Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Tempat Berburu Takjil yang Terkenal di Jakarta

Berikut daftar lokasi jajanan takjil terkenal untuk berbuka puasa di Jakarta yang bisa Anda datangi dikutip dari berbagai sumber:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 April 2022  |  14:03 WIB
Pedagang membungkus minuman untuk dijual di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Senin (6/5/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
Pedagang membungkus minuman untuk dijual di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Senin (6/5/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Takjil merupakan menu utama berbuka puasa di bulan ramadan bagi umat muslim Indonesia yang merayakannya.

Umumnya takjil adalah jajanan pasar dengan rasa manis, dimana beberapa  di antaranya hanya muncul di bulan puasa.

Di Jakarta, ada beberapa tempat legendaris yang terkenal menjadi pusat jajanan takjil setiap tahunnya.

Berikut daftar lokasi jajanan takjil terkenal untuk berbuka puasa di Jakarta yang bisa Anda datangi dikutip dari berbagai sumber:

1. Pasar Benhil

Siapa sih yang nggak tahu Pasar Benhil? Tempat yang berada di wilayah Jakarta Pusat ini telah menjadi tempat yang paling sering dikunjungi orang-orang yang sedang berburu takjil, khususnya bagi mereka yang bekerja di daerah Sudirman-Thamrin. Saat bulan Ramadhan tiba, beragam menu takjil telah siap dijajakan menjelang waktu berbuka puasa. Mulai dari gorengan, kolak, es buah, pempek, batagor, jajanan tradisional, sate padang, dim sum, serabi, sampai gudeg pun bisa kamu temui di sana.

2. Masjid Sunda Kelapa

Di daerah Menteng, Jakarta Pusat, salah satu tempat yang sering dicari oleh pemburu takjil adalah Masjid Sunda Kelapa. Saat bulan puasa, cukup banyak yang berjualan menu berbuka puasa di area sekitar masjid. Beberapa hidangan yang tersedia di antaranya, es buah, kue-kue tradisional, kolak, puding, sate ayam, sate padang, hingga ketoprak. Nah, setelah berbuka puasa, kamu bisa langsung melaksanakan shalat maghrib hingga tarawih deh.

3. Jalan Panjang

Kalau kamu bekerja atau tinggal di daerah Jakarta Barat, kamu bisa mampir sejenak ke Jalan Panjang, Kebon Jeruk. Di sana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan beragam menu berbuka puasa yang menggiurkan, seperti kolak biji salak, bubur sumsum, es pisang ijo, berbagai macam kue dan jajan pasar, sop buah, dan lain-lain. Untuk harganya, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 sampai Rp 25.000 rupiah saja kok, travelers!

4. Masjid Cut Meutia

Salah satu masjid yang juga menjadi pusat berburu takjil adalah Masjid Cut Meutia. Sejak sore hari, masjid yang berlokasi di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini sudah dipadati oleh penjual takjil yang cukup beragam, seperti bakso, sate padang, gorengan, lontong, sosis bakar, aneka es, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, tak jarang pula masjid ini menggelar acara seru selama bulan Ramadhan dan berbagi takjil gratis.

5. Kramat Raya

Masih di wilayah Jakarta Pusat, tempat lain yang menjadi sasaran untuk mencari kudapan berbuka puasa adalah Kramat Raya. Tempat yang berlokasi di daerah Senen, khususnya di dekat gedung bioskop Senen ini pun menawarkan ragam hidangan lezat yang nggak boleh kamu lewatin. Berbeda dengan tempat berburu takjil lainnya, di Kramat Raya kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Minang seperti lemang tapai, bubur kampiun, hingga nasi kapau.

6. Masjid Agung Al-Azhar

Nah, kalau di daerah Jakarta Selatan, kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Al-Azhar yang berlokasi di Kebayoran Baru. Biasanya, setiap bulan Ramadhan tiba, masjid ini selalu diramaikan oleh bazaar yang menjual ragam hidangan berbuka puasa. Sejak sore hari, kamu bisa membeli takjil berupa gorengan, kue-kue tradisional, es buah, hingga beberapa makanan berat seperti sate padang, roti bakar, bakso, sop kambing dan yang lainnya yang memang rutin berjualan setiap hari di area sekitar masjid.

7. Gandaria

Bagi kamu penggemar es kelapa muda, kamu bisa meluncur ke Jalan Gandaria saat menjelang berbuka puasa. Tempat ini memang terkenal dengan sejumlah penjual es kelapa muda yang bisa kamu temui mulai dari perempatan Rumah Sakit Gandaria hingga menuju Jalan Arteri Pondok Indah. Namun, saat bulan Ramadhan tiba, di kawasan ini juga banyak penjual takjil yang menggugah selera. Mulai dari sop buah, kolak, gorengan, kue panada, hingga kue lapis bisa kamu temukan di sana.

8. Jalan Soka

Buat kamu yang tinggal di daerah Jakarta Utara, pasti sudah tahu nih tempat legendaris berburu takjil yang ini. Jalan Soka yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Pasar Ular ini juga jadi tempat berkumpulnya pedagang takjil.

Hampir sama dengan tempat takjil lainnya di Jalan Soka kamu bisa menemuakn menu takjil favorit. Mulai dari gorengan, kue basah, kolak, es buah dan lauk pauk. Selain bisa mendapatkan takjil untuk berbuka puasa, kamu juga bisa membeli lauk pauk untuk sahur.

9. Lapangan Blok S

Di Blok S, para pemburu takjil dapat memperoleh panganan khas berbuka dengan harga yang terjangkau. Sejumlah kudapan ditawarkan di sini seperti kolak, biji salak, es cendol, dan es buah, dan es teler.

Bagi yang ingin melanjutkan dengan "makan berat," para pengunjung bisa mendapatkan sejumlah makanan seperti nasi goreng, mi ayam, bakso, sate, dan lain sebagainya.

10. Masjid Pondok Indah

Rendang, dendeng, sate padang, hingga ayam panggang dapat ditemukan di pelataran Masjid Pondok Indah ketika memasuki bulan Ramadhan. Tidak hanya makanan berat, aneka pudding, es, serta sup dapat juga diperoleh di salah satu tempat berburu takjil di Jakarta ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner menu buka puasa takjil
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top