Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Rekomendasi 5 Objek Wisata Populer di Semarang

Berikut sejumlah tempat wisata di Semarang yang bisa Anda kunjungi saat libur Lebaran bersama dengan keluarga.
Abdul Jalil
Abdul Jalil - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  10:15 WIB
Hotel Grandhika Pemuda Semarang menawarkan paket menginap dengan bonus walking tour menjelajahi area Kota Lama Semarang dan sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang.
Hotel Grandhika Pemuda Semarang menawarkan paket menginap dengan bonus walking tour menjelajahi area Kota Lama Semarang dan sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang.

Bisnis.com, SEMARANG — Saat mendengar nama Kota Semarang, Lawang Sewu mungkin menjadi salah satu objek wisata yang terlintas di kepala.

Wajar saja, pasalnya ia merupakan salah satu landmark ikonik yang memiliki nilai sejarah dan arsitektur menawan.

Namun, tahukah Anda, tempat wisata populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini bukan hanya Lawang Sewu lho? Berikut adalah beberapa tempat wisata yang juga menjadi landmark Kota Semarang.

1. Tugu Muda

Tugu Muda terletak persis di jantung Kota Semarang, berdekatan dengan Lawang Sewu. Di sekitar tuga tersebut terdapat taman yang indah. Banyak pengunjung biasanya berfoto di dekat lokasi tugu.

Lebih jauh, Tugu Muda ini juga merupakan saksi sejarah, yakni pertempuran lima hari. Untuk diketahui pula, tugu ini pertama kali dibangun 28 Oktober 1945. Namun, ia kemudian dibongkar oleh tentara Belanda dan akhirnya dibangun ulang Tugu Muda pada 1950.

2. Kota Lama

Kawasan ini berada di tepi Sungai Mberok di wilayah Tanjung Emas, Semarang Utara. Kota Lama Semarang ini dijuluki Little Netherland karena memang bangunan-bangunan di wilayah ini memiliki gaya arsitektur zaman dulu. Di sekitar lokasi juga ada kanal-kanal air yang dibangun pemerintah kolonial.

Dalam catatan sejarah, Kota Lama ini sudah ramai dari abad ke-17. Saat itu, kawasan ini merupakan salah satu pusat perdagangan di Indonesia. Pada abad ke-18 hingga abad ke-19, banyak pedagang Cina dan Arab yang memenuhi kawasan ini.

3. Simpang Lima

Kawasan ini disebut Simpang Lima karena menjadi titik pertemuan dari lima jalan, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Ahmad Dahlan.

Di seputaran Simpang Lima terdapat pusat perbelanjaan, penginapan, serta pusat kuliner. Kawasan ini merupakan area publik yang sangat ramai dikunjungi warga, terutama saat akhir pekan dan hari libur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata semarang destinasi wisata
Sumber : JIBI/Solopos.com
Editor : Aliftya Amarilisya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top