Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Lokasi Gala Dinner G20, Ini Isi Pura Mangkunegaran Solo

Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran Solo menjadi lokasi perjamuan makan malam G20 yang diselenggarakan pada Kamis (31/3/2022) besok.
Siti Nur Azizah/Chelin Indra Sushmita
Siti Nur Azizah/Chelin Indra Sushmita - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  08:05 WIB
Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). JIBI - Solopos/Wahyu Prakoso
Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). JIBI - Solopos/Wahyu Prakoso

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Kota Solo menetapkan Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran Solo menjadi lokasi perjamuan makan malam atau royal dinner G20 yang diselenggarakan pada Kamis (31/3/2022) besok.

KGPAA Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan, pemanfaatan area Pura Mangkunegaran untuk kegiatan G20 menjadi kesempatan baik, mengingat lokasi tersebut termasuk salah satu pusat budaya.

Lepas dari itu, Pura Mangkunegaran sendiri adalah salah satu istana di Kota Solo, Jawa Tengah, yang masih eksis hingga kini. Namun, tak banyak orang yang tahu apa saja yang ada di balik dinding istana tersebut.

Diketahui, istana peninggalan Kerajaan Mataram Islam itu memiliki sejumlah spot tersembunyi yang menyimpan misteri. Berikut beberapa di antaranya.

Isi Pura Mangkunegaran Solo:

1. Rumah keluaga kerajaan

Pura Mangkunegaran Solo adalah rumah keluarga kerajaan di mana masyarakat umum diperbolehkan untuk mengunjunginya.Namun, pengunjung yang datang harus mematuhi sejumlah peraturan yang ada.

Saat memasuki kawasan Kavallerie-Artillerie di belakang Masjid Al Wustho, misalnya. Pengunjung harus melepas alas kaki dan tidak merekam gambar apapun di dalamnya.

2. Museum Mangkunegaran

Museum Pura Mangkunegaran Solo menyimpan koleksi benda bersejarah sebagai harta karun yang dikumpulkan sejak tahun 1926. Museum yang dibuka untuk umum pada 1968 dan dikelola oleh pihak Pura Mangkunegaran ini menempati bangunan utama bernama Dalem Ageng.

Sebagai informasi, sama seperti di rumah keluarga kerajaan, pengunjung juga tidak diperkenankan mengambil gambar di dalam museum.

3. Malaikat emas

Saat memasuki pendopo Pura Mangkunegaran Solo, pengunjung akan melihat dua ornamen malaikat emas yang mengapit perisai logo MN.

“Saat di-mix dalam hewan mitologi Eropa, angel diartikan hewan yang memiliki kekuatan abadi [immortal]. Nah artinya perlindungan yang abadi untuk keluarga Mangkunegaran,” kata Pemandu Wisata Pura Mangkunegaran Solo, Aji Dharma Sakti.

4. Patung singa

Terdapat pula patung singa dari Berlin, Jerman di area pendopo yang merupakan simbol kekuasaan dan penjaga sebuah tempat.

“Kenapa patungnya singa? Jadi, artinya ada dua. Yang pertama singa adalah simbol kekuasaan. Kedua, dalam tradisi Jawa singa disimbolkan penjaga suatu tempat,” ucap Aji Dharma Sakti.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Solo g20 G20 Indonesia

Sumber : JIBI/Solopos.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top