Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Travel

Tips Cegah Penularan Covid19 Saat Mudik Lebaran dan Silaturahmi

Robby Fathan
Jumat, 29 April 2022 - 21:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi Pandemi di Indonesia sudah dikatakan menurun dibandingkan tahun lalu, dan kini masyarakat Indonesia siap untuk menghadapi era baru yaitu bersiap masuk ke fase endemi.

Tahun ini sudah banyak kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya mengizinkan mudik lebaran yang di mana ini dilarang selama dua tahun, tentu mudik kali juga dengan syarat tertentu agar angka penyebaran virus covid-19 tidak bertambah.

Ada baiknya saat lebaran kita tetap disiplin menerapkan protocol kesehatan, lantas bagaimana cara agar tetap aman saat bersilaturahmi di lebaran tahun ini?

Menjaga Imun

Cara pertama agar kita dapat menikmati lebaran dan mencegah penularan virus Covid-19 adalah dengan menjaga imun, dengan menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tetap prima dan simtem kekebalan tubuh meningkat adalah faktor yang penting untuk mencegah penularan.

Menjaga Jarak

Jika acara lebaran mengharuskan Anda untuk bertemu dengan banyak orang lain dalam 1 ruangan yang sama, atur tempat duduk dengan jarak yang direkomendasikan sesuai dengan protokol kesehatan yaitu minimal 1 meter, Apabila terlalu dekat dengan orang lain, seseorang dapat menghirup droplet dari orang yang mungkin terinfeksi covid-19.

Tetap Menggunakan Masker

Cara pencegahan COVID-19 berikutnya, meski sudah menerima vaksin booster, tetaplah konsisten untuk menggunakan masker saat bersilaturahmi dengan banyak orang saat momen lebaran berlangsung,  gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika sakit atau saat sedang keluar rumah.

Batasi Menyentuh sesuatu barang

Virus bisa saja menempel pada benda yang berada di tempat umum. Jika ingin memberikan barang atau dokumen fisik, sebaiknya berikan secara virtual. Pertimbangkan untuk memberi uang atau undangan dalam bentuk digital.

Cuci Tangan

Cuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

Batasi waktu pertemuan

Untuk mencegah peluang penularan virus, batasi pertemuan agar tidak terlalu lama dan melibatkan terlalu banyak orang. Lebih baik lakukan pertemuan di ruangan yang terbuka.

Silaturahmi Virtual

Silaturahmi bahkan bisa dilakukan dengan bertatap muka lewat video call, Bagi keluarga besar yang berada di luar kota maka silaturahmi dapat dilakukan secara online. Lebaran di masa pandemi juga bukan berarti membuat tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar dan kerabat. Di era kemajuan digital seperti ini jarak bukan lagi menjadi masalah untuk berkomunikasi. Tetap bisa melakukan silaturahmi secara virtual setelah ataupun sebelum salat Idul Fitri. Bisa membuat agenda dan mencocokan jadwal terlebih dahulu agar peserta yang ikut silaturrahim virtual juga bisa maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro