Kawasan Puncak Bogor Jawa Barat/Antara
Travel

Pengunjung Puncak Saat Lebaran 2022 Diperkirakan Capai 500.000

Newswire
Rabu, 4 Mei 2022 - 20:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pengunjung kawasan wisata Puncak, Bogor pada momen libur lebaran 2022 diperkirakan kembali membludak. Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Jakarta Yayat Supriatma bahkan memperkirakan angkanya bisa menembus 500.000 orang.

"Asumsinya bisa mencapai 500 ribu orang yang ke Puncak. Jika ditambah dengan pergerakan warga lokal, maka potensi jumlah orang yang beraktivitas di kawasan Puncak bisa mencapai lebih dari setengah juta orang," kata Yayat, dikutip dari Antara Rabu (4/5/2022).

Angka yang disebut Yayat tersebut bukan asal-asalan. Hitung-hitungan Yayat tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah kendaraan ke Tol Jagorawi menuju Puncak, yang berkisar 50.000 kendaraan pada momen libur lebaran.

"Kalau ditambah sepeda motor yang jumlahnya bisa mencapai 50.000 atau 100.000 dan rata-rata 2 orang, maka ada potensi 100.000 hingga 200.000 orang yang naik motor," imbuhnya.

Sebagai konteks, estimasi 50.000 mobil berlalu lewat jalur Puncak saat momen libur lebaran sebelumnya sudah diamini Kepala Kepolisian Resor Bogor Ajun Kombespol Imanuddin.

Untuk mengantisipasi membludaknya volume kendaraan, Imanuddin berkata bahwa pihaknya telah menerapkan sistem arus lalu lintas satu arah alias one way.

"Kami sudah terus berkoordinasi dengan Polres Bogor Kota, Polres Cianjur untuk mengantisipasi efek dari penggunaan satu arah," tuturnya.

Dalam pantauannya, Imanuddin juga mengamini bahwa kebanyakan pengguna jalan tampak menjadikan Puncak sebagai destinasi akhir. Lokasi yang dituju di antaranya vila, hotel, maupun Taman Safari di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro