Taman Nasional Lenois Maranhenses
Travel

15 Tempat di Bumi yang Terlihat Seperti Planet Ekstrasurya

Robby Fathan
Senin, 25 April 2022 - 19:58
Bagikan

Dari Grand Prismatic hingga Taman Nasional Lenois Maranhenses

1. Mata Air Grand Prismatic, Taman Nasional Yellowstone

The Grand Prismatic Spring adalah fitur termal yang paling banyak difoto di Taman Nasional Yellowstone, menurut penerbit petualangan Outside.

Menurut US National Park Service, cincin warna-warni cerah ini berukuran diameter 200 hingga 300 kaki (60 hingga 90 meter) dan kedalaman 121 kaki (36 m), tidak heran mata air yang mencolok ini sangat populer di kalangan fotografer dan turis.

Mata air super panas juga merupakan lokasi yang dicari untuk organisme mikroskopis yang dikenal sebagai termofil, yang tumbuh subur di lingkungan yang panas. ("Thermo" berarti panas, dan "phile" berarti kekasih.) Termofil paling keras yang hidup di air terpanas tidak berwarna atau kuning, sedangkan termofil oranye, coklat, dan hijau hidup di perairan yang tidak terlalu panas di sekitar tepi musim semi.

2. Wadi Rum, Yordania

Wadi Rum adalah gurun seluas 277 mil persegi (717 kilometer persegi) yang terletak di Yordania Selatan, menurut situs web perjalanan WadiRum.jo. Saat menjelajahi hutan belantara yang dramatis, Anda akan dimaafkan jika mengira Anda baru saja menginjakkan kaki di Mars. Dengan lembah berpasir yang luas lebih dari satu mil (1700 meter), bukit pasir merah halus dan formasi batuan yang memukau, Wadi Rum adalah tempat yang menakjubkan.

Perwira penghubung Inggris Thomas Edward Lawrence bertugas dengan pasukan pemberontak selama Pemberontakan Arab melawan Turki Ottoman pada awal abad ke-20. Dia menggambarkan Wadi Rum sebagai "luas, bergema, dan seperti Tuhan", menurut situs web perjalanan Wadi Rum Nomads.

3. Vatnajokull Glacier, Iceland

Gletser Vatnajokull adalah gletser terbesar kedua di Eropa. Ini mencakup 3.130 mil persegi (8.100 kilometer persegi) — 8% dari daratan Islandia, menurut situs web perjalanan Guide to Iceland.

Gletser monumental memiliki kedalaman lebih dari 3.000 kaki (900 m) di beberapa tempat dan menyembunyikan beberapa gunung berapi aktif di bawah permukaannya, yang paling terkenal adalah Grímsvötn, ræfajökull dan Bárðarbunga. Ahli geologi percaya letusan gunung berapi dari wilayah ini terlambat dan karena itu kita dapat melihat aktivitas yang signifikan dalam 50 tahun ke depan.

Vatnajökull juga merupakan rumah bagi gua es yang mempesona seperti yang digambarkan di atas, dengan tur gletser dan gua es yang tersedia selama bulan-bulan musim dingin.

Gletser menyusut dari tahun ke tahun karena pemanasan suhu global; ketebalannya telah menurun rata-rata sekitar 3 kaki (0,9 m) per tahun selama 15 tahun terakhir.

4. Gua Glowworm Caves, Selandia Baru

Menurut NewZealand.com , Gua Waitomo menawarkan beberapa pemandangan glowworm terbaik di negara ini. Lakukan perjalanan melalui Gua Waitomo baik dengan perahu, kayak, atau berjalan kaki dan lihat ribuan cacing pendar yang menyebut gua ini sebagai rumah. Lingkungan yang unik terlihat seperti sesuatu langsung dari film sci-fi, dengan makhluk aneh yang menerangi jalan seperti langit bertabur bintang.

5. Dataran Garam Salar De Uyuni, Bolivia

Salar de Uyuni di Bolivia adalah dataran garam terbesar di dunia, membentang lebih dari 3.800 mil persegi (10.000 km persegi), menurut Badan Antariksa Eropa . Dataran garam kolosal sangat besar sehingga bisa dilihat dari luar angkasa.

Dataran garam dapat mencapai kedalaman 32 kaki (10 m) di tengahnya. Menurut situs web perjalanan Salardeuyuni.com , Salar de Uyuni mengandung lebih dari 10 miliar ton garam. Menariknya, 70% dari cadangan lithium dunia juga ditemukan di bawah dataran garam yang monumental.

6. Gurun Namib, Sossusvlei

Bukit pasir merah yang menjulang tinggi di Sossusvlei adalah beberapa yang tertinggi di dunia, mencapai hampir 1.300 kaki (400 m), menurut situs web perjalanan Sossusvlei . Tidak mengherankan bahwa mereka adalah salah satu atraksi yang paling banyak dikunjungi di Namibia.

Lingkungan mirip Mars terletak di kawasan konservasi terbesar di Afrika, Taman Nasional Namib-Naukluft. Kata Sossusvlei diterjemahkan menjadi "jalan buntu" dan mengacu pada bukit pasir yang mencegah Sungai Tsauchab mengalir lebih jauh.

Butuh jutaan tahun bagi angin untuk memahat bukit pasir merah yang terkenal ini. Debu pembentuk bukit pasir berasal dari Orange River sungai terpanjang di Afrika Selatan. Debu mengalir ke Samudra Atlantik, di mana arus Benguela membawanya ke utara. Kemudian terdampar ke darat, terbawa angin dan diendapkan ke daratan.

7. Danau Hillier

Danau Hillier, yang terletak di Middle Island, Australia Barat, jelas terlihat seperti milik planet lain. Kontras yang mencolok antara danau merah muda, perairan biru tua di Samudra Hindia, dan hutan hijau yang rimbun sangat luar biasa.

Menurut situs web perjalanan Danau Hiller , para ilmuwan tidak 100% yakin bagaimana danau itu mendapatkan rona merah muda kemerahan. Tersangka yang paling mungkin adalah mikroalga Dunaliella salina yang ditemukan di danau, yang menghasilkan karotenoid - pigmen merah. Tetapi bakteri "pencinta garam" halofilik di kerak garam juga dapat berperan. Juga telah dikemukakan bahwa reaksi antara garam dan natrium bikarbonat dapat mengubah warna danau.

Danau merah muda salmon yang misterius ini memiliki panjang sekitar 2000 kaki (600 m) dan lebar 820 kaki (250 m) dan paling baik dilihat dari udara.

8. Taman Nasional Lençois Maranhenses

Taman Nasional Lençois Maranhenses berisi petak-petak bukit pasir putih yang luas menyapu lanskap dunia lain. Menurut situs perjalanan Lonely Planet , dari Mei hingga September air hujan memenuhi kolam sebening kristal, yang diimbangi dengan bukit pasir putih yang mencolok.

Bukit pasir yang mempesona membentang lebih dari 43 mil (70 km) di sepanjang pantai dan lebih dari 30 mil (50 km) ke pedalaman. Lençois diterjemahkan sebagai "sprei" dalam bahasa Portugis dan mengacu pada bukit pasir putih yang mendominasi lanskap.

Taman nasional paling baik dikunjungi pada bulan Juni, Juli dan Agustus, ketika laguna sedang dalam kondisi terbaiknya, menurut Lonely Planet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro