Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Mudik Aman dan Nyaman untuk Keluarga

Berikut tips mudik aman dan nyaman untuk Anda yang ingin pulang kampung! 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 April 2022  |  12:27 WIB
Suasana di stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang mudik Lebaran 2022 mulai dipadati pemudik pada Kamis, 14 April 2022  -  Bisnis/Szalma Fatimarahma.
Suasana di stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang mudik Lebaran 2022 mulai dipadati pemudik pada Kamis, 14 April 2022 - Bisnis/Szalma Fatimarahma.

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini, aktivitas mudik akan kembali marak dengan diberikannya izin mudik lebaran oleh pemerintah.

Mudik adalah kegiatan orang rantau untuk pulang ke kampung halamannya. Anda dapat memanfaatkan momentum ini untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. 

Dikutip dari Pegipegi, sebelum melakukan mudik, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal agar mudik berlangsung aman dan nyaman.

Berikut tips mudik aman dan nyaman untuk Anda yang ingin pulang kampung! 

1. Mencari Informasi Terkait Harga Tiket

Sebelum memutuskan untuk mudik, sebaiknya Anda mencari informasi harga tiket untuk pulang ke kampung halaman. Lakukan perbandingan harga tiket pada masing-masing transportasi seperti harga pesawat, harga bus, dan harga kereta. Pesawat menjadi pilihan transportasi yang tepat bagi Anda yang ingin mudik dengan praktis dan singkat. Namun, jika Anda ingin menikmati perjalanan dengan santai dan lebih terjangkau, Anda bisa menggunakan bus sebagai transportasi mudik. 

2. Menghitung Budget

Setelah mencari informasi terkait harga tiket, Anda sebaiknya mulai menghitung budget yang dimiliki. Tujuan dari menghitung budget ini yaitu agar Anda dapat mudik sesuai dengan kemampuan sehingga ke depannya Anda tidak terbebani dengan biaya transportasi yang berlebihan. Selain digunakan untuk membeli tiket perjalanan, budget untuk mudik tentunya akan digunakan untuk berbagi rezeki ketika di kampung halaman.

3. Memesan Tiket Perjalanan

Setelah menghitung budget, Anda dapat langsung membeli tiket perjalanan yang sesuai. Untuk keamanan dan kenyaman sebelum berangkat, sebaiknya Anda memesan tiket perjalanan secara online. Selain lebih aman, dengan membeli tiket secara online Anda akan mendapatkan program khusus mudik yang menguntungkan -juga membuat perjalanan Anda lebih terencana-. Salah satunya program Festival Hilir Mudik dari Pegipegi. Jika Anda sudah tahu kapan akan kembali ke kota rantau, sebaiknya Anda memesan perjalanan pulang-pergi sekaligus.

4. Jangan Kenakan Perhiasan Berlebihan

Pada saat mudik, tempat keberangkatan seperti bandara, terminal, dan stasiun pastinya akan sangat ramai. Demi keamanan, Anda diharapkan tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan dan mencolok. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari tindakan kriminal yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

5. Persiapkan Barang Bawaan

Sebelum mudik, Anda perlu mempersiapkan barang-barang bawaan, bukan? Sebaiknya, Anda tidak menyiapkan barang bawaan terlalu mepet. Mulai dari pakaian untuk Lebaran, perlengkapan kesehatan, kartu identitas, dan lainnya. Jika ternyata durasi mudik berlangsung lama, sebaiknya Anda menyiapkan bekal untuk berbuka puasa di tengah perjalanan. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

6. Menjaga Kesehatan

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya Anda menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan sesudah perjalanan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Info Mudik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top