Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kota Unik di Indonesia Berikut Ini Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Berikut 5 kota unik di Indonesia yang wajib Anda kunjungi untuk melihat berbagai keindahannya dikutip dari berbagai sumber
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  13:04 WIB
5 Kota Unik di Indonesia Berikut Ini Cocok Dikunjungi Saat Liburan
Pulau Alor - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Berkat lokasinya yang strategis dan kolonial masa lalu, Indonesia telah menjadi wadah peleburan budaya di Asia Tenggara.

Keajaiban alam yang indah, kekayaan sejarah, budaya dan kebangkitannya sebagai negara modern membuat banyak kota di Indonesia terasa unik.

Berikut 5 kota unik di Indonesia yang wajib Anda kunjungi untuk melihat berbagai keindahannya dikutip dari berbagai sumber:

1. Agats, Papua

Kota Agats adalah ibukota dari sebuah wilayah pemekaran baru Kabupaten Asmat yang merupakan bagian dari propinsi Papua. Agats yang berpenduduk sekitar 76.000 jiwa ini merupakan kota penting bagi distrik-distrik di sekitarnya. Kota ini memegang peranan utama di dalam menjalankan roda perekonomian dan pemerintahan di Kabupaten baru Asmat ini.

Ada keunikan tersendiri yang dimiliki oleh Agats. Kondisi tanah berlumpur dan rawa membuat kota ini harus berdiri dengan sarana jalan yang berupa papan. Seluruh jalan di kota Agats menyerupai jembatan yang dibuat dari kayu besi. Namun seiring perkembangan jaman dan teknologi, jembatan-jembatan ini kemudian mulai disempurnakan dalam bentuk beton yang lebih kuat lagi.

2. Semarang, Jawa Tengah

Jika ada satu kota yang memberi wisatawan pandangan sempurna tentang masa lalu kolonial Indonesia, Semarang adalah tempat yang tepat. Menjadi yang terbesar dan berfungsi sebagai ibu kota wilayah Jawa Tengah, Semarang memainkan peran besar selama era kolonial negara itu. Ini berfungsi sebagai pelabuhan penting selama masa penjajahan Belanda, dan jejak besar ini masih dapat dilihat sampai sekarang.

Hal terbaik untuk dilakukan di Semarang adalah menjelajahi tempat-tempat bersejarah kota ini. Namun, yang teratas dalam daftar ini adalah Kota Tua. Ketika Anda mengunjungi tempat-tempat seperti itu, Anda akan dapat menemukan campuran pengaruh Belanda dan lokal pada desain bangunan kolonial. Selain Kota Tua, Anda juga harus mengunjungi Pecinan dan Lawang Sewu di kota ini. Beberapa hidangan yang perlu Anda coba antara lain lumpia, lekker paimo, dan soto selan.

3.  Kuala Kencana, Papua

Kuala Kencana merupakan kawasan terbatas yang dikelola oleh PTFI dan  sebenarnya bukan  kawasan yang dikhususkan untuk berwisata. Setiap kendaraan yang akan masuk ke Kuala Kencana harus melewati pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Terdapat tugu yang merupakan hasil kerajinan masyarakat Papua dan dipercantik dengan semburan air mancur disekelilingnya.  Kuala Kencana adalah kota pertama di Indonesia yang telah menggunakan underground utilities untuk saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih dan pengolahan limbah yang terpusat. Tidak ada tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon yang terlihat di lingkungan ini karena semuanya tertanam rapi di dalam tanah.

4. Sabang, Aceh

Kota Sabang berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatera dengan Pulau Weg sebagai pulau terbesar. Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia dan sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo. Kota Sabang terletak di posisi strategis pada jalur lalu lintas pelayaran dan penerbangan internasional.

Kota Sabang memiliki berbagai daya tarik wisata alam seperti wisata Pantai Pasir Putih, Pantai Sumur Tiga, Pantai Tapak Gajah, Pantai Aroun, Pantai Reuteuk, Pantai Balohan, Pantai Chum, Air Panas Keunuekai, Air Panas Jaboi, Hutan Wisata Iboih, Taman Laut Pulau Rubiah, Pantai Teupin Layee, Pantai Teupin Sirkui, Pantai Lueng Angin, Pantai Kasih, Pantai Pria Laot, Danau Aneuk Laot, Tugu 0 km, Gua Sarang, dan Pantai Paradiso.

5. Alor, Nusa Tenggara Timur

Termasuk kota paling sepi di Indonesia, Alor adalah sebuah kabupaten yang memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya. Wisata bahari Taman Laut Selat Pantar yang ada di sini mempunyai panorama bawah laut yang menakjubkan  sehingga menjadi primadona dan pemikat bagi para diver dari seluruh dunia.

Tercatat, ada 26 titik selam (diving spot) yang memesona wisatawan. Titik selam Shark Close merupakan titik selam yang terakhir ini sangat menarik karena merupakan tempat kumpulan ikan hiu yang sangat bersahabat dengan para diver. Di taman laut ini pula dapat ditemui lumba-lumba abu-abu yang merupakan spesies langka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota unik travel traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top