Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Jejak RA Kartini di Objek Wisata Jepara, Ada Monumen hingga Pantai

Jika berkunjung ke Jepara, Anda bisa napak tilas jejak RA Kartini di sejumlah tempat berikut ini.
Yesaya Wisnu
Yesaya Wisnu - Bisnis.com 21 April 2022  |  13:48 WIB
Pantai Kartini, Jepara - commons.wikimedia.org
Pantai Kartini, Jepara - commons.wikimedia.org

Bisnis.com, SOLO — Meski sosoknya telah lama tiada, rekam jejak RA Kartini tak lantas hilang begitu saja.

Buktinya, terdapat sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang menyimpan perjalanan RA Kartini di masa lampau.

Beberapa destinasi wisata tersebut pun sedikit banyak akan turut mengingatkan kita akan perjuangan RA Kartini.

Berikut ini adalah 4 destinasi wisata yang merupakan peninggalan sang emansipator di Kabupaten Jepara:

1. Pantai Kartini

Pantai yang terletak di Kelurahan Bulu ini sering dijadikan tempat pemandian warga karena airnya berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit. Konon, RA Kartini juga sering mandi dan bermain di pantai tersebut bersama saudara-saudaranya, sehingga tidak heran jika pantai itu pun dinamakan Pantai Kartini.

Lepas dari itu, saat ini pantai tersebut memiliki beragam wahana, seperti Kura-Kura Ocean Park, panggung hiburan, kolam kecek, tugu Kartini, pulau panjang, dan tulisan “Pantai Kartini” yang besar untuk berswafoto.

2. Pendopo Kartini

Berdasarkan penulusuran Solopos.com, Pendopo Kartini berdiri pada 1730. Gedung ini dulunya adalah rumah Adipati Sosrodiningrat, ayah dari RA Kartini.

Di rumah inilah juga, RA Kartini menjalani tradisi pingit yang mana membatasi ruang gerak perempuan hingga ada yang meminangnya sebagai istri. Di bangunan ini pula terdapat kamar RA Kartini saat menjalani tradisi pingit. Di kamar itulah, dia banyak menulis surat yang ditujukannya untuk sahabat penanya di negeri Belanda.

3. Monumen Ari-Ari Kartini

Objek wisata berupa monumen bunga teratai ini terletak di Desa Pelekerep, Kecamatan Mayong, Jepara, tepat di samping kantor kecamatan. Konon di tempat itulah, ari-ari atau plasenta RA Kartini saat dilahirkan dikubur.

Dilansir dari Jepara.go.id, Bunga teratai ini memiliki empat buah lampu bulan yang menandakan bulan April, kemudian kuncup kedua dari atas berjumlah 21 dan kuncup paling bahwa berjumlah 18. Ukiran bawah berjumlah tujuh, menujukan angka tujuh. Sedangkan kuncup paling atas menunjukan angka sembilan. Jika dirangkai keseluruhanm menjadi tanggal kelahiran RA. Kartini, yaitu 21 April 1879.

4. Museum Kartini Jepara

Museum Kartini Jepara didirikan pada 30 Maret 1975 dengan bantuan Alm Mantan presiden Soeharto. Museum ini dibangun pada masa pemerintahan Bupati Soemarno Djojomardowo, sementara peresmiannya dilakukan pada 21 April 1977 oleh Bupati Soedikto.

Pada saat diresmikan, museum ini terdiri dari tiga gedung utama yang jika dilihat dari atas, gedung tersebut membentuk huruf “K”, “T” dan “N” yang merupakan singkatan dari Kartini.

-----

Berita ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "4 Wisata Peninggalan RA Kartini di Jepara"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah jepara kartini destinasi wisata

Sumber : JIBI/Solopos.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top