Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Capek Berkendara di Tol Semarang-Solo, Yuk Mampir Ke Resta Pendopo 456

Jika Teman Bisnis pengguna jalan tol Semarang-Solo yang membutuhkan tempat istirahat, berikut ulasan mengenai rest area di Kota Salatiga.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  14:56 WIB
Rest area KM 456 Jalan Tol Semarang Solo ini mendapat penghargaan dari Kementerian PUPR.  - ANTARA
Rest area KM 456 Jalan Tol Semarang Solo ini mendapat penghargaan dari Kementerian PUPR. - ANTARA
Bisnis.com, JAKARTA - Dua rest area di Salatiga bisa menjadi pilihan para pengendara untuk beristirahat sejenak saat melintasi tol Semarang-Solo. Rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) ini dikenal dengan nama Resta Pendopo 456.
TIP ini memiliki skybridge yang menghubungkan TIP 456 A dan 456 B dengan konsep perpaduan antara modern dan tradisional. Dengan suguhan pemandangan yang tiada duanya, Resta Pendopo disebut sebagai rest area yang paling indah di Indonesia.
Dilansir dari laman Auto2000, kedua TIP tersebut telah dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan para pengendara, termasuk para pemudik pada Idulfitri tahun ini. Berikut beberapa ulasan mengenai rest area di Kota Salatiga:
 
Desain yang Menawan
 
Skybridge milik Resta Pendopo 456 ini merupakan yang pertama di Indonesia. Sebelumnya, belum pernah ada dua rest area di jalur berbeda yang saling terhubung melalui jembatan. Dengan adanya fasilitas ini, pengunjung rest area punya lebih banyak opsi tempat untuk beristirahat atau mengisi perut.
 
Selain itu, rest area Salatiga KM 456 juga memiliki arsitektur unik nan cantik. Lima bangunan utama rest area didesain dengan model joglo khas Jawa Tengah. Kelimanya melambangkan lima gunung yang mengelilingi wilayah Salatiga, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran. Bahkan, pengunjung bisa melihat langsung kelima gunung tersebut saat cuaca sedang cerah. 
 
Fasilitas Lengkap
Resta Pendopo 456 Salatiga dilengkapi dengan area parkir luas serta SPBU yang beroperasi selama 24 jam. Selain itu, pengendara juga bisa bisa memanfaatkan fasilitas seperti toilet, masjid, restoran, tempat istirahat, area terbuka hijau, serta area bermain untuk anak yang rapi dan bersih.
 
Kedua rest area Salatiga ini juga dilengkapi dengan galeri seni yang berisi karya seni buatan seniman Jawa Tengah, serta lahan parkir luas yang mampu menampung banyak mobil.
 
Sentra UMKM
Selain berfungsi sebagai tempat istirahat bagi para pengunjungnya, rest area KM 456 ruas Tol Trans Jawa juga merangkul para pelaku UMKM dan menjadi sentra UMKM. 
 
Terdapat beberapa tenant yang merupakan UMKM dari Jawa Tengah. Barang yang dijajakan pun sangat variatif, mulai dari makanan dan minuman hingga suvenir khas Jawa Tengah. 
 
Tak hanya itu, Resta Pendopo 456 ruas tol Semarang juga memiliki ruang atraksi budaya yang menyajikan pertunjukan budaya hingga live music.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm jalan tol salatiga idulfitri rest area
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top