Candi Borobudur. /KEMENPAR
Travel

Ini 5 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Borobudur

Nina Atmasari
Rabu, 6 April 2022 - 14:49
Bagikan

Bisnis.com, MAGELANG - Kawasan wisata Borobudur, Jawa Tengah kini makin berkembang. Tak sedikit tempat-tempat unik yang bisa dimanfaatkan untuk ngabuburit atau buka puasa bersama saat Ramadan.

Berkaitan dengan itu, berikut lima rekomendasi tempat berbuka puasa unik di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

1. Semesta Area Borobudur

Semesta Area dibangun dengan dek kayu di depan bangunan limasan kuno. Dek tersebut kemudian dikelilingi dengan kebun pepaya yang rindang.

Ada beragam menu tradisional yang bisa dinikmati pengunjung, di antaranya sego jangan, kudapan ala pedesaan, gorengan, dan takjil dengan harga mulai Rp7.000. Ada pula coffee corner bagi pencinta kopi.

Semesta Area ini berada di Dusun Sangen Desa Candirejo, Borobudur, Magelang. Lokasi ini berjarak 5 menit dari Candi Borobudur, tepatnya di jalur alternatif Borobudur menuju Bandara YIA Kulonprogo.


2. Nalendro Cafe

Penasaran seperti apa rasanya berbuka puasa di tengah kebun kaktus yang bernuansa gurun dan gersang? Nah, kini Anda bisa mencobanya dengan datang ke Nalendro Cafe yang ada di Dusun Bumisegoro, Desa Borobudur.

Menu di Nalendro Kafe sendiri beragam. Ada makanan tradisional hingga makanan internasional, dengan harga mulai Rp7.000.

3. Joglo Bu Condro

Joglo Bu Tjondro terletak di Dusun Kedungombo, Desa Candirejo Borobudur. Di tempat ini, tersedia paket Ramadan bernama Combi Package yang bisa dinikmati dengan harga Rp450.000 untuk empat orang. Paket tersebut sudah termasuk dengan naik mobil kuno keliling desa wisata, menu berbuka puasa, serta setting lokasi.

4. Taman Kelinci

Bagi keluarga yang ingin berbuka puasa sambil memberikan edukasi untuk anak-anak, Wisata Kelinci di Desa Bahasa menjadi pilihan tepat. Untuk meuju lokasi tersebut, dari arah Candi Borobudur cukup menempuh waktu delapan menit.

Rutenya, yakni menuju Jalan Badrawati sejauh satu kilometer. Lalu, belok kiri ke Jalan Parakan Aro Mukti sekitar 1,8 kilometer. Kemudian, belok kanan ke Jalan Haji Ilham sekitar 200 meter.

Pada bulan Ramadan ini, Desa Bahasa menawarkan paket berbuka mulai Rp27.000 per orang, dengan fasilitas ngabuburit dilanjut buka puasa di Wisata Kelinci, gratis terapi ikan dan 32 spots selfie, mulai pukul 16.00 WIB.

5. Pondok Tingal

Pondok Tingal berlokasi 500 meter sebelum pintu masuk kawasan wisata Candi Borobudur. Di Pondok Tingal, pengunjung bisa menikmati berbuka puasa dengan menu tradisional seperti gorengan, jajan pasar, camilan, dan sop dengan harga Rp59.900 per orang, serta mendapat takjil gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nina Atmasari
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro