Ilustrasi traveling keliling dunia
Travel

Manfaat Liburan untuk Kesehatan Tubuh

Robby Fathan
Rabu, 6 April 2022 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah jenuh dalam keseharian yang padat dengan pekerjaan, yang Anda butuhkan adalah berlibur, entah itu pergi sendiri, bersama pasangan, sahabat, atau dengan keluarga.

Liburan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, karena aktivitas ini baik untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Liburan ternyata liburan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, apa saja manfaat dari liburan yang dapat mempengaruhi tubuh Anda?

1. Penghilang Stres

Tubuh Anda dirancang untuk melepaskan hormon stres seperti kortisol dan epinefrin saat merasakan bahaya. Tetapi tekanan kehidupan sehari-hari dapat memicu reaksi yang sama. Seiring waktu, hal ini dapat membuat Anda lebih mungkin mengalami depresi, penambahan berat badan, kurang tidur, dan memiliki masalah kesehatan lainnya. Menjauh dari waktu ke waktu dapat memberi tubuh Anda kesempatan untuk memperbaiki beberapa kerusakan.

2.  Merasa Lebih Senang

Kemungkinan suasana hati Anda akan lebih baik selama liburan daripada dalam kehidupan sehari-hari Anda. Perasaan itu dapat bertahan bahkan dalam beberapa minggu perencanaan sebelum Anda pergi. Tetapi kurang jelas apakah buzz pasca-perjalanan berlangsung lama. Kunci kebahagiaan tampaknya bergantung pada seberapa sering, bukan berapa lama, Anda pergi.

3. Meningkatkan mood

Mengambil cuti dapat mengurangi kemungkinan Anda meninggal akibat penyakit jantung koroner. Bukti dapat muncul dalam tes laboratorium, dari penurunan kadar gula darah hingga kolesterol "baik" HDL. Satu studi menemukan bahwa manfaatnya mungkin muncul hanya jika Anda sering "staycation" di rumah, bukan jika Anda harus keluar kota.

4. Tidur Menjadi lebih baik

Pekerjaan sehari-hari dapat merusak pola tidur Anda. Terlalu banyak pekerjaan dapat menyerap waktu yang Anda butuhkan untuk menghabiskan waktu di tempat tidur. Atau komitmen atau stres keluarga mungkin membuat Anda tidak bisa tidur atau tetap tertidur. Itu bisa membuat Anda lelah, pusing, pemarah, dan bahkan sakit. Liburan sangat bagus untuk tidur siang dan tunda. Dan jika Anda merencanakan perjalanan Anda sebelumnya, Anda akan tidur lebih nyenyak sebelum dan sesudah liburan.  

5. Fokus Menjadi lebih tajam

Pekerjaan tanpa akhir dengan terlalu sedikit istirahat dapat mengaburkan otak Anda. Anda mungkin merasa sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu. Waktu istirahat dapat mengisi ulang Anda secara mental dan fisik, sehingga Anda kembali lebih fokus dan berenergi. Imbalannya? Anda mungkin menjadi lebih produktif baik di tempat kerja maupun di rumah.

6. Mengurangi datangnya Penyakit

Bekerja terlalu keras dapat mengirim sistem adrenal Anda menjadi overdrive. Itu melepaskan hormon yang dapat melemahkan kekebalan Anda. Pada gilirannya, Anda mungkin lebih mungkin terkena pilek atau flu, dan bahkan kondisi yang lebih serius seperti sindrom iritasi usus besar. Liburan memungkinkan Anda melepaskan kaki dari pedal gas sebentar dan memungkinkan sistem kekebalan Anda untuk bangkit kembali.

7. Memperbanyak waktu untuk seks

Anda mungkin melakukannya lebih sering ketika Anda sedang berlibur. Lebih banyak waktu meringkuk dengan pasangan Anda mungkin membantu. Begitu juga dengan penurunan hormon stres seperti kortisol, yang dapat mengurangi gairah dan libido baik pada pria maupun wanita.

8. Memperkuat Hubungan

Pasangan yang bepergian bersama mengatakan bahwa mereka lebih bahagia dan lebih puas dalam hubungan mereka daripada mereka yang tidak. Ikatan romantis dan ikatan sosial lainnya yang kuat ini dapat membantu Anda tetap bugar secara fisik dan mental, terutama seiring bertambahnya usia.

9. Hidup lebih lama

Masuk akal bahwa mengambil liburan mengurangi stres, yang pada gilirannya berarti lebih sedikit keausan pada tubuh Anda, kesehatan yang lebih baik, dan lebih banyak tahun ditambahkan ke hidup Anda. Para ilmuwan tidak dapat menjelaskan dengan tepat bagaimana itu terjadi. Penelitian terus berlanjut.  

Agar Anda tetap bisa mendapatkan manfaat liburan dengan optimal, sebaiknya hindari dan lupakan sejenak hal-hal terkait pekerjaan selama waktu liburan. Jangan sampai pekerjaan masih mengusik pikiran dan membuat Anda semakin stres atau malah sakit selama liburan.

Selain itu, tetaplah jaga kesehatan selama berlibur agar Anda bisa pulang dengan pikiran dan badan yang lebih segar dan lebih siap untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro