Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Stasiun Kereta Api Tertua di Dunia

Berikut  8 stasiun kereta api tertua di dunia yang pernah ada dan mungkin Anda ingin kunjungi suatu saat
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 April 2022  |  08:53 WIB
Liverpool Lime Street - wikipedia
Liverpool Lime Street - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Stasiun merupakan tempat pemberhentian kereta api untuk mengangkut dan menurunkan penumpang.

Di dunia, ada sedikitnya delapan stasiun kereta api tertua yang pernah dibangun.

Saat ini, beberapa di antaranya sudah dinon aktifkan dan hanya difungsikan sebagai museum.

Berikut  8 stasiun kereta api tertua di dunia yang pernah ada dan mungkin Anda ingin kunjungi suatu saat :

1. Stasiun Liverpool Road

Stasiun kereta api ini dibuka pada 15 September 1830, menjadikannya kereta tertua di dunia yang ada. Meskipun bangunan stasiun telah terpelihara dengan baik dan masih berdiri tegak, itu tidak digunakan sejak tahun 1975. Itu dibangun sebagai bagian dari Liverpool dan Manchester Railway, kereta api antar kota bertenaga uap pertama di dunia. Saat ini, bangunan stasiun ini dan gudang kereta api bersejarah yang berdekatan merupakan bagian dari Museum Sains dan Industri di Manchester.

2. Stasiun Kereta Api Broad Green

Dibuka pada tanggal 15 September 1830, situs ini tetap digunakan terus menerus sejak tahun 1830. Namun, tidak ada bangunan stasiun saat ini yang asli, dan asalnya berasal dari tahun 1970-an. Inilah alasan mengapa stasiun ini menempati posisi kedua dalam daftar ini, meskipun merupakan stasiun kereta tertua di dunia yang masih beroperasi. Plus, semua platform asli juga telah diganti.

3. Stasiun Kereta Api Hexham

Terletak di Jalur Lembah Tyne yang membentang dari Newcastle upon Tyne ke Carlisle, stasiun kereta api ini adalah yang tertua kedua di dunia yang terus digunakan, dan dibuka pada tahun 1835. Sementara sebagian besar jalur dan stasiun di rute aslinya telah ditutup, ini telah menyebabkan perampingan stasiun. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, daerah terdekat telah mengalami pembangunan kembali untuk membantu merevitalisasi stasiun tersebut.

4. Stasiun Kereta Api Deptford

Meskipun mungkin tampak seperti stasiun kereta api yang tidak mencolok, stasiun ini terkenal sebagai stasiun kereta api tertua yang beroperasi di kota, dan memainkan peran penting dalam sejarah London. Pertama kali dibuka pada awal tahun 1836 sebagai bagian dari Kereta Api London & Greenwich, yang merupakan dianggap sebagai kereta api penumpang pinggiran kota pertama. Stasiun tetap ditutup 1915-1926, akhirnya mengarah ke pembongkaran bangunan aslinya. Pada tahun 2011, gedung kedua juga dirobohkan, yang digantikan oleh gedung saat ini.

5. Stasiun Liverpool Lime Street

Ini dianggap sebagai stasiun grand terminus utama yang masih beroperasi tertua di dunia, dan mulai beroperasi pada tahun 1836. Sementara terminal asli stasiun ini berada di Crown Street, dulu cukup jauh dari pusat kota, alasan mengapa Lime Street dipilih untuk lokasi terminal baru. Namun, Stasiun Liverpool Lime Street yang asli hanya terdiri dari gudang kayu, karena itu telah direnovasi dan direnovasi beberapa kali selama beberapa tahun terakhir.

6. Stasiun Jembatan London

Asal usul stasiun ini berasal dari akhir tahun 1836, dan telah menjadi stasiun kereta api tertua yang beroperasi di bagian utama ibu kota Inggris. Seperti namanya, itu terletak tepat di tenggara Jembatan London. Karena merupakan salah satu stasiun kereta yang paling sering digunakan, stasiun ini telah beberapa kali direnovasi dan dimodernisasi. Baru-baru ini, antara 2009 dan 2017, stasiun mengalami pembangunan kembali dengan biaya sekitar $1,25 miliar.

7. Stasiun Kereta Api Euston

Meskipun asalnya dapat ditelusuri kembali ke tahun 1837, stasiun aslinya telah mengalami renovasi total pada tahun 1960-an. Ini berfungsi sebagai ujung selatan Jalur Utama Pantai Barat ke Liverpool Lime Street, Edinburgh Waverley, Manchester Piccadilly, dan Glasgow Central. Sementara bangunan stasiun asli menampilkan gerbang lengkung besar, sesuai laporan, renovasi tahun 1960-an cukup kontroversial. Namun, karena mencerminkan estetika modern tahun 1960-an, stasiun ini tidak mengalami perubahan besar sejak saat itu.

8. Stasiun Harrow dan Wealdstone

Terletak di kawasan metropolitan London, stasiun kereta api tua ini mulai beroperasi pertama kali pada musim panas tahun 1837. Saat itu, daerah tersebut masih pedesaan, sedangkan pemukiman terdekat terbesar adalah Harrow on the Hill. Area ini diperluas pada akhir abad ke-19, ketika Wealdstone ditambahkan ke nama stasiun. Kemudian, pada tahun 1960-an, sebagian stasiun ini dibangun kembali sebagai bagian dari elektrifikasi Jalur Utama Pantai Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api stasiun tertua di dunia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top