Resep es pisang ijo yang segar dan mudah/Antara
Kuliner

Resep Es Pisang Ijo, Menu Berbuka Puasa Khas Makassar yang Segar

Lukman Nur Hakim
Senin, 4 April 2022 - 13:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menyantap hidangan manis dan segar ketika berbuka puasa merupakan sebuah kenikmatan duniawi. Sebab, saat tenggorokan sudah kering menahan haus dari pagi dan tubuh sudah lemas akibat aktifitas seharian, berbuka puasa dengan hidangan manis dan segar adalah jawaban.

Salah satu santapan yang memiliki kedua hal tersebut adalah es pisang ijo. Es pisang ijo merupakan salah satu santapan yang berasal dari Sulawesi Selatan atua Makassar.

Santapan ini merupakan paduan dari buah pisang yang sudah dikukus dan ditambahkan dengan lapisan berwarna hijau dari tepung beras yang membalut pisang tersebut hingga terlihat seperti dalam selimut.

Pisang tersebut nantinya akan dicampurkan dengan bubur sumsum lalu dipadukan dengan santan, es batu dan terakhir sirup pisang yang berwarna merah, dan santapan ini sangat pas sekali dimakan ketika waktu berbuka tiba.

Dilansir dari akun youtube Ade Koerniawan, Senin (4/4/22) dirinya membagikan resep cara membuat dan menghidangkan Es Pisang Ijo ini sebagai salah satu santapan untuk berbuka puasa.

Alumni Masterchef Indonesia Season 6 ini memperlihatkan bahan bahan yang digunakan dan step membuat Es Pisang Ijo. Pertama-tama dirinya mempersiapkan lapisan berwarna hijau yang akan membalut Pisang nantinya.

Setelah adonan dari lapisan tersebut matang, dirinya langsung membuat Bubur Sumsum yang merupakan bagian dari Es Pisang Ijo.

Setelah Bubur Sumsum siap, dirinya langsung menyelimuti Pisang yang sudah siap dengan lapisan hijau yang dirinya buat di awal video. Setelah itu, Pisang yang sudah diselemuti langsung dipotong secara bulat bulat lalu ditaruh di atas piring yang berisi Bubur Sumsum yang sudah dicampur dengan es batu, susu kental manis, dan sirup coco pandan atau pisang.

Berikut bahan-bahan resep untuk membuat santapan es pisang ijo:

Cara membuat bubur sumsum:

1. 300 ml Santan

2. 50 ml Air

3. 30 gr Tepung Beras

4. 30 gr gula pasir

5. 2 lembar daun pandan

6. Sejumput garam

Cara membuat crepes pisang ijo:

1. 10 buah pisang

2. 150 gr tepung terigu

3. 250 ml susu full cream

4. 65 ml santan kental

5. 3 butir telur

6. 1/2-1 sdt pasta pandan

7. 25 gr gula pasir

8. 1 sdm minyak sayur

Pelengkap:

1. Es serut / es batu

2. Susu kental manis

3. Sirup coco pandan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro