Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perbandingan Biaya Haji dan Umrah Tahun 2022

Lalu berapakah biaya Haji dan Umroh Tahun 2022?
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 15 April 2022  |  10:24 WIB
Ilustrasi Ibadah Haji 2021 - Instagram: Haramain Info
Ilustrasi Ibadah Haji 2021 - Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, JAKARTA –Allah SWT menjadikan Ka’bah sebagai Baitullah menjadi tempat berkumpul seluruh umat Islam di seluruh dunia. Hal ini sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 125 yang memiliki arti:

"Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud" (QS. Al Baqarah: 125).

Haji sebagai rukun islam terakhir merupakan salah satu impian dari seluruh umat muslim di dunia. Mengapa impian? Tentu saja karena selain lebih sulit dibandingkan ibadah yang lain, haji merupakan salah satu ibadah dengan biaya yang cukup tinggi.

Jika melaksanakan Haji dianggap tertalu berat karena biaya yang harus cukup lama dikumpulkan, Anda bisa mencoba alternatif lain, seperti umrah.

Ibadah umroh merupakan ibadah ziarah ke kota Mekkah dengan melaksanakan beberapa amalan mulai dari niat/ ihram, tawaf, sa’i hingga diakhiri dengan memotong rambut.

Lalu berapakah biaya Haji dan Umroh Tahun 2022?

1. Haji

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Agama bersama DPR RI memutuskan biaya Haji yang akan ditanggung calon Jemaah Haji tahun 2022 sebasar Rp39.886.009. Biaya itu disepakati pemerintah melalui Kementerian Agama bersama Komisi VII DPR RI.

Dilansir dari akun youtube DPR RI, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan biaya perjalanan ibadah haji merupakan salah satu komponen dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Komponen lain dari BPIH di antaranya adalah biaya protokol kesehatan. Kemudian, komponen ketiga dari BPIH adalah biaya yang bersumber dari nilai manfaat keuangan haji yang disepakati sebesar Rp41.053.216,24 per jemaah. Jadi, jika ditotal BPIH tahun ini disepakati sebesar Rp81.747.844,04 per jemaah.

Pada tahun 2020, Pemerintah dan DPR menyepakati rata-rata Bipih senilai Rp35,2 juta. Artinya, ada selisih dengan penetapan Bipih 2022. Meski demikian, selisih itu tidak dibebankan kepada jemaah haji lunas tunda tahun 1441 H/2020 M

2.  Umroh

Biaya umroh sendiri sangat beragam, mulai dari angka 20 hingga 40 juta rupiah. Umroh yang mahal ini biasanya menyisipkan liburan di sela-sela agenda umroh yang Anda lakukan.

Seringkali para biro travel umroh ini menyisipkan misalnya ziarah dan perjalanan ke Turki. Nah, biaya inilah yang menyebabkan total biaya umroh Anda menjadi lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji umrah biaya haji
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top