Keraton Solo Mangkunegaran/surakarta.go.id
Travel

Ini 7 Objek Wisata Ramah Anak dan Edukatif di Solo

Suharsih
Selasa, 3 Mei 2022 - 16:09
Bagikan

Bisnis.com, SOLO — Sedang menikmati libur Lebaran di Kota Solo? Untuk mengisi waktu luang bersama keluarga Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ramah anak dan edukatif.

Di Solo sendiri tercatat ada tujuh tempat wisata yang edukatif dan cocok untuk keluarga dan anak-anak. Mana saja? Berikut ulasannya.

1. Taman Balekambang

Taman wisata dan hutan kota yang berada di wilayah Manahan, Banjarsari, Solo, ini tidak hanya menawarkan kesejukan dan pemandangan hijau yang asri. Di taman yang pada 2021 lalu genap berusia 100 tahun itu, pengunjung bisa belajar mengenai keragaman flora.

Ada sejumlah tumbuhan langka di taman yang juga menjadi objek wisata ramah anak di Solo itu seperti beringin putih, beringin sungsang, dan apel cokelat. Di taman ini pengunjung juga bisa belajar mengenai konservasi alam mengingat fungsinya yang menjadi daerah resapan air dan paru-paru kota. Sementara untuk hiburan, Taman Balekambang menawarkan hiburan seni tradisional seperti ketoprak dan sendratari Ramayana.

2. TSTJ atau Jurug Solo Zoo

Sebagai kebun binatang sekaligus tempat konservasi hewan, TSTJ menjadi pilihan warga dari berbagai daerah untuk mengajak anak berwisata sambil belajar mengenai keragaman satwa.

Tempat wisata di kawasan Jurug, Jebres, Solo, yang ramah anak ini biasanya juga menggelar event Pekan Syawalan saat momen libur Lebaran. Namun, selama masa pandemi agenda itu ditiadakan. Bagi Anda yang ingin berwisata ke TSTJ siapkan kocek senilai Rp25.000 per orang untuk tiket masuk.

3. Naik Bus Tingkat

Bus tingkat dengan nama Werkudara ini menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Solo. Bus yang dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo ini melayani penumpang baik perorangan maupun disewa untuk rombongan.

Harga tiket perorangan Rp20.000 untuk penumpang usia 3 tahun ke atas, sedangkan untuk sewa rombongan tarifnya Rp800.000. Saat ini, bus tingkat Werkudara melayani wisatawan setiap hari termasuk Sabtu, Minggu, Hari Libur. Jam keberangkatan pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB, dan 15.00 WIB.

Tiket bisa dipesan dengan datang langsung ke Kantor Dishub Solo atau bisa juga reservasi melalui nomor 0856-4200-5156.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Suharsih
Sumber : JIBI/Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro