Musim dingin/Al Jazeera
Travel

Tempat Terdingin di Bumi Alami Suhu Gelombang Panas untuk Pertama Kalinya, Pertanda Apa?

Robby Fathan
Rabu, 30 Maret 2022 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan terkejut ketika sebuah stasiun penelitian di Antartika melaporkan cuaca yang luar biasa hangat di bulan ini.

Suhu di stasiun Penelitian Concordia di atas Dome C di Dataran Tinggi Antartika  biasanya dikenal sebagai tempat terdingin di Bumi melonjak ke -11,5C pada 18 Maret lalu.

Suhu tinggi normal untuk hari itu adalah sekitar -49C, yang membuat angka 18 Maret mendekati sekitar 38C lebih hangat dari biasanya.

Jika Organisasi Meteorologi Dunia benar-benar melacak metrik khusus ini, para ilmuwan mengatakan itu kemungkinan akan membuat rekor dunia.

Robert Rohde, ilmuwan utama di Berkeley Earth mentweet melalui akun twitternya "tampaknya telah menetapkan Rekor Dunia baru untuk kelebihan suhu terbesar di atas normal yang pernah diukur di stasiun cuaca yang mapan,"

Randall Cerveny, seorang profesor ilmu geografi di Arizona State University dan Pelapor untuk Catatan Ekstrim untuk Organisasi Meteorologi Dunia, mengatakan bahwa catatan semacam ini seberapa jauh di atas atau di bawah suhu normal bukanlah sesuatu yang dilacak atau diverifikasi oleh WMO.

Sementara -11C tidak hangat, itu tidak pernah terdengar untuk bagian Antartika ini, dan 21C di atas rata-rata juga mencengangkan.

Seolah-olah suhu tinggi di Washington, DC, kemarin biasanya 16C adalah 55C yang tidak terpikirkan. Kenyataannya, suhu terpanas yang pernah ada di sana pada 28 Maret adalah 29 derajat Celcius.

Di mana tempat terdingin di bumi?

Suhu Concordia adalah rekor suhu tertinggi tidak hanya di bulan Maret, tetapi "rekor absolut" untuk setiap bulan, menurut Etienne Kapikian, seorang ahli meteorologi di Meteo-France, layanan meteorologi Prancis. Dan itu bukan satu-satunya lokasi yang mencatat rekor suhu tinggi hari itu.

Vostok, basis penelitian Rusia yang terkenal karena mencatat suhu terdingin di dunia, melaporkan suhu tinggi -17C, 17C lebih hangat dari rata-rata hari itu. Suhu memecahkan rekor stasiun sebelumnya untuk bulan Maret hampir -2C. Dengan data lebih dari 60 tahun, rekor ini "tidak pernah terdengar dalam sejarah klimatologi," menurut analisis Meteo-Prancis.

Kombinasi unik dari peristiwa meteorologi harus terjadi agar Ibu Pertiwi meningkatkan panas di Antartika Timur hari itu. Ada "arus lembab dari sungai atmosfer"  badai menarik sejumlah besar uap air laut ke daratan, seperti yang dilihat Pantai Barat di musim dingin, kata Profesor Cerveny.

Dan ada juga intrusi udara yang sangat panas, jarang terjadi sepanjang tahun ini, ke dataran tinggi Antartika.

Kedatangan uap air menjebak udara panas, memungkinkan suhu melonjak di Antartika Timur. Meskipun jarang, ada kemungkinan bahan-bahan atmosfer ini telah berkumpul sebelum manusia ada untuk merekamnya, John King, seorang peneliti di British Antarctic Survey, mengatakan kepada CNN.

"Jaringan pengamatan iklim Antartika cukup jarang, dan hampir tidak ada sebelum pertengahan 1950-an," kata Profesor King.

Kehangatan ekstrem di Antartika menimbulkan kekhawatiran tentang efek jangka panjang pada es, terutama jika terus berlanjut.

Lapisan es di Antartika hampir seukuran Los Angeles hancur dalam beberapa hari dengan kehangatan yang luar biasa di benua itu.

Tetapi Profesor King mencatat dampak dari satu peristiwa berumur pendek seperti kehangatan pada 18 Maret "akan selalu kecil." "Meskipun jika, di masa depan, peristiwa seperti itu menjadi lebih umum, akan ada dampak yang signifikan," kata Profesor King.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro