Ilustrasi/youtube.com
Travel

Negara dengan Durasi Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 5 April 2022 - 20:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Setiap umat Islam diwajibkan berpuasa dengan tidak makan, minum, dan berbagai hal yang dapat membatalkan puasa mulai waktu Shubuh sampai dengan Maghrib.

Di Indonesia, waktu dari Shubuh sampai dengan Maghrib berdurasi sekitar 12-13 jam. Secara umum, Indonesia masuk dalam durasi rata-rata waktu berpuasa umat Islam di penjuru dunia.

Diambil dari nu.or.id, di antara negara yang memiliki durasi sama dengan Indonesia seperti Malaysia, Brazil, Afrika Selatan, Singapura, Argentina.

Namun ternyata durasi waktu berpuasa di berbagai penjuru dunia berbeda-beda tergantung posisi matahari. Ada sebagian negara yang memiliki durasi singkat dalam berpuasa seperti Chili dan Selandia baru yakni hanya 11 jam.

Namun sebaliknya ada umat Islam di negara tertentu yang harus menahan lapar dan haus selama 19-20 jam!. Contohnya adalah negara yang berada di daerah kutub utara seperti Islandia dan Norwegia yang memiliki durasi berpuasa lebih dari 18 jam dalam satu hari.

Apakah durasi waktu ini tetap setiap waktu Ramadhan tiba?. Berdasarkan pengamatan berbagai media di dunia, durasi waktu berpuasa di belahan bumi utara terus mengalami pengurangan tiap tahunnya. Sementara di bagian selatan terus mengalami penambahan.

Media Aljazeera melansir bahwa pengurangan ini akan terus berlangsung hingga mencapai titik balik matahari musim dingin pada 2032. Lima negara dengan durasi waktu berpuasa terlama adalah, Greenland: 19-20 jam, Islandia: 19-20 jam, Finlandia: 18-19 jam, Swedia : 17-18 jam, Inggris: 17-18 jam.

Sementara tercepat adalah Paraguay: 11-12 jam, Uruguay: 11-12 jam, Australia: 11-12 jam, Chili: 11-12 jam, dan Selandia Baru: 11-12 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro