Hotel Grandhika Pemuda Semarang menawarkan paket menginap dengan bonus walking tour menjelajahi area Kota Lama Semarang dan sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang.
Travel

Ini Rekomendasi 5 Objek Wisata Populer di Semarang

Abdul Jalil
Rabu, 4 Mei 2022 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG — Saat mendengar nama Kota Semarang, Lawang Sewu mungkin menjadi salah satu objek wisata yang terlintas di kepala.

Wajar saja, pasalnya ia merupakan salah satu landmark ikonik yang memiliki nilai sejarah dan arsitektur menawan.

Namun, tahukah Anda, tempat wisata populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini bukan hanya Lawang Sewu lho? Berikut adalah beberapa tempat wisata yang juga menjadi landmark Kota Semarang.

1. Tugu Muda

Tugu Muda terletak persis di jantung Kota Semarang, berdekatan dengan Lawang Sewu. Di sekitar tuga tersebut terdapat taman yang indah. Banyak pengunjung biasanya berfoto di dekat lokasi tugu.

Lebih jauh, Tugu Muda ini juga merupakan saksi sejarah, yakni pertempuran lima hari. Untuk diketahui pula, tugu ini pertama kali dibangun 28 Oktober 1945. Namun, ia kemudian dibongkar oleh tentara Belanda dan akhirnya dibangun ulang Tugu Muda pada 1950.

2. Kota Lama

Kawasan ini berada di tepi Sungai Mberok di wilayah Tanjung Emas, Semarang Utara. Kota Lama Semarang ini dijuluki Little Netherland karena memang bangunan-bangunan di wilayah ini memiliki gaya arsitektur zaman dulu. Di sekitar lokasi juga ada kanal-kanal air yang dibangun pemerintah kolonial.

Dalam catatan sejarah, Kota Lama ini sudah ramai dari abad ke-17. Saat itu, kawasan ini merupakan salah satu pusat perdagangan di Indonesia. Pada abad ke-18 hingga abad ke-19, banyak pedagang Cina dan Arab yang memenuhi kawasan ini.

3. Simpang Lima

Kawasan ini disebut Simpang Lima karena menjadi titik pertemuan dari lima jalan, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Ahmad Dahlan.

Di seputaran Simpang Lima terdapat pusat perbelanjaan, penginapan, serta pusat kuliner. Kawasan ini merupakan area publik yang sangat ramai dikunjungi warga, terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Jalil
Sumber : JIBI/Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro