Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Aturan Perjalanan di Berbagai Negara Mulai April 2022

Selain AS, berikut beberapa negara yang sudah melonggarkan kebijakan perjalanan mulai April 2022 :
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 08 April 2022  |  19:49 WIB
Traveling keliling dunia - istimewa
Traveling keliling dunia - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai April 2022 sejumlah negara mulai melonggarkan pembatasan perjalanan.

Ini artinya, akan ada banyak negara yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur mulai April ini.

Di Amerika Serikat misalnya  pada dasarnya sudah "kembali normal" untuk perjalanan domestik di 50 negara bagian tanpa pengujian atau wajib karantina saat datang. Namun, mandat masker federal untuk transit komersial tetap berlaku hingga 18 April 2022, dan dapat diperpanjang lagi.

Selain AS, berikut beberapa negara yang sudah melonggarkan kebijakan perjalanan mulai April 2022 :

Kanada

Kanada hanya mengizinkan pengunjung yang divaksinasi lengkap untuk berkunjung melalui udara atau darat untuk perjalanan yang tidak penting, termasuk pariwisata. Mulai 1 April 2022, tamu yang divaksinasi lengkap tidak harus mendapatkan tes kedatangan negatif tetapi tetap harus menggunakan aplikasi ArriveCAN.

Meksiko

Meksiko tidak memerlukan tes swab atau vaksin wajib untuk masuk tanpa pembatasan. Orang Amerika dapat berkunjung melalui darat atau udara.

Amerika Latin

Kosta Rika adalah salah satu tujuan Amerika Latin paling populer yang tidak lagi memerlukan pengujian wajib atau bukti vaksinasi. Persyaratan masuk ini berakhir pada 1 April 2022, tetapi negara tersebut tetap merekomendasikan pengunjung untuk membeli asuransi perjalanan virus corona.

El Salvador juga tidak memiliki pengujian masuk atau persyaratan vaksin untuk turis.

Negara-negara ini tidak memerlukan tes pra-kedatangan untuk turis yang divaksinasi, tetapi hasil tes negatif diperlukan untuk pelancong yang tidak divaksinasi:

·        Belize

·        Ekuador

·        Guatemala

·        Honduras

·        Panama

·        Peru

Pelancong asing bukan penduduk yang tidak divaksinasi (usia 18 tahun ke atas) tidak akan diizinkan masuk ke Kolombia. Pelancong asing bukan penduduk yang divaksinasi harus menunjukkan bukti bahwa mereka telah divaksinasi penuh untuk Covid-19 setidaknya selama 14 hari sebelum bepergian.

Kepulauan Karibia

Persyaratan masuk Karibia adalah tambal sulam persyaratan pengujian minimal dan pedoman yang relatif ketat. Beberapa pulau yang paling lunak antara lain:

·        Republik Dominika

·        Aruba

·        Curacao

·        Grenada

Pulau-pulau ini mungkin tidak memerlukan tes pra-kedatangan atau bukti vaksin. Namun, meskipun tidak ada persyaratan pengujian, negara tersebut mungkin memerlukan membawa "asuransi pengunjung", yang mencakup biaya Covid-19 selama kunjungan.

Bahama dan Jamaika juga dapat dengan mudah dikunjungi karena pengunjung dapat masuk dengan tes pra-kedatangan negatif.

Eropa

Sementara konflik Ukraina menerima sebagian besar liputan media dan wilayah ini tertutup untuk perjalanan yang tidak penting, sisa Eropa tetap terbuka untuk pariwisata.

Negara-negara Eropa ini saat ini tidak memerlukan bukti vaksin atau tes pra-kedatangan negatif:

·        Denmark

·        Hungaria

·        Islandia

·        Irlandia

·        Moldova

·        Montenegro

·        Norway

·        Rumania

·        Slovenia

·        Swedia

·        Britania Raya

Sebagian besar Eropa Barat terus mewajibkan pengunjung untuk divaksinasi sepenuhnya agar dapat masuk tanpa batasan. Akibatnya, pelancong yang tidak divaksinasi mungkin dapat masuk dengan tes pra-kedatangan negatif di negara-negara seperti Italia, Prancis, Portugal, dan Yunani.

Afrika

Sebagian besar negara Afrika mengharuskan pengunjung untuk divaksinasi sepenuhnya untuk berkunjung dan memiliki tes pra-kedatangan negatif.

Mesir adalah salah satu dari segelintir negara yang menerima tamu yang tidak divaksinasi. Wisatawan ini dapat masuk dengan hasil tes pra-perjalanan negatif.

Timur Tengah

Yordania dan Arab Saudi saat ini tidak memiliki batasan perjalanan untuk pengunjung yang divaksinasi dan tidak divaksinasi.

Untuk peziarah agama yang ingin mengunjungi Tanah Suci, Israel dan Wilayah Palestina hanya memerlukan tes pra-kedatangan negatif dari pelancong yang divaksinasi dan tidak divaksinasi.

Australia

Australia tetap menjadi pilihan terbaik untuk mengunjungi Oseania. Pelancong yang divaksinasi lengkap dapat mengunjungi Land Down Under dengan hasil tes Covid-19 negatif.

Selandia Baru

Selandia Baru terus menutup perbatasan internasionalnya dengan turis asing, tetapi tamu pertama bisa segera datang.

Warga Australia dapat berkunjung segera setelah 12 April 2022. Kemudian, pelancong yang divaksinasi penuh dari perusahaan lain yang memenuhi syarat mungkin dapat menginjakkan kaki di Selandia Baru mulai 1 Mei 2022.

Garis waktu pembukaan kembali yang dipercepat ini diumumkan pada pertengahan Maret. Sebelumnya, tanggal pembukaan kembali internasional adalah Juli 2022, dua bulan lebih lambat dari tanggal yang direncanakan saat ini.

Asia

Sebagian besar negara Asia memiliki persyaratan ketat, bahkan untuk pelancong yang divaksinasi penuh. Thailand terbuka untuk pelancong yang divaksinasi dan tidak divaksinasi. Namun, sebagian besar pengunjung perlu dikarantina di resor yang memenuhi syarat selama lima hari pertama. Pelancong yang divaksinasi lengkap juga dapat mempertimbangkan untuk pergi ke Kamboja, Filipina, atau Singapura.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara wisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top