Hotel Grandhika Pemuda Semarang menawarkan paket menginap dengan bonus walking tour menjelajahi area Kota Lama Semarang dan sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang.
Travel

Ini Rekomendasi 5 Objek Wisata Populer di Semarang

Abdul Jalil
Rabu, 4 Mei 2022 - 10:15
Bagikan

Objek Wisata Populer di Semarang

4. Kelenteng Sam Po Kong

Kelenteng Sam Po Kong atau biasa disebut Kelenteng Gedung Batu ini berlokasi di daerah Simongan, Kota Semarang. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata sekaligus tempat peribadatan bagi warga keturunan Tionghoa.

Sam Po Kong sendiri terkenal karena merupakan tempat pemujaan kepada seorang Laksamana dari zaman Dinasti Ming (1368-1643) dalam masa pemerintahan Kaisar Yung Lo (1402-1424) yang bernama Zheng He (1371-1435).

Dalam ceritanya, Laksamana Zheng He atau sering disebut Laksamana Cheng Ho sedang berlayar melewati Laut Jawa dna kemudian merapat ke Pantai Utara Semarang.

Sebagai seorang nahkoda yang bergama Islam yang tengah berlayar menjelajah dunia sambil menyebarkan ajaran Islam, ia kemudian mendirikan sebuah masjid di tepi pantai tersebut yang sekarang telah berfungsi menjadi kelenteng.

Bangunan itu sekarang berada di tengah Kota Semarang diakibatkan Pantai Utara Jawa selalu mengalami pendangkalan yang diakibatkan ada sedimentasi, sehingga lambat laun daratan semakin bertambah luas ke utara.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah kini juga menjadi landmark Kota Semarang. Masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini berada di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Kota Semarang.

Setiap harinya, masjid ini ramai dikunjungi masyarakat, baik yang ingin beribadah maupun berwisata. Arsitektur masjid ini memadukan tiga gaya, yakni Jawa, Arab, dan Roma-Yunani.

Arsitektur Jawa diwakilkan pada bagian badan atap masjid yang berbentuk limas serta dasar dasar tiang masjid bermotif batik seperti model tumpal, untuk walang, kawung, dan parang-parangan.

Arsitektur Arab dapat dilihat dari kubah puncah masjid dan dinding masjid yang dihiasi kaligrafi. Sementara arsitektur Roma-Yunani terlihat pada desain interior dan pewarnaan sudut-sudut bangunan.

Ciri khas masjid ini, yakni memiliki enam buah payung hidrolik jumbo yang berada di teras masjid. Payung yang dapat membuka dan menutup secara otomatis ini mengadopsi model yang ada di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, di mana masing-masing payung memiliki tinggi 20 meter dan bentangan mencapai 14 meter.

Selain itu, majid ini memiliki menara Asmaul Husna setinggi 99 meter. Menara yang disebut dengan Al Husna Tower ini terletak di pojok barat daya masjid dan dapat dilihat dari radius 5 kilometer.

-----

Berita ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Bukan Hanya Lawang Sewu, Berikut Lima Tempat Landmark Kota Semarang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Jalil
Sumber : JIBI/Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro