Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Masak Menu Berbuka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Berikut tips yang dapat dilakukan sehingga menyiapkan makanan buka puasa dan sahur menjadi lebih praktis, mudah dan menghemat waktu
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 April 2022  |  13:11 WIB
Ilustrasi memasak
Ilustrasi memasak

Bisnis.com, JAKARTA - Memasak di bulan suci Ramadan bisa menjadi tantangan sendiri.

Kehabisan ide masakan, lemas karena puasa untuk memasak, dan juga mengantuk saat sahur.

Karena itu, memilih menu masakan yang praktis bisa menjadi alternatif menu Anda berbuka puasa dan sahur.

Untuk menyajikan masakan yang terbaik bagi keluarga di bulan penuh sukacita ini, penting sekali untuk menyiapkan bahan-bahan dan peralatan masak yang memadai agar menambah semangat dan kreativitas memasak.

Agar tidak mengganggu aktivitas beribadah lain selama berpuasa, kita dapat merencanakan menu apa saja yang akan dimasak selama satu minggu kedepan dan melakukan belanja mingguan untuk mempersiapkan bahan yang dibutuhkan.

Berikut tips yang dapat dilakukan sehingga menyiapkan makanan buka puasa dan sahur menjadi lebih praktis, mudah dan menghemat waktu:

1. Siapkan bumbu dasar yang sudah diolah dan siap digunakan

Bumbu dasar merupakan bahan masak utama atau rempah yang menjadi dasar setiap masakan. Di Indonesia mengenal beberapa jenis bumbu dasar, diantaranya bumbu putih, merah dan kuning. Bahan - bahan penyusunnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, kemiri. Mengolah bumbu dasar akan mempermudah proses memasak. Bumbu dasar dapat diolah dengan cara dihaluskan, kemudian ditumis sebentar dan dimasukkan dalam wadah kaca untuk disimpan dalam freezer.

2. Lakukan food prep dengan baik, agar stok makanan bertahan lebih lama dan tetap fresh

Jika kita membeli bahan makanan untuk menu selama satu minggu kedepan, maka kita wajib menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan dan menyimpannya dengan baik, kegiatan ini juga biasa disebut food prep. Untuk meminimalisir kerusakan dan hilangnya nutrisi saat disimpan, bahan mentah baik daging hingga sayuran yang telah dibeli harus dikemas dan disiapkan dengan cara yang benar, seperti membersihkan dan mencuci daging atau memberikan jeruk nipis untuk seafood agar saat dimasak terhindar dari aroma yang amis. Sebaliknya, sayuran tidak perlu dicuci melainkan hanya diletakkan pada wadah tertutup yang kering dan rapat.

3. Cari inspirasi menu yang beragam namun mudah dibuat, agar tetap semangat menjalankan ibadah puasa

Untuk membuat variasi menu tidak harus menggunakan jenis bahan makanan baru yang berbeda. Kita dapat mengkreasikan bahan makanan yang sama untuk memasak beberapa menu atau mengembangkan masakan baru. Tidak perlu bingung, karena saat ini banyak situs atau platform resmi brand di media sosial yang memberikan inspirasi resep sajian masakan Ramadan. 

4. Gunakan peralatan memasak yang berkualitas, sehingga masak jadi lebih menyenangkan

Kualitas peralatan yang digunakan akan mempengaruhi kenyamanan ketika memasak. Material peralatan memasak juga bisa berdampak pada kesehatan. Selain itu, peralatan yang kurang lengkap akan memberikan keterbatasan dalam mengkreasikan masakan. Oleh karena itu, penting untuk memilih peralatan memasak yang berkualitas, aman dan dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas memasak selama bulan Ramadan, seperti yang ditawarkan Tefal yang menawarkan produk cookware bebas PFOA sehingga aman untuk semua proses memasak serta fitur Thermosignal (indikator panas) yang memudahkan kita untuk mengetahui waktu ideal untuk mulai menggunakan wajan, serta berbagai produk kitchen appliances dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan dalam memasak makanan sahur dan berbuka puasa seperti Air Fryer.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ramadan tips puasa bugar memasak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top