Kota Vatikan/Istimewa
Travel

5 Negara di Dunia yang Tidak Punya Bandara

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 27 Maret 2022 - 09:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penerbangan dengan pesawat, adalah salah satu moda transportasi tercepat dan ternyaman untuk perjalanan jarak jauh atau luar negeri.

Tapi, tahukah Anda ada lima negara di dunia yang TIDAK memiliki fasilitas bandara sendiri! Dan Anda akan terkejut mengetahui nama negara-negara ini karena ini cukup populer di kalangan wisatawan.

Berikut ini adalah negara-negara tersebut, dan bagaimana Anda dapat menjangkau mereka seperti dilansir dari Times of India.

1.  San Marino

Negara terkecil kelima di dunia, San Marino juga tidak memiliki bandara. Wisatawan perlu memesan tiket ke Bandara Internasional Federico Fellini di Italia dan kemudian naik taksi atau taksi untuk sampai ke sini. Jarak keduanya hanya 21 km, yang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

2. Kota Vatikan

Kita semua tahu bahwa Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia, tetapi tahukah Anda bahwa Kota Vatikan yang indah ini tidak memiliki bandara sendiri? Negara ini adalah negara kota independen di dalam Roma dan mencakup area yang sangat kecil seluas 109 hektar. Wisatawan ke Kota Vatikan pertama-tama harus memesan tiket ke Bandara Leonardo da Vinci–Fiumicino di Roma, lalu naik taksi atau taksi untuk mencapai tujuan mereka. Kota Vatikan hanya berjarak 30 km dari bandara.

3. Monako

Setelah Kota Vatikan, Monako adalah negara terkecil kedua di dunia! Negara ini dikelilingi oleh Prancis di tiga sisi dan tidak memiliki fasilitas bandara sendiri. Wisatawan yang ingin menjelajahi Monako perlu naik perahu atau memesan taksi dari Bandara Nice Côte d'Azur Prancis. Hanya butuh setengah jam!

4. Liechtenstein

Permata lain dari negara Eropa, Liechtenstein tidak memiliki bandara sendiri. Tapi ini tidak pernah menghentikan para pelancong untuk masuk ke dalam tempat yang indah ini. Bandara terdekat adalah St. Gallen–Altenrhein di Swiss dan kemudian wisatawan dapat naik taksi, kereta api, atau perahu untuk mencapai Liechtenstein.

5. Andora

Andorra terletak tepat di perbatasan antara Spanyol dan Prancis. Bangsa Eropa yang cantik ini merupakan surganya para pecinta petualangan dan pecinta alam. Seseorang dapat menikmati hiking dan trekking di negara ini. Juga, tahukah Anda bahwa ibu kota negara Vella adalah ibu kota tertinggi di seluruh Eropa! Yah, Andorra tidak memiliki bandara sendiri tetapi ada lima bandara dalam waktu tiga jam dari negara yang terletak di Spanyol dan Prancis. Wisatawan dapat memesan tiket ke salah satu bandara ini dan kemudian berkendara ke Andorra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro