Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yuk Coba Buat Rujak Aceh, Kesegarannya Cocok untuk Buka Puasa

Bikin segar, membuatnya juga gampang dan menjadi salah satu makanan favorit.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 15 April 2022  |  20:28 WIB
Yuk Coba Buat Rujak Aceh, Kesegarannya Cocok untuk Buka Puasa
Ilustrasi rujak Aceh. - Bukalapak

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan yang terbuat dari aneka macam buah ini disukai oleh banyak kalangan. Sensasi rasa asam, manis, dan pedas dari kuah rujak, berpadu dengan segarnya buah-buahan mampu membuat air liur menetes seketika. Kesegarannya membuat rujak juga cocok untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Selain menyegarkan, rujak merupakan hidangan yang kaya akan serat dan nutrisi untuk tubuh kita. Tentu saja, ini tak terlepas dari penggunaan beragam jenis buah segar pada rujak.

Jika kalian bosan dengan rujak yang itu-itu saja, tak ada salahnya kalian mencoba rujak Aceh. Perbedaan mendasar rujak ini dengan rujak lainnya yang ada di Indonesia terletak pada bumbu atau sausnya.

Rujak aceh sausnya terbuat dari mangga kweni yang dihaluskan. Walaupun namanya rujak Aceh, hidangan ini sebenarnya bukan berasal dari Aceh, akan tetapi dari Medan, Sumatra Utara. Entah mengapa rujak ini malah diberi nama rujak Aceh, alih-alih rujak Medan.

Menurut Chef Yuda Bustara, rujak Aceh dapat dijadikan menu bagi kalian yang ingin meningkatkan asupan serat harian. Hidangan ini dapat dijadikan pengganti kudapan yang tidak sehat seperti gorengan dan kudapan-kudapan lainnya yang tinggi kandungan gula, garam, dan lemaknya.

"Bikin segar, membuatnya juga gampang dan menjadi salah satu makanan favorit saja. Nutrisinya juga tinggi. Untuk teman-teman yang biasa makan mi instan, gorengan camilan tinggi lemak bisa digantikan dengan kudapan yang lebih sehat seperti rujak Aceh ini," katanya dalam sebuah acara virtual pada Kamis (14/4/2022).

Lebih lanjut, Yuda menyebut bahwa mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu bentuk dari mencintai diri sendiri. Karena tidak bisa dipungkiri jika nyaris seluruh jenis penyakit berawal dari perut atau makanan yang tidak sehat.

"Makan sehat adalah salah satu bentuk self love. Kita harus menyayangi tubuh dengan cara makan yang sehat. Segala jenis penyakit itu datangnya dari perut. Jadi harus bisa jaga pola makan," ujarnya.

Membuat rujak Aceh tergolong mudah. Tentu saja, tidak ada salahnya kita mencoba membuat sendiri di rumah. Selain ekonomis kebersihannya tentu terjaga. Penggunaan gula dan garamnya pun dapat disesuaikan sehingga tidak berlebihan dan sesuai dengan anjuran pembatasan konsumsinya.

Berikut resep rujak aceh dari Chef Yuda Bustara yang dikutip dari Asian Food Network.

Bahan rujak Aceh

-Aneka Buah (masing-masing 100 g): ½ buah nanas, 2 buah ketimun ukuran sedang, 5 buah jambu air ukuran sedang, 1 buah bengkuang, 1 potong sedang pepaya, 1 gelas belimbing kolang kaling yang sudah direbus dengan menambahkan sedikit (1/4 sdm) gula pasir.

-Saus mangga kuweni

Siapkan 150 gram buah daging mangga kuweni (3-4 buah), (Jika tidak tersedia maka dapat menggunakan mangga jenis lain), 3 buah cabe rawit, secukupnya (20 gr) gula merah/gula aren, ½ sdt garam, ½ gelas belimbing air asam.

Cara membuat:

-Saus mangga: Blender daging buah mangga beserta bahan lainnya. Lalu saring menggunakan saringan agar lembut, jangan lupa tes rasanya.

-Selanjutnya cuci bersih buah-buahan dalam air yang mengalir. Lalu potong buah ukuran persegi dan campur dengan saus mangga yang sudah dibuat.

-Simpan di dalam wadah tertutup dan dinginkan dalam lemari es. Rujak aceh siap dihidangkan dalam keadaan dingin.

-Rujak aceh sangat cocok memenuhi kebutuhan serat harian kita. Nutrisinya bisa memenuhi bagian lebih kecil dari separuh isi piringmu, atau pun dinikmati sebagai selingan kaya serat yang sayang dilewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner makanan buah Resep masakan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top