Rendang/Antara
Kuliner

Resep Rendang Daging Empuk Khas Padang

Alifian Asmaaysi
Jumat, 29 April 2022 - 19:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rendang adalah salah satu kudapan yang biasa disajikan secara khusus guna melengkapi perayaan Hari Raya.

Cita rasanya yang nikmat dan kaya akan rempah mampu membius lidah siapa saja yang mencobanya. Rendang atau rendang adalah olahan daging sapi atau kambing yang merupakan makanan khas asal Minangkabau. 

Selain dikenal dengan cita rasanya yang nikmat, rendang juga terkenal akan lama waktu pengolahannya. 

Meskipun pada dasarnya, memasak rendang ternyata tidaklah serumit yang dibayangkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan selain daging adalah santan dan juga rempah-rempah. Hanya saja, Anda memang harus bersabar saat mengolahnya. Kudapan ini sangat cocok dihidangkan pada momen lebaran Idulfitri bersama sepiring nasi hangat atau ketupat sayur. 

Bagi Anda yang berniat memasak olahan daging sapi menjadi sepiring rendang yang lezat, berikut tips dan cara memasak daging rendang khas padang yang empuk dan lezat.

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

Bahan Utama:

 1 kg daging sapi

 5 lembar daun jeruk

 5 lembar daun salam

 2 lembar daun kunyit

5 ruas serai

1 ruas lengkuas

3 buah bunga lawang

5 buah kapulaga

1 sdt asam jawa

2 sdm gula pasir

1 sdm kaldu sapi bubuk

garam secukupnya

500 ml santan kental

500 ml susu cair Frisian Flag Full Cream

3 sdm minyak goreng

Bahan Untuk Bumbu Halus:

15 siung bawang merah

10 siung bawang putih

10 buah cabai merah

5 buah cabai keriting

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

5 butir kemiri

1 sdt jinten

1 sdt ketumbar

1 sdt merica

Cara Memasak

  1. Haluskan seluruh bahan bumbu halus menjadi satu
  2. Panaskan minyak
  3. Masukkan bumbu halus dan rempah seperti daun salam, daun kunyit, daun jeruk, serai, lengkuas, bunga lawang, kapulaga, dan asam jawa, lalu tumis hingga harum.
  4. Masukkan daging yang sudah dipotong-potong
  5. Tambahkan gula pasir, kaldu sapi, dan garam secukupnya
  6. Aduk secara merata hingga bumbu berubah warna dan harum

7.Tuangkan santan dan masak hingga menyusut sambil diaduk (gunakan api kecil)

8.Angkat dan sajikan

Tips Mengolah Rendang Daging Sapi

Jika dimasak dengan langkah yang tepat, daging rendang harusnya memiliki cita rasa lezat dan empuk. Berikut tips mengolah rendang empuk dan anti gagal.

  1. Gunakan Potongan Bagian Daging yang Tepat

Agar rendang yang dimasak memiliki tekstur yang empuk dan tidak hancur, Anda perlu memperhatikan bagian daging yang akan diolah. Memasak rendang membutuhkan waktu yang lama, karenanya pastikan Anda menggunakan jenis daging yang bertekstur padat seperti paha bagian luar, agar daging tidak mudah hancur saat dimasak dalam waktu yang lama.

  1. Olah Bumbu dan Daging dengan Benar

Saat mengolah bumbu rendang, gunakan bahan-bahan yang segar. Selain itu, sebelum memasukkan daging ke dalam bumbu, pastikan Anda telah merebus santan dan juga bumbu halus hingga mengeluarkan minyak dan mengental.

  1. Pastikan Santan Cukup

Perbandingan daging dengan santan adalah 1:3. Artinya setiap 1 kg daging sapi setara dengan santan kental yang berasal dari 3 butir kelapa. 

  1. Gunakan Api Kecil dan Aduk Secukupnya

Agar olahan daging rendang memiliki tekstur yang empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna, Anda perlu menggunakan api kecil saat mengolahnya. Hal lain yang perlu menjadi catatan adalah, jangan mengaduk rendang secara terus menerus, untuk menghindari kemungkinan daging akan hancur.

Proses mengaduk dilakukan secukupnya saja untuk memastikan daging tidak gosong dan panas dapat terdistribusi secara merata.

Waktu memasak rendang juga bervariasi antara 4 hingga 6 jam tergantung hasil akhir rendang yang Anda inginkan. Jika Anda menyukai rendang dengan sajian basah, Anda perlu mengolah daging selama 4 jam. Jika Anda cenderung menyukai rendang dengan sajian kering, Anda perlu mengolah rendang sekitar 5 hingga 6 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro