dapat menunjukkan tingkat penyesuaian yang lebih besar atas pesawat baru mereka.

Adapun jet pribadi paling mahal yang pernah ada kemungkinan besar adalah Airbus A380 yang dipesan oleh seorang pangeran Arab Saudi. Air Charter Service melaporkan bahwa ini akan menelan biaya lebih dari US$500 juta. Namun, akhirnya tidak pernah dikirimkan. Dengan demikian, jet pribadi paling mahal (per Air Charter Service), sebaliknya, adalah Airbus A340-300 yang mewah. Dimiliki oleh Alisher Usmanov, harganya diperkirakan $350-500 juta.

Bagaimanapun, pesawat paling mahal Airbus, hingga saat ini, adalah Airbus A380.

Superjumbo, yang sekarang tidak lagi diproduksi, seharga $445,6 juta. Dalam hal jet Airbus yang masih diproduksi, yang paling mahal adalah A350-1000, dengan harga $366,5 juta. Sementara itu, pesawat komersial Boeing yang paling mahal menurut daftar harga, tidak mengejutkan, adalah 747-8. Versi terbaru dari jet jumbo berharga $418,4 juta dengan metrik ini. Namun, pada $ 442,2 juta, itu akan diambil alih oleh 777-9 ketika twinjet ini mulai beroperasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat termahal
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top