Kue nastar kukus./Instagram @ibueok.haura
Kuliner

Resep Membuat Kue Nastar Klasik, Lembut dan Lumer di Lidah

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 April 2022 - 08:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain identik dengan ketupat, lebaran juga dikenal dihiasi dengan kehadiran ragam kue kering. Salah satunya adalah kue nastar.

Mencari resep kue nastar yang legit dan nikmat menjadi salah satu kegiatan yang ramai dilakukan menjelang hari lebaran. Sebagaimana yang Anda ketahui, saat hari raya Idul Fitri tiba, setiap rumah kerap kali menghidangkan kue kering sebagai camilan atau hidangan yang menemani aktivitas silaturahmi. Selain nastar, kaastengel, lidah kucing, kue sagu, serta kue putri salju jadi ragam kue kering yang juga jadi ornamen pelengkap hari raya tersebut.

Resep nastar memang sudah jadi resep turun temurun yang diturunkan oleh masyarakat Indonesia di setiap generasinya.

Dikutip dari frisianflag.com, resep nastar ini diketahui sudah ditemui sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Nama nastar sendiri juga ternyata diambil dari serapan bahasa Belanda dari gabungan kata ananas yang berarti nanas serta taartjes yang berarti tart. Nama nastar sendiri digunakan agar mudah dilafalkan oleh masyarakat Indonesia.

Anda bisa mengolah resep nastar secara otentik dan klasik ataupun dengan kombinasi bahan makanan lainnya yang dapat menarik perhatian lebih sekaligus menambah cita rasa dari legitnya kue kering ini. Dalam mengolah resep nastar di rumah, Anda tidak membutuhkan alat masak yang terlalu canggih atau mahal.

Namun, pastikan Anda punya alat panggang seperti oven kompor atau oven elektrik, serta loyang panggang yang memadai untuk bisa membuat nastar yang cukup bagi seluruh anggota di rumah. Berikut adalah beberapa resep nastar anti retak yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah.

Resep nastar klasik

Salah satu resep nastar yang cukup populer dan mudah diolah di rumah adalah nastar klasik. Resep nastar klasik merupakan resep kue nastar favorit yang sering hadir menghiasi hari raya setiap tahunnya. Cita rasa yang khas dan otentik dengan karakteristik legit dan lembut membuat orang gemar untuk mengonsumsinya sebagai hidangan penutup seusai menyantap hidangan utama khas lebaran. Tidak jarang juga nastar klasik dimakan sebagai camilan bersantai setelah seharian penuh bersilaturahmi di waktu lebaran. Buat Anda yang rindu rasa nastar klasik khas lebaran, berikut adalah resep nastar klasik anti retak yang mudah untuk dicoba.

Bahan nastar klasik:

150 gr Margarin
50 gr Mentega
40 gr Gula halus
1 butir Telur
25 gr susu bubuk Frisian Flag Full Cream
300 gr Tepung Terigu
Selai nanas - untuk bahan isian
Kuning telur - untuk olesan

Cara membuat nastar klasik:

Masukkan margarin 150 gr ke dalam mangkok, mentega 50 gr, gula halus 40 gr lalu aduk sampai halus
Masukkan telur 1 butir dan aduk kembali, masukkan susu bubuk Frisian Flag Full Cream 25 gr, tepung terigu 300 gr lalu aduk merata
Tambahkan selai nanas untuk isian nastar secukupnya ke dalam adonan yang sudah dibuat, lalu bentuk bulat-bulat, oleskan kuning telur diatasnya, masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 150 derajat celcius selama 30-35 menit dan nastar siap untuk dihidangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro