Istana Panda di Taman Safari, Bogor./Dok.Taman Safari indonesia
Travel

Ada Bayi Baru dari Beruang Coklat di Taman Safari

Newswire
Senin, 18 April 2022 - 02:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagian dari perayaan hari Beruang atau World Bear Day, Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor memperkenalkan bayi beruang coklat baru yang belum lama lahir dari hasil perkembangbiakan.

Pengenalan secara terbatas di Hari Beruang itu dilakukan selama tiga hari yakni 15-17 April 2022.

Komunikasi pemasaran atau Marketing Communications TSI Bogor Hafi, Hari Beruang sedunia didedikasikan untuk penyelamatan dan perlindungan beruang di seluruh Dunia.

"Kebetulan kami berhasil mengembangbiakkan beruang coklat itu," kata Hafi seperti dilansir Antara, Minggu (17/4/2022).

Dia mengatakan bayi beruang berjenis kelamin betina itu lahir dari induk betina Gaby dan induk pejantan Niko yang juga merupakan hasil perkembangbiakan Lembaga Konservasi TSI Bogor.

Agar menjaga kenyamanan dan kesehatan bayi beruang coklat itu, kata Hafi, TSI memberi waktu satu jam bagi pengunjung untuk melihatnya di Istana Panda.

Dalam waktu satu jam, pengunjung diberikan kesempatan mendapatkan program edukasi untuk lebih mengenal satwa karnivora itu lebih dalam lagi. Selain itu juga ada perlombaan menarik garis nama beruang yang sesuai dengan gambar.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat kegiatan perawat secara langsung bagaimana merawat bayi beruang sambil memberi susu.

Dengan konsep pameran menyerupai ‘’nursery room’’ TSI Bogor membawa serta seluruh peralatan, termasuk inkubator yang berfungsi untuk menjaga suhu bayi beruang agar tetap hangat.

Hingga kini, bayi beruang itu belum diberi nama dan masih dalam perawatan rumah sakit satwa di TSI Bogor karena sang ibu Gaby kondisinya terlihat tidak mampu merawat anaknya dengan baik.

Dokter hewan TSI Bogor, dr Bongot menambahkan kelahiran bayi beruang coklat iitu merupakan kabar gembira bagi pelestarian satwa untuk menjauhkan dari kepunahan.

Bongot pun menjelaskan secara umum terdapat beberapa spesies beruang di dunia. Ada beruang putih, atau dijuluki sebagai beruang kutub, namun dikenal juga dengan sebutan beruang polar.

Ada pula beruang cokelat, beruang hitam, beruang goa, beruang kacamata, serta beruang madu yang merupakan jenis beruang terkecil di dunia.

Kegiatan pengenalan bayi beruang cokelat itu diharapkan semakin mendekatkan pengunjung dengan satwa.

“Dengan diadakan peringatan hari beruang sedunia ini, diharapkan timbul kepedulian masyarakat atas perlunya menjaga kelestarian satwa liar, agar tidak terjadi lagi perburuan liar terhadap beruang-beruang yang berada di alam bebas. Sehingga kelak, keberadaan beruang-beruang di alam masih tetap terjaga keseimbangan populasinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro