Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Kuliner

Awas Berbahaya! Jangan Coba-coba 10 Tren Makanan di TikTok Berikut Ini

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 22 Maret 2022 - 16:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jika Anda suka scrolling di TikTok, Anda pasti sering melihat hidangan viral yang lezat yang ditampilkan penggunanya.

Seperti pasta feta panggang, telur pesto, dan mangkuk nasi salmon.

Namun terkadang beberapa tren makanan berbahaya juga masuk ke TikTok.

Tren tersebut menghadirkan bahaya keamanan pangan utama atau bisa berbahaya bagi kesehatan Anda, ada juga yang membuat beberapa klaim medis palsu yang jangkauannya jauh dengan fakta aslinya.

Berikut adalah 10 tren makanan berisiko yang terlihat di TikTok, dilansir dari Eat This Not That:

1.  Sleepy Chicken

Tren yang mengkhawatirkan ini muncul kembali di awal tahun 2022 setelah pertama kali muncul di media sosial beberapa tahun lalu. Idenya adalah untuk mengasinkan ayam mentah di NyQuil, obat flu dan pilek yang dijual bebas, sebelum direbus atau digoreng. Ini sama sekali bukan cara yang aman untuk mengonsumsi ayam dengan obat flu karena kemungkinan besar melebihi dosis yang disarankan.

2. Keju panggang

TikTok dipenuhi dengan cara membuat segalanya lebih cepat. Maka muncul lah ide menempelkan sandwich keju ke dalam pemanggang roti untuk menghasilkan keju panggang. Namun, aturan praktis keamanan pangan adalah selalu menggunakan peralatan untuk tujuan yang dimaksudkan. Pemanggang roti tidak dirancang untuk berfungsi sebagai mesin press panini dan dapat memicu kebakaran dapur.

3. Cuci ayam mentah

Saat Anda mencuci ayam mentah atau jenis daging mentah lainnya di wastafel Anda, patogen pada ayam menumpang di percikan air dan menyebar ke setiap permukaan di dekatnya, termasuk wastafel dan ruang konter terdekat. Dengan kata lain, dengan mencuci ayam mentah, Anda berpotensi mencemari wastafel, meja, dan permukaan lainnya dengan Salmonella atau bakteri lain.

4. Meja Nacho

Meja nacho adalah versi super besar dari piring nacho, dengan tumpukan keripik tortilla dan topping tersebar di atas kertas timah dan menutupi seluruh meja. Tanpa piring atau peralatan, seluruh meja menjadi terkontaminasi ketika satu orang lupa untuk mencuci tangan. Saat Anda makan, mulut Anda menghasilkan lebih banyak air liur, yang menyembur keluar saat Anda mengunyah atau berbicara.

5. Tren video 'Apa yang Saya Makan dalam Sehari'

Video biasanya mendokumentasikan sehat dan segarnya makanan. Namun, masalahnya terletak pada pemikiran 'jika Anda makan seperti saya, Anda bisa terlihat seperti saya’. Ini berkontribusi pada kecenderungan orthorexic yaitu obsesi tidak sehat dengan makan sehat dan perilaku makan yang tidak teratur."

6. Minuman berenergi yang berlimpah

Meskipun tidak banyak yang perlu dikhawatirkan jika Anda sesekali meraih minuman energi, mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa konsekuensi yang tidak diinginkan. Minuman energi dapat mengandung 200 miligram atau lebih kafein. Kelebihan kafein dapat menyebabkan jantung berdebar, mual dan muntah, gemetar, tekanan darah meningkat, dan paling ekstrim, kejang atau kematian.

7. Minum air klorofil

Meskipun menambahkan tetes klorofil ke dalam air Anda kemungkinan aman, klaim bahwa air hijau Anda dapat memiliki kekuatan kuratif menjadi terlalu berlebihan. Air klorofil sebenarnya tidak menggunakan senyawa klorofil yang sama yang ditemukan pada tumbuhan, sebagai gantinya itu adalah klorofilin,

8. Suplemen pra-latihan “dry scooping”

Pra-latihan adalah suplemen makanan yang dipasarkan untuk penggemar gym. Anda tidak hanya bisa tersedak suplemen, tetapi ada juga potensi toksisitas jika tidak dikonsumsi dalam jumlah yang benar. Misalnya, kafein dapat berbahaya dalam dosis tinggi dan dapat menyebabkan masalah jantung, kesulitan bernapas, dan bahkan kematian.

9. Peras lemon dalam kopi

Akankah memeras lemon dalam kopi Anda membantu mempercepat penurunan berat badan, seperti yang diklaim beberapa orang di TikTok? Tidak ada bukti yang mendukung teori itu. Klinik Cleveland menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan mulas dan seiring waktu dapat merusak email gigi Anda.

10.  Memasukkan bawang putih ke dalam hidung

Ada tren bahwa memasukkan satu siung bawang putih ke dalam lubang hidung Anda akan membersihkan sinus Anda. Tapi ini adalah ide yang mengerikan karena hanya dokter yang boleh memasukkan benda ke dalam hidung Anda untuk tujuan medis. Jika Anda ingin membersihkan sinus, bisa menggunakan pelembab udara, semprotan saline hidung, atau meletakkan handuk hangat di wajah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro