Ilustrasi mudik
Travel

Survei: Berburu Kuliner Jadi Aktivitas Favorit Saat Mudik

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 16 April 2022 - 18:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2022 diprediksi akan menjadi tahun kebangkitan perekonomian Indonesia, salah satunya dari sektor industri pariwisata.

Beberapa hal yang mempengaruhi diantaranya adalah angka penyebaran Covid-19 yang melandai dan vaksinasi yang sudah merata, sehingga berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah Indonesia yang memberikan kelonggaran berkaitan dengan syarat perjalanan.

Relaksasi kebijakan ini, akan menjadi momentum untuk percepatan pemulihan pariwisata Indonesia. Berdasarkan survei preferensi mudik Lebaran 2022 yang Pegipegi lakukan pada tanggal 18 - 30 Maret 2022 kepada lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, diketahui sebanyak 80% responden akan melakukan mudik pada tahun ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan Pegipegi, diketahui bahwa dari seluruh responden, hanya ada sebanyak 25% orang yang mudik pada tahun lalu. Namun pada tahun ini, ada sebanyak 80% dari mereka yang memilih akan mudik.

Terdapat 10 kota tujuan mudik favorit tahun ini diantaranya adalah, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Purwokerto, Palembang, Medan, dan Malang. Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 35% responden memilih pesawat sebagai transportasi mudik, disusul oleh 35% lainnya yang memilih mobil pribadi. Selain itu, kereta api, bus dan travel juga menjadi alternatif transportasi mudik favorit yang dipilih oleh masyarakat.

Bagi mereka yang berencana mudik, sebanyak 41% orang memilih untuk berangkat mudik pada H-3 Lebaran, yang mana 35% dari mereka akan mudik menggunakan pesawat. Sedangkan 19% responden memilih mudik pada H-7 lebaran. Disusul sebanyak 14% akan mudik pada H-1 Lebaran. Sedangkan untuk arus balik, 37% orang memilih untuk kembali pada H+7 lebaran, dan sebanyak 27% memilih H+3 Lebaran. 

Dari survei preferensi mudik Lebaran 2022, Pegipegi juga berhasil mendapatkan aktivitas favorit yang akan dilakukan ketika mudik Lebaran. Aktivitas favorit masyarakat ketika mudik didominasi oleh rencana untuk kuliner bersama keluarga (52%), menjelajah wisata destinasi terdekat (27%), dan staycation dalam kota (11%). Hal ini menunjukkan bahwa akan ada aktivitas traveling dan staycation yang diprediksi akan mengalami peningkatan pada periode libur Lebaran 2022. 

Sebanyak 57% orang memilih mencari/berburu tiket pada malam dan dini hari. Sebagian besar masyarakat memilih untuk memesan tiket 1 bulan sebelum waktu keberangkatan (44%) dan didominasi oleh mereka yang mudik menggunakan pesawat dan kereta api. Disusul oleh pemesanan 2 minggu sebelum keberangkatan (20%), dan 1 minggu sebelum keberangkatan (14%), yang mayoritas diantara mereka memilih bus & travel sebagai transportasi mudik.

Adapun, metode pembayaran yang paling disukai saat memesan tiket mudik adalah melalui internet banking, transfer bank, dan transfer ATM sebesar 69%, diikuti oleh kartu kredit sebanyak 15%.

Dengan kebutuhan traveling masyarakat Indonesia yang meningkat, pada momen Ramadan ini Pegipegi meluncurkan kampanye bernama Pegipegi Lagi. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong dan memfasilitasi setiap orang untuk bisa kembali merayakan kebebasan dengan kembali traveling dengan mudah sehingga memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman baru pasca pandemi.

Dalam program Pegipegi Lagi, Pegipegi menghadirkan rangkaian program menarik yang bisa dimanfaatkan oleh setiap masyarakat Indonesia salah satunya adalah Festival Hilir Mudik yang akan menghadirkan beragam diskon menarik untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, bus & travel hingga hotel dengan diskon hingga 70 persen. Festival Hilir Mudik akan berlangsung pada tanggal 18 April - 6 Mei 2022, melalui aplikasi Pegipegi. 

Ryan Kartawidjaja, VP of Commercial & Marketing Pegipegi mengatakan, momen Lebaran tahun ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat dalam 2 tahun terakhir.

"Kami optimis bahwa momen Ramadan tahun ini akan disikapi dengan antusiasme tinggi oleh masyarakat. Artinya tren pariwisata juga akan mengalami peningkatan. Tentunya kami menyambut kesempatan ini dengan mempersiapkan kemudahan akses traveling untuk mudik seluruh pelanggan kami dengan inventory produk yang lengkap, informasi seputar traveling, hingga beragam promo menarik yang kami hadirkan yaitu Festival Hilir Mudik untuk semakin memudahkan perjalanan setiap masyarakat Indonesia," paparnya.

Dia mengatakan saat ini mereka terhubung dengan lebih dari 230 maskapai baik domestik dan internasional, lebih dari 110.000 pilihan akomodasi yang tersedia baik domestik maupun Internasional, lebih dari 1.600 rute perjalanan kereta api di Indonesia, juga lebih dari 290 pilihan bus dan travel yang disediakan. Pada periode Lebaran nanti, mereka menargetkan akan adanya peningkatan hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Sementara itu, Amalia Yaksa, selaku Vice President Marketing & Distribution Channel PT Citilink Indonesia menyampaikan Citilink akan menyambut optimisme ini dengan berbagai strategi dan program, khususnya pada periode Ramadan ini, di antaranya dengan menyediakan promo khusus Ramadan, melakukan penyesuaian frekuensi penerbangan sesuai dengan demand penumpang dan ketersediaan armada, hingga memastikan bahwa OTP (On Time Performance)

Sedangkan Yulia Maria, selaku Director of Marketing Communications of ARTOTEL Group mengatakan, momen Ramadan dan Lebaran akan dimanfaatkan oleh setiap masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang merayakannya untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

"Kami optimis, pada periode ini tren pemesanan hotel juga akan mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan traveling yang semakin meningkat pasca pandemi. Saat ini, kami sudah mulai melihat adanya kenaikan pemesanan hotel sebanyak 50% pada periode Lebaran. Dan kami memprediksi akan semakin meningkat, ditambah lagi kebijakan cuti bersama yang cukup panjang yang telah disampaikan oleh presiden Indonesia, yang kami yakin akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro