Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Kuliner Khas Khas Bandung: Mie Kocok hingga Nasi Tutug Oncom

Berikut daftar 8 kuliner khas Bandung yang harus Anda coba. Mulai dari mie kocok hingga nasi tutug oncom.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  22:48 WIB
Nasi tutug oncom khas Bandung - Instagram
Nasi tutug oncom khas Bandung - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Selain lokasi wisata yang menarik banyak orang berkunjung ke Bandung lantaran ini mencicipi kuliner atau jajanan khas Kota Kembang. 

Beragam macam kuliner bisa dijumpai di Bandung, seperti jajanan dari keluarga aci yaitu, cilok, cimol, cibay, cireng dan beragam olahan aci lainnya dapat Anda temui di Bandung.

Tak hanya itu, Bandung juga memiliki makanan khas yang cita rasa nya pasti sudah tidak diragukan lagi. Nah, untuk Anda yang sedang berlibur di Bandung jangan lewatkan makanan khas yang lezat, variatif dan pastinya membuat Anda ketagihan. 

Daftar 8 Kuliner Khas Kota Bandung

1. Mie Kocok Bandung

Hidangan yang pertama ada mie kocok Bandung, makanan ini memiliki proses penyajian yang unik karena sebelum disajikan ke pelanggan, mie akan dikocok terlebih dahulu.

Biasanya mie kocok ini menggunakan mie yang pipih dan untuk menemani kelezatan mie kocok akan disajikan bersama potongan kikil, sumsum, daun seledri, memiliki kuah yang bening dengan tambahan sambal lalu diguyur kauh kaldu yang memiliki bumbu rempah menggugah nafsu makan.

2. Soto Bandung

Di Indonesia kuliner ini memiliki khas daerah masing-masing, tak terkecuali soto yang berada di Bandung, soto ini memiliki ciri khas kuah yang bening. Namun, jangan khawatir dengan cita rasanya, karena walaupun bening soto bandung ini memiliki aroma yang khas dan dipadukan dengan potongan daging sapi.

Ciri khas lainnya dalam soto ini memiliki potongan lobak didalamnya dan taburan kacang kedelai goreng yang menambah keunikan dengan soto yang lain.

3. Surabi

Surabi merupakan kuliner khas Bandung yang memiliki banyak modifikasi saat ini, walaupun begitu tetap untuk bahan dasarnya adalah tepung beras dengan kelapa. Pada awalnya surabi ini hanya disajikan dengan telur yang dikocok lalu dimasukkan ke atas adonan surabi yang sedang dimasak, setelah jadi surabi akan disajikan dengan sambel oncom yang pastinya menambah cita rasa surabi ini.

Sementara itu, sekarang sudah banyak modifikasi dari surabi seperti, tambahan sosis dan keju dengan tambahan berbagai macam saus didalamnya.

Tak lupa untuk Anda yang senang dengan makanan manis tentunya tidak perlu khawatir karena surabi juga ada varian yang manis, biasanya untuk topping akan disajikan dengan keju, meses, dan susu atau berbagai selai lainnya.

4. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom atau biasa disebut nasi TO adalah makanan khas Bandung selanjutnya. Tutug dalam bahasa Indonesia berarti tumbuk sedangkan oncom ini adalah bentuk fermentasi dari olahan tempe.

Seperti namanya nasi ini akan dicampurkan dengan oncom bubuk yang sudah diolah, disajikan dengan lalapan, tahu, tempe, ayam goreng dan beberapa lauk lainnya, perpaduan itu tentunya menjadikan hidangan ini sempurna untuk menggugah selera Anda, akan tetapi nasi TO ini tetap dapat dinikmati tanpa lauk karena memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

5. Batagor

Batagor merupakan jajanan khas kota kembang dan bisa dijumpai diseluruh penjuru kota Bandung. Batagor ini singkatan dari Baso Tahu Goreng, sesuai namanya batagor ini merupakan campuran dari baso dan tahu yang digoreng.

Dalam penyajiannya batagor ini cukup simpel, dengan guyuran kuah kacang ditambah dengan irisan timun dan tambahan kecap manis sedikit maka hidangan ini sudah cukup untuk menarik perhatian Anda pemburu kuliner.

6. Lotek

Lotek merupakan makanan yang sepenuhnya memakai sayur sebagai bahan pokok dan cocok untuk Anda yang vegan, walaupun seperti itu lotek ini sangat bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Dengan berbagai macam campuran sayuran seperti kangkung, tauge, waluh, dan kol yang direbus dan disajikan dengan guyuran kuah kacang yang sudah pasti membuat Anda tertarik untuk mencobanya.

Biasanya lotek ini disajikan mendadak oleh penjualnya dan ada dua varian dari lotek ini, varian yang pertama adalah yang biasa karena menggunakan sayuran yang direbus dan varian kedua ini untuk anda yang menginginkan makanan yang segar bisa memesan lotek “atah” atau sayuran nya tidak direbus terlebih dahulu tetapi sudah dicuci bersih.

7. Pisang Bolen

Pisang Bolen ini merupakan makanan khas dari Bandung dan selalu diburu untuk menjadi oleh-oleh. Pisang bolen yang terkenal adalah buatan Kartika Sari sejak 1974.

Olahan ini dibuat dengan pisang yang dibalut dengan kulit tepung yang memiliki aroma khas mentega, didalamnya ada tambahan topping seperti potongan keju atau coklat yang meleleh.

8. Seblak

Siapa yang tidak mengenal seblak? Seblak merupakan makanan yang terlahir dari Bandung dan sekarang sudah dikenal orang-orang Indonesia, dengan campuran berbagai macam kerupuk mentah ditambah tambahan telur, daging, tulang atau sosis yang dimasak bersama kuah yang khas dari seblak ini.

Walaupun sudah terkenal dan banyak yang menjual di wilayah Indonesia lainnya akan tetapi penggemar seblak biasanya selalu mengeluhkan tentang bumbu yang kurang nendang, seperti kurangnya kencur didalamnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandung kuliner
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top