Keraton Solo Mangkunegaran/surakarta.go.id
Travel

Ini 7 Objek Wisata Ramah Anak dan Edukatif di Solo

Suharsih
Selasa, 3 Mei 2022 - 16:10
Bagikan

Objek Wisata di Solo: Kereta Uap hingga Museum

4. Sepur Kluthuk Jaladara

Jalan-jalan naik sepur kluthuk Jaladara menjadi pilihan lain yang bisa dipilih wisatawan yang ingin mengenal Kota Solo sambil memberikan edukasi kepada anak-anak. Sejak diresmikan pada 27 September 2009 lalu, kereta yang dijalankan dengan lokomotif uap kuno dan gerbong dari kayu ini sudah menjadi magnet bagi wisatawan.

Kereta lokomotif uap ini melayani wisatawan dengan sistem sewa atau carter dengan biaya Rp3,5 juta untuk perjalanan dari Stasiun Purwosari melalui rel sepanjang Jalan Slamet Riyadi sampai Stasiun Solo Kota di Sangkrah, Pasar Kliwon.

Sepanjang perjalanan, kereta wisata yang ramah anak akan berhenti di beberapa objek wisata dekat Jalan Slamet Riyadi seperti Loji Gradrung, Museum Batik Danar Hadi, dan Keraton Solo selama tiga jam.

Untuk pemesanan atau reservasi perjalanan sepur kluthuk ini bisa dengan datang langsung ke Kantor Dishub Jalan Menteri Supeno, Manahan, Solo, atau melalui nomor Whatsapp 0856 4200 5156 dan 0896 3097 6114.

5. Keraton Solo

Keraton Solo juga menjadi salah satu ikon wisata Kota Solo yang ramah anak dan edukatif. Di objek wisata ini, pengunjung bisa berfoto dengan latar bangunan bersejarah berusia lebih dari 270 tahun.

Selain itu wisatawan bisa mengunjungi Museum Keraton Solo. Untuk masuk museum ini, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk senilai Rp15.000 per orang. Jika berkunjung pada hari Minggu atau libur, ada wahana naik skuter listrik yang bisa disewa di lokasi.

Pengunjung juga bisa melihat serta memberi makan kebo bule keturunan Kyai Slamet di Alun-alun Kidul (Alkid), naik becak hias, dan menonton atraksi prajurit pada Sabtu.

6. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran berada di Jalan Ronggowarsito, Banjarsari, Solo. Di sini, pengunjung bisa melihat-lihat keindahan bangunan pura berusia 265 tahun.

Sebagai informasi, Pura Mangkunegaran memiliki pendapa terbesar di Indonesia. Selain itu, perpustakaannya juga menjadi salah satu yang tertua di Tanah Air. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Mangkunegaran berupa apam yang juga disajikan pada momen libur Lebaran ini.

Untuk berwisata ke Pura Mangkunegaran, pengunjung mesti membayar tiket masuk senilai Rp20.000 per orang.

7. Museum Radya Pustaka

Radya Pustaka merupakan salah satu museum tertua di Indonesia yang berdiri pada 1890. Badan Otorita Borobudur (BOB) menyebut, museum ini memiliki banyak sekali koleksi naskah tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Naskah-naskah itu di antaranya mengenai Kerajaan Majapahit, Pulau Pajang, Mataram, dan Kerajaan Demak. Situs kerajaan tersebut memiliki peninggalan-peninggalan dalam bentuk tulisan, sastra, patung, dan peninggalan lainnya yang bertuliskan Sanskerta serta huruf Palawa.

Ini lah yang menjadikan keberadaan museum ini sangat berkesan bagi masyarakat Jawa. Anak-anak bisa belajar banyak pengetahuan mengenai sejarah di museum ini. Apalagi saat ini Museum Radya Pustaka Solo dapat diakses secara gratis alias tidak perlu membayar tiket masuk.

-----

Berita ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "7 Objek Wisata Solo Ini Ramah Anak & Edukatif, Cocok Buat Libur Lebaran"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Suharsih
Sumber : JIBI/Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro