Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Makanan Super dari Jepang untuk Booster Kekebalan Tubuh

Berikut makanan super dari Jepang yang meningkatkan imunitas tubuh Anda
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 05 April 2022  |  14:27 WIB
10 Makanan Super dari Jepang untuk Booster Kekebalan Tubuh
Kakiage Soba - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki  harapan hidup tertinggi  di dunia.

Salah satu penyebabnya adalah pola makan sehat yang dikonsumsi orang Jepang .

Dipenuhi dengan sayuran kaya protein, ikan segar, teh yang menenangkan, dan kedelai yang luar biasa, mari kita lihat makanan Jepang yang luar biasa.

Apa itu makanan super?

Melansir Japan Today, makanan super bukan makan siang Captain America. "Makanan super" adalah  buah- buahan, daging, biji-bijian, dan sayuran  yang diisi dengan "makanan sehat". Itu berarti banyak antioksidan, vitamin, serat dan asam lemak untuk meningkatkan tubuh kita.

Berikut makanan super dari Jepang yang meningkatkan imunitas tubuh Anda

1.Matcha

Matcha, atau  teh hijau bubuk Jepang , menempati urutan teratas daftar makanan super karena banyaknya manfaatnya. Matcha memiliki kandungan kafein alami yang tinggi ditambah berbagai manfaat nutrisi lainnya, menjadikannya pengganti yang ideal untuk kopi pagi Anda.

Secangkir katekin mengandung antioksidan yang menangkal kerusakan sel dan mencegah virus. Selain itu, beberapa penelitian telah mengamati korelasi langsung antara minum teh hijau dan peningkatan kesehatan hati. Matcha juga mengandung theanine yang membantu Anda rileks dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Padahal, saya tidak berpikir es krim rasa matcha Anda dianggap sebagai suplemen yang sehat.

2. Tsukemono

Tsukemono  (acar) ditemukan di banyak meja restoran di Jepang, terletak di dekat kecap dan rempah-rempah. Gari merah muda cerah  (acar jahe) adalah makanan pokok restoran sushi dan tidak hanya bagus untuk membersihkan palet tetapi juga untuk membersihkan usus.

Dengan bantuan potasium yang bagus, yang menjaga tekanan darah tetap stabil, dan jumlah serat yang banyak, tsukemono telah digunakan sebagai bantuan pencernaan selama berabad-abad. Cobalah acar yang difermentasi untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda lebih jauh. Umeboshi  (acar prem) telah lama dipuji sebagai obat untuk sembelit, mungkin karena kandungan asam sitratnya, yang membantu "memindahkan segalanya."

3. Daikon

Sementara  daikon  (lobak Jepang) umumnya dianggap sebagian besar air, kalori mereka yang hampir tidak ada sangat bagus untuk mereka yang ingin menurunkan beberapa kilogram. Berasal dari Cina dan Jepang, daikon penuh dengan vitamin C, yang memiliki manfaat tambahan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Daikon juga mengandung folat, yang meningkatkan produksi sel darah merah dan direkomendasikan bagi mereka yang berada di awal kehamilan. Anda dapat menikmatinya mentah atau memotongnya menjadi kari untuk peningkatan tambahan.

4. Miso

Kedelai multifaset telah melahirkan banyak makanan super, dan miso merupakan salah satunya. Karena proses fermentasinya, miso dipenuhi dengan bakteri sehat, yang mengurangi racun dan memberikan perisai pelindung.

Dengan senyawa tanaman yang bermanfaat dan penggunaan koji  (sejenis jamur), ia memiliki manfaat yang mirip dengan amazake (alkohol beras yang difermentasi) yang dikatakan baik untuk usus dan meningkatkan kesehatan kognitif.

5. Natto

Natto  (kedelai yang difermentasi) . Suka atau tidak suka, Anda tidak dapat menyangkal manfaat kesehatan yang tidak ada habisnya. Dikenal sebagai hidangan sarapan klasik di Jepang, apalag i ditambah dengan nasi, kedelai fermentasi lengket ini mengandung resep untuk tubuh yang terawat.

Proses fermentasi menciptakan probiotik yang meningkatkan kesehatan usus dan memfasilitasi penyerapan nutrisi. Natto juga dikenal untuk memperkuat tulang, mengontrol tekanan darah, mencegah penambahan berat badan dan membantu pencernaan.

6.Tahu

Tahu adalah bagian dari superfamili kedelai dan sering terlihat mengambang di sup miso yang disebutkan di atas. Terbuat dari kacang kedelai rebus yang dihancurkan, dadih kacang ini diisi sampai penuh dengan asam amino esensial dan protein pilihan yang luar biasa untuk diet vegan.

Makan tahu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, dan karena kandungan estrogennya yang tinggi, sangat baik untuk wanita dengan masalah hormonal.

7. Soba

Soba terbuat dari tepung soba. Anehnya—terlepas dari namanya—ini sama sekali bukan jenis gandum. Ini adalah benih. Namun, itu tidak membuatnya kurang bergizi, memiliki banyak vitamin, mineral dan protein.

Alih-alih karbohidrat berat yang membuat Anda merasa lesu, soba menghasilkan aliran energi yang stabil. Senyawa tanamannya yang sangat besar mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Ini juga merupakan alternatif sempurna untuk mie lain bagi mereka yang sensitif terhadap gluten.

8. Yuzu

Yuzu adalah buah jeruk Asia yang dapat digambarkan sebagai kombinasi jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk. Tinggi vitamin A dan C, meningkatkan aliran darah, kesehatan otak dan membantu mengurangi proses penuaan kulit Anda.

Namun, kekuatan sebenarnya dari yuzu berasal dari aromanya, yang dikatakan dapat meredakan kecemasan dan stres. Di Jepang, dikatakan bahwa mandi yang diisi dengan yuzu, terutama selama titik balik matahari musim dingin, melindungi Anda dari masuk angin.

9. Sashimi

Sashimi (irisan ikan mentah, kerang atau krustasea) memiliki terlalu banyak hal positif untuk dilewatkan di piring. Asam lemak omega-3 adalah kualitas utama sashimi dan dikenal menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol, memperlambat perkembangan plak, dan menstabilkan irama jantung. Dengan meningkatkan metabolisme Anda, sashimi mengurangi berat badan dan sangat bagus untuk diet rendah karbohidrat.

Salmon sering disebut-sebut sebagai makanan super lainnya, jadi dapatkan manfaat ganda dengan memakannya dalam “bentuk alaminya” —shake sashimi.

10  Nasi Zakkoku-mai

Jepang adalah salah satu negara teratas untuk konsumsi beras, dan meskipun nasi putih bukanlah yang paling sehat, ada alternatif seperti zakkoku-mai , yaitu nasi yang dicampur dengan kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian. Jika Anda hanya perlu semangkuk nasi di samping makanan Anda, buatlah tambahan serat yang membantu pencernaan dan membantu mengurangi berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang kuliner kekebalan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top