Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Rekomendasi Kuliner di Jalur Mudik Jawa - Sumatra

Mayoritas orang yang mudik Lebaran mencari kuliner dan makanan khas daerah untuk melepaskan rindu terhadap kampung halaman. Simak makanan di sekitar jalur mudik Sumatra.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 27 April 2022  |  18:36 WIB
Pindang ikan Palembang, salah satu kuliner Palembang yang terkenal selain pempek. - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Pindang ikan Palembang, salah satu kuliner Palembang yang terkenal selain pempek. - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Mudik dan kuliner merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Saat Anda mudik, maka kulionemenjajal beberapa kuliner khas beberapa daerah yang dilewati merupakan keharusan, meskipun hanya sekedar mencicipi.

Bukan hanya itu saja, dari survei preferensi mudik Lebaran 2022 yang dilakukan oleh pegipegi, mereka berhasil mendapatkan aktivitas favorit yang akan dilakukan ketika mudik Lebaran.

Aktivitas favorit masyarakat ketika mudik didominasi oleh rencana untuk kuliner bersama keluarga (52 persen), menjelajah wisata destinasi terdekat (27 persen), dan staycation dalam kota (11 persen).

Hal ini menunjukkan bahwa akan ada aktifitas kuliner saat mudik berlangsung masih menjadi hal yang paling tinggi dan tidak dapat dipisahkan. 

Berikut Rekomendasi Kuliner Jalur Mudik Ke Sumatra Menggunakan Kendaraan Pribadi

1. Rabeg (Cilegon, Banten)

Ketika ingin melakukan mudik ke Sumatra, sudah pasti Anda akan melewati kota Cilegon. Nah, ketika melewati kota tersebut, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi makanan khas Cilegon, yaitu Rabeg. Pasalnya, Rabeg ini merupakan makanan yang memang terbilang istimewa karena dahulu hanya disajikan pada saat acara pernikahan saja.

Rabeg dibuat dengan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan jeroan. Daging dan jeroan ini kemudian dimasak dengan campuran rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang khas.

2. Seruit (Lampung)

Ketika sudah memasuki Sumatra, makanan yang menjadi spotlight adalah makanan dari olahan ikan, salah satunya Seruit. 

Seruit sendiri adalah makanan khas Lampung yang terdiri dari ikan yang digoreng atau dibakar, dicampurkan dengan sambal terasi, tempoyak, atau mangga. Untuk jenis ikan yang dipakai untuk Seruit ini biasanya, seperti ikan belida, baung, lais, atau ikan sungai lainnya.

Dan sama seperti Rabeg, Seruit ini merupakan makanan yang biasanya disajikan ketika ada perhelatan besar seperti pernikahan dan lainnya. Namun sekarang Seruit sudah dapat ditemui di beberapa warung makan di kota Lampung.

3. Pempek (Palembang, Sumatra Selatan)

Tak afdol jika melewatkan Palembang tanpa mencicipi Pempek. Sebab, Pempek merupakan makanan wajib yang harus dicicipi ketika Anda datang atau lewat ke daerah Palembang. 

Pempek sendiri merupakan olahan ikan, biasanya ikan tenggiri yang diolah menjadi sebuah bentuk entah panjang atau bulat seperti kapal selam, dan nanti disajikannya dengan kuah cuko yang menjadi khas dari Pempek ini. 

Saat ini, banyak sekali varian Pempek yang ada di Palembang, mulai dari Pempek bakar, kulit, dan lainnya.

4. Tempoyak Ikan Patin (Jambi)

Jambi memang dikenal sebagai salah satu kota penghasil buah Durian terbaik, dan Tempoyak merupakan salah satu hasil dari olahan Durian yang menjadi sebuah makanan. 

Tempoyak Ikan Patin merupakan makanan dari perpaduan fermentasi buah Durian yaitu tempoyak dengan ikan patin. Kedua bahan tersebut dicampur rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Cita rasanya segar dan nikmat, perpaduan antara rasa pedas, manis dan asam yang menyatu.

    Halaman:
    1. 1
    2. 2
    Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    kuliner Mudik Lebaran Info Mudik kuliner nusantara wisata kuliner
    Editor : Novita Sari Simamora

    Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

    Artikel Terkait



    Berita Terkini Lainnya

    Terpopuler

    Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
    qrcode bisnis indonesia logo epaper
    To top