Warga menikmati suasana sore di Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (28/11/2018)./ANTARA-Novrian Arbi
Travel

Rekomendasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Jawa Barat Saat Lebaran

Robby Fathan
Kamis, 21 April 2022 - 16:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring dengan berkurangnya pandemi di Indonesia pada tahun ini, pemerintah memutuskan pada Idul Fitri 2022 ini mencabut larangan perjalanan mudik, dengan begitu masyarakat sudah bisa berpergian dan berwisata menikmati hari libur.

Jawa Barat dikenal memiliki ragam pilihan wisata yang tidak akan membuat Anda kecewa, karena Jawa Barat menawarkan berbagai destinasi menarik  mulai dari pengungunan yang sejuk hingga pantai yang meneangkan, wisata ini bisa ditemukan di tiap kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat.

Berikut rekomendasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Jawa Barat saat libur lebaran nanti :

1.  Green Canyon

Wisata Green Canyon yang terletak di Desa Kertayasa, Pangandaran ini merupakan tempat wisata alam yang menyimpan pesona yang elok, dengan menyajikan keindahan dalam bentuk batu-batu stalastik yang begitu menawan.

Pada awalnya Green Canyon diberi nama cukang taneuh oleh masyarakat setempat. Yang berarti jembatan tanah, karena ditempat ini terdapat jembatan tanah  lebarnya ± 3 meter yang terbentuk secara alamiah melalui proses alam.

Green Canyon menawarkan aktivitas wisata mulai dari berperahu untuk wisatan yang ingin menikmati keindahan alam, berenang, body rafting, terjun kedalam air dan menjelajahi tebing bagi wisatawan yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin.

2. Braga

Jalan Braga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di kota Bandung, jalan yang memiliki bangunan-bangunan tua beraga Eropa di sepanjangan jalannya ini membuat tempat itu memiliki suasana yang klasik dan begitu kental. Tak heran kawasan ini menjadi pilihan banyak orang untuk datang kesana baik untuk foto-foto ataupun hanya sekedar menikmati indahnya suasana.   

Sesuai namanya, lokasi tempat wisata itu berada di kawasan Jalan Braga, tepatnya di Jalan Braga Nomor 79, Bandung

3. Kampung Cai Ranca Upas

Wisata alam nan eksotis Kampung Cai Ranca Upas ini terletak pada kecamatan Rancabali atau tepatnya wisata alam  Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan sekitar 40,3 Km dari Kabupaten Bandung, Memiliki luas area sekitar 215 Hektar, berada pada 1700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara sekitar 17 °C - 20 °C. Sekitar area, oleh hutan lindung dengan beragam flora seperti Pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Sedangkan fauna terdiri dari beragam jenis burung, serta beberapa satwa jinak lainnya.

Kampung Cai Ranca Upas juga terbilang cukup terjangkau, dengan harga tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp 22.000, dan Rp 44.000 untuk mancanegara. Untuk camping wisatawan lokal Rp33.000 & untuk wisatawan mancanegara Rp 55.000.

4.  Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah taman pajangan bunga pertama di Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia. Dengan ratusan jenis tanaman berbunga di taman, Taman Bunga Nusantara benar-benar menjadi tempat tumbuhnya bunga-bunga dari seluruh dunia.

Taman Bunga Nusantara Bogor adalah salah satu tempat wisata dengan luas lahan 23 hektar dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995.

Ribuan tanaman bunga terhampar luas dengan warna- warninya. Sementara sesaat memasuki pintu masuk gerbang utama, tampak kolam mengalir memanjang dengan gemericik airnya.

Para wisatawan atau pengunjung akan dikenakan tarif Tiket Masuk seharga Rp5.000, Tiket Exotic Tram  Rp70.000, Tiket Garden Tram Rp60.000, Tiket Wara-Wiri Rp10.000, dan Tiket Rumah Kaca Rp5.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir.

aman Bunga Nusantara buka setiap hari dari pukul 09.00 - 17.00 WIB. Bagi yang ingin mengadakan event di Taman Bunga Nusantara dapat menghubungi nomor telepon +6226 3581617 atau +6226 3581618. Pengunjung juga bisa menghubungi alamat email [email protected].

5. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran dan Pananjung,

Pantai ini terkenal karena keindahan pasir hitam dan pasir putihnya dan berada di sekitar area Cagar Alam Pananjung. Pantai Pangandaran pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai Pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah sebagai nelayan, oleh kerena itu, dulu pantai ini mendapat julukan sebagai Kota Nelayan Kecil.

Pangandaran merupakan bagian dari selatan Pulau Jawa yang terkenal karena ombak besarnya. Namun pantainya landai dengan rentang waktu antara pasang lautnya yang relatif lama. Ombak pemandangan yang tenang dan pemandangan matahari yang spektakuler membuat pantai ini begitu menawan terlebih ketika sore hari.

Berenang maupun berjemur dibawah terik matahari hamparan pasir putih  kecoklatan, sambil menikmati pemandangan ombak dan air laut yang jernih bergelombang dengan pemandangan jaring-jaring nelayan yang dihiasi warna yang unik dan elok dilihat dari kejauhan.

Perpaduan antara keelokan alam dari yang Maha Kuasa dengan aktivitas sekitar ternyata menjadi dayatarik sendiri bagi kalian yang berkunjung hingga menjadikan objek wisata ini sebagai wisata yang wajib dikunjungi jika kalian ke Jawa Barat.

6.  Curug Cikaso

Kawasan Ujung Genteng di Sukabumi memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang menakjubkan. kawasan ini juga mempunyai air terjun yang mempesona, yaitu Curug Cikaso.

Awalnya curug atau air terjun ini bernama Curug Luhur, namun karena aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso akhirnya dikenal dengan nama Curug Cikaso.

Curug ini menyuguhkan panorama alam yang asri dengan perpaduan rimbunan pohon dan suara gemuruh air jernih yang terjun ke bawah. Udara alam bebas yang sejuk dan jauh dari polusi juga makin membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Uniknya, curug setinggi 30 meter dan lebar hingga 100 meter ini punya 3 titik curahan air terjun yang bermuara ke sebuah kolam dengan air berwarna biru kehijauan. Tidak heran keindahan air terjun  ini sering menjadi incaran para pemburu foto untuk menambah koleksi fotonya.

Adapun biaya yang harus kamu keluarkan ketika mengunjungi Curug Cikaso:

Parkir mobil sebesar Rp. 15.000,-

Parkir motor sebesar Rp. 10.000,-

Tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang

Sewa perahu Rp. 65.000/perahu pulang pergi, dan dapat menampung maksimal 10 orang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro