Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wisata di Sumatra Barat yang Bisa Jadi Pilihan Untuk Libur Lebaran

Banyak sajian wisata yang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari atraksi budaya, pantai, gunung, air terjun, lembah dan danau. Berikut rekomendasi wisata yang bisa menjad pilihan untuk berlibur ketika berada di Bumi Minangkabau ini.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 22 April 2022  |  15:28 WIB
Wisata di Sumatra Barat yang Bisa Jadi Pilihan Untuk Libur Lebaran
Ilustrasi: Jam Gadang Bukittinggi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sumatera Barat merupakan salah satu daerah terindah yang berada di Indonesia. Provinsi  ini berada di pesisir selatan pulau sumatera , sumbar tidak hanya dikenal dengan masakannya yang enak tetapi juga dikenal dengan negeri yang elok yang memiliki kekayaan budaya yang  masih terjaga serta pesona alamnya yang indah.

Banyak sajian wisata yang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari atraksi budaya, pantai, gunung, air terjun, lembah dan danau. Berikut rekomendasi wisata yang bisa menjad pilihan untuk berlibur ketika berada di Bumi Minangkabau ini.

1. Jam Gadang

Jam Gadang adalah nama untuk menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang, sebutan bahasa Minangkabau yang berarti "jam besar"

Jam  Gadang memiliki denah dasar seluas 13 x 4 meter. Bagian dalam menara jam setinggi 26 meter ini terdiri dari beberapa tingkat, dengan tingkat teratas merupakan tempat penyimpanan bandul. Bandul tersebut sempat patah hingga harus diganti akibat gempapada tahun 2007.

Terdapat 4 jam dengan diameter masing-masing 80 cm pada Jam Gadang. Jam tersebut didatangkan langsung dari Rotterdam,Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris.

Banyak para masyarakat yang datang ke obyek wisata untuk dijadikan sebagai ruang berinteraksi para masyarakat. Terlebih lagi di sekitar menara jam di perluas dengan taman yang memberikan daya tarik para wisatawan. Menara jam ini merupakan bagunan peninggalan di era Hinda-Belanda. Menara jam ini selalu identik dengan ibu kota provinsi Sumatra Barat. Wajar saja bila menara jam ini dijadikan sebagai simbol di provinsi yang memiliki banyak obyek wisata ini.

2. Lobang Jepang

Lobang Jepang menjadi salah satu destinasi wisata lainnya yang berada di Provinsi Sumatera Barat, Lobang Jepang ini merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun oleh tentara Jepang sekitar tahun 1942

Lobang Jepang sendiri berada di Taman Panorama yang berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Jam Gadang yang berada di pusat kota. Jika jalan kaki hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.

Destinasi wisata sejarah yang satu ini berada di kompleks wisata Ngarai Sianok yang berlokasi di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kota Bukittinggi, Sumbar.

Panjang 6 kilometer membuat terowongan ini termasuk yang terpanjang di Asia, dan tembus ke beberapa lokasi, seperti Jam Gadang dan Benteng Fort De Kock.

Untuk keperluan wisata, Lobang Jepang hanya dibuka kurang dari 1,5 kilometer. Pengunjung memerlukan waktu 20 menit untuk menyusurinya. Wisatawan yang ingin masuk ke Lobang Jepang harus membeli tiket seharga Rp 15.000 per orang. Namun pengelola juga menyediakan fasilitas pemandu, yang akan dikenakan biaya tambahan

3.  Jembatan Kelok Sembilan

lok sembilan ini merupakan salah satu tempat wisata di Payakumbuh yang tidak kalah terkenal. Jembatan ini sebenarnya merupakan ruas jalan yang menghubungkan antara provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang berkelok-kelok, berada di sekitar 30 kilometer sebelah timur dari Kota Payakumbuh. Jalan tersebut membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

 Jembatan kelok sembilan ini mempunyai tikungan yang sangat tajam dengan lebar yang mencapai 5 meter, berbatasan langsung dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Tapi, kali ini dengan pembangunan yang dilakukan, kelok sembilan menjadi semakin cantik, indah, dan banyak menarik pengunjung yang melewatinya.

4. Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang menjadi obyek wisata yang mempunyai pesona alam yang sangatlah menarik perhatian. Banyak aktifitas yang dapat dilakukan selama berada di air terjun.

Keindahan air terjun ini pun juga sering kali disebut sebagai air terjun Ngalauan. Melalui panorama yang cukup menggoda bagi para wisatawannya inilah yang mendatangkan banyak wisatawan untuk berkunjung.

Air Terjun Lubuak Rantiang atau Air Terjun Lubuak Ngalauan berada di tengah hutan, maka pantaslah jika kita sematkan sebagai harta yang terpendam di dalam hutan.

Air Terjun Lubuak Rantiang berada di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Kota Padang adalah Kota terbesar di Pantai Barat Pulau Sumatera dan merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat.

Di tempat wisata air terjun ini juga sering menjadi tempat untuk bermain mobil offroad dan juga motor trail. Jadi bagi anda pecinta offroad, maka bisa menggunakan lokasi ini. Ternyata tidak banyak yang tahu keberadaan air terjun yang ada di sungai Bangek ini.

Tiket masuk menuju Air Terjun Lubuak Rantiang terjangkau banget, kamu hanya cukup membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-/orang. Murah banget kan! Jika ingin didampingi tour guide kamu butuh biaya tambahan buat mereka

5.  Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan tujuan yang tepat saat berkunjung ke Padan. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang hanya berjarak sekitar 14 km dari Kota Padang. Pantai yang cantik ini lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang sudah terkenal akan keindahannya sejak zaman kolonial Belanda menjajah negeri kita.

Dari Pantai Nirwana pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh maupun berlayar, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat senja dan menjelang malam, keindahan Pantai Nirwana tidak kalah menampilkan mempesonanya. Lampu-lampu kalap – kelip dan semua lampu yang menyala di pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah, mempesona dan membuat suasana di kawasan pantai menjadi sangat romantis.

6. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo merupakan satu dari enam pulau di pantai Pariaman yang jaraknya 2 mil dari tepi pantai atau membutuhkan 15 menit perjalanan menggunakan boat atau kapal nelayan yang bisa kamu sewa dengan harga Rp 25.000 pulang-pergi. Pulau Angso Duo sangat cocok buat kamu dengan keluarga yang ingin pergi berliburan atau sekedar melepaskan penat dari rutinitas pekerjaan.

Di sana kamu bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari bermain air, snockling, atau sekedar main pasir dan riak ombak sambil menikmati lalu lalang para nelayan di pantai.Memiliki luas lebih dari 5 hektare di dalamnya tumbuh beranekaragam tumbuhan khas perairan, mangrove, dan aneka tumbuhan semak belukar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata lebaran sumatera barat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top