Ilustrasj Penjual gudeg./Antara
Kuliner

7 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo, Favorit Jokowi Lho! 

Lukman Nur Hakim
Minggu, 1 Mei 2022 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada mudik Lebaran 2022 ini, pemerintah mengatakan jika daerah Jawa Tengah merupakan wilayah yang akan didatangi oleh para pemudik. Simak 7 rekomendasi wisata kuliner di Solo favorit Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Dengan banyaknya pemudik, tentu daerah Jawa Tengah akan dipadati oleh masyarakat dari luar daerah. Hal ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi beberapa sektor, salah satunya kuliner.

Kota-kota di Jawa Tengah memang dikenal memiliki makanan khas yang patut untuk dicoba, salah satunya daerah Solo atau Surajarta 

Selain kota sejarah, Solo juga memiliki berbagai macam kuliner khas yang menggugah selera. 

Berkat banyaknya kuliner tersebut, sampai-sampai mantan Walikota Solo yang sekarang menjabat sebagai Presiden Indonesia, Joko Widodo selalu membeli atau singgah ke beberapa tempat makan.

Warung kuliner ini menghidangkan beberapa makanan khas daerah Solo yang terkenal akan kuah dan dagingnya.

Dilansir dari akun Youtube Presiden Joko Widodo pada Minggu (01/5/22), ada 7 tempat kuliner jadi langganan Presiden Jokowi.

7 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo Favorit Presiden Jokowi

1. Ayam Goreng Mbah Karto

Makanan pertama yang langsung menjadi sorotan adalah Ayam Goreng khas dari Mbah Karto. Dengan cara masak yang bisa dibilang Fresh, Ayam Goreng ini merupakan makanan yang disukai oleh Jokowi.

Namun, untuk rasa Ayam Goreng Mbah Karto tidak ada duanya, dan memang tempatnya sangat cocok untuk mengajak sanak keluarga makan ketika berada di Solo.

2. Soto Gading

Soto Gading merupakan kudapan sederhana namun memiliki rasa yang luar biasa. Kudapan ini terdiri dari terdiri dari kaldu ayam, bihun, potongan kecil atau suwir daging ayam, irisan daun bawang dan tomat, nasi, dan jeruk nipis sebagai pelengkapnya.

Ketika berada di Solo, sangatlah patut untuk mencoba menyantap Soto Gading setelah bersilaturahmi.

3. Soto Triwindu

Sama dengan soto pada umumnya, Soto Triwindu juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Namun yang menjadi beda adalah soto triwindu memiliki side dish seperti otak, lidah, dan kikil yang dapat digabung dengan soto tersebut.

Kudapan ini sangat cocok untuk dimakan bersama keluarga besar atau kelurga inti ketika sedang berada di wilayah kota Solo.

4. Warung Sate Kambing Hj Bejo

Selain terkenal dengan makanan berkuahnya, Solo juga memiliki sate yang sudah banyak dikenal, yaitu Sate Buntel. Dalam tayangan yang disajikan di Youtube presiden Jokowi, terlihat bagaimana beliau sangat menyakui menyantap sate, terutama Sate Buntel.

Warung Sate Kambing Hj Bejo terletak di Jl. Sungai Barito (Lojiwetan), Surakarta, Jawa Tengah. 

5. RM Adem Ayem

Berbeda dengan tempat sebelumnya, tempat makan rekomendasi pak Jokowi ini terlihat sangat fancy dan lebih untuk keluarga.

Meskipun yang disuguhkan adalah makanan tradisional seperti Gudeg, namun untuk rasa pasti di atas rata-rata.

Bagi Anda yang ingin mengajak keluarga dan kerabat sangat cocok untuk mengajak ke RM Adem Ayem.

6. Timlo Maestro

Bisa dikatakan ini merupakan salah satu makanan khas dari Solo. Timlo Maestro meruapakan hidangan yang cocok sekali Anda perhitungkan untuk masih wishlist makanan yang akan Anda coba ketika sedang berada di Solo.

Untuk isiannya sendiri, isiannya beragam mulai dari kembang tahu, telur, jeroan, hingga daging. Biasanya, kuliner berkuah ini pas disantap saat malam hari.

Tempat yang menjual menu ini juga banyak. Termasuk Timlo Maestro yang berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan 60 atau kawasan Keprabon.

7. Gudeg “Mbak Yus”

Mungkin terdengar seperti makanan khas Yogyakarta, akan tetapi gudeg berbeda. Meskipun dapat dibilang sama, namun Mbak Yus melakukan inovasi dengan menambahkan ceker kedalam santapan ini.

Bagi Anda yang senang mencoba hidangan baru dan menyergarkan mata, Gudeg Mbak Yus adalah pilihan cocok ketika Anda sedang berada di kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro