Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Keju untuk Kesehatan Tubuh

Berikut manfaat dan khasiat keju untuk kesehatan tubuh manusia
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 31 Maret 2022  |  16:27 WIB
Keju - theatlantic.com
Keju - theatlantic.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kreasi kudapan selama pandemi terus bermunculan. Meski harga bahan baku merangkak naik, namun ini tak menghentikan tren-tren kuliner baru yang bermunculan.

Penggunaan bahan baku keju pada beberapa tren kuliner saat ini tentu tak lepas dari tingginya gizi yang terkandung pada keju serta rasa lezat yang diberikan.

Jenis keju pun beragam. Dan, seperti dilansir dari Livelyrun, keju memiliki manfaat dan khasiat juga untuk kesehatan lho.

Berikut manfaat dan khasiat keju untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan rapuhnya tulang, keropos, dan mempengaruhi lebih dari 10 juta orang Amerika, 80% di antaranya adalah wanita. Ini adalah penyebab utama patah tulang, dengan perkiraan 1,5 juta setiap tahun (terutama di pergelangan tangan, pinggul, atau tulang belakang). Penyebabnya dapat dikaitkan dengan konsumsi rendah atau penyerapan kalsium yang buruk, yang menyebabkan tulang perlahan-lahan rusak.

Nutrisi yang seimbang dapat membantu Anda menghindari perkembangan osteoporosis. Anda perlu memastikan bahwa Anda menerima jumlah yang cukup atau protein, kalsium, dan vitamin D. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan harian minimum 400 hingga 500 mg kalsium per hari untuk orang berusia di atas 50 tahun dan berisiko patah tulang. Produk susu, terutama keju yang diperkaya dengan vitamin D, bisa menjadi cara yang bagus untuk mengonsumsi vitamin dan mineral yang seimbang.

2. Gigi sehat dan kuat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para profesional gigi menunjukkan bahwa makan keju dapat membantu mencegah gigi berlubang. Empat kelompok diuji, mengonsumsi susu, yogurt bebas gula, parafin, dan keju, dan keseimbangan pH di berbagai area mulut mereka diuji sebelum dan sesudah dikonsumsi. Tingkat pH yang lebih rendah dari 5,5 dapat membuat gigi Anda berisiko mengalami erosi karena asam yang terbentuk di mulut Anda. Sementara kelompok yang minum susu, dan makan parafin dan yogurt bebas gula tidak menunjukkan perubahan yang signifikan, kelompok yang makan keju mengalami peningkatan kadar pH.

3. Membantu Anda Menambah Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Bagi mereka yang ingin menambah berat badan, ada cara yang benar dan cara yang salah untuk melakukannya. Anda tidak ingin membahayakan kesehatan Anda dengan memilih makanan yang salah. Dengan kandungan lemak dan proteinnya, ditambah berbagai vitamin dan mineral yang dikandungnya, keju adalah pilihan tepat untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat.

4. Sumber Makanan Terbaik untuk Kalsium

Mineral yang paling melimpah di dalam tubuh, kalsium merupakan kebutuhan bagi kehidupan. Ini mengatur fungsi pembuluh darah, transmisi saraf, fungsi otot, dan sekresi hormon. Sementara hanya 1% kalsium dalam tubuh yang diperlukan untuk fungsi-fungsi ini, 99% lainnya disimpan di tulang.

5. Sumber Protein yang Sangat Baik

Bertanggung jawab untuk pembentukan, regulasi, perbaikan, dan perlindungan tubuh, protein adalah kebutuhan dalam diet kita, memberi Anda sistem kekebalan yang kuat, rambut yang sehat, dan keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh Anda. Tanpa asupan protein yang tepat, Anda berisiko mengalami retensi cairan dan penyusutan jaringan otot.

Keju dapat membantu Anda menerima protein dalam jumlah harian, memberi Anda otot yang lebih ramping dan kulit serta rambut yang lebih sehat.

Ika Budi Rahayu, Bran Manager Emina Cheese mengatakan keju selalu menjadi pilihan bahan baku ataupun hiasan berbagai kudapan. 

Dia mengatakan selain rasa, orang juga mmperhatikan tekstur dari keju. Dan umumnya yang diharapkan yang lembut dan juga mudah dikreasikan sebagai campuran makanan atau toping berbagai kudapan yang sedang tren kini.

“Produk terbaru Emina Cheese Shred ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen akan produk keju berkualitas yang tidak hanya gurih lezat tapi juga memiliki tekstur lembut, yang membuatnya tidak mudah putus. Jadi tidak ada lagi potongan-potongan keju yang terbuang dan membuat produk baru ini jadi sangat ekonomis,” Ungkap

Dia menambahkan dari sisi aroma juga memiliki khas keju yang pas, juga sangat cocok untuk kreasi kudapan seperti kue, martabak, dan roti, pun serbaguna untuk semua jenis masakan.

Chef Yongky Gunawan mengatakan tekstur keju yang lembut bisa menghasilkan parutan keju yang juga sangat lembut dan tidak mudah putus, sehingga cantik sebagai topping kue atau cake.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner keju Resep masakan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top