Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif/Freepik.com
Travel

7 Oleh-oleh Khas Mandalika yang Bisa Anda Beli Saat Nonton MotoGP 2022

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 19 Maret 2022 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Bagi  Anda yang nonton langsung MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, bukan hanya bisa menikmati lomba yang dipertontonkan, tapi juga bisa menikmati keindahan wisata di sana.

Jika pulang nanti ke kota kelahiran Anda, ada sejumlah oleh-oleh khas Mandalika yang unik yang bisa Anda beli dan jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah berikut ini seperti dikutip dari Indonesia Travel :

1.  Abon ikan

Sesuai dengan namanya, abon ikan merupakan makanan khas Lombok yang berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan biasanya bermacam-macam. Ada yang menggunakan ikan tongkol, ikan nila, dan ada juga yang diolah dari ikan tuna. Olahan yang satu ini cocok banget buat dijadiin hidangan pelengkap. Disantap cuma sama nasi juga enak kok!

2.  Aksesori mutiara

Berbeda dari mutiara lainnya, aksesori mutiara buatan Lombok mempunyai keunggulan tersendiri. Butiran mutiara yang digunakan ukurannya cukup besar dari mutiara-mutiara pada umumnya. Karena itu, kilauan yang dihasilkan dari mutiara-mutiara tersebut juga jauh lebih indah. Kualitas dari mutiara Lombok udah diakui oleh dunia, lho! Banyak mutiara khas Lombok yang telah diekspor ke luar negeri dengan harga jual yang lumayan tinggi.

3.  Kain tenun sasak

Kerajinan tekstil yang satu ini adalah ikon Lombok. Merupakan bagian penting dari budaya Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok, Tenun Sasak dapat ditemukan di beberapa desa yang ada di sini, salah satunya di Desa Sade yang terletak di wilayah Rembitan. Kain Tenun Sasak sendiri seringkali memiliki makna tersendiri pada motif-motifnya. Pembuatan kerajinan tekstil unik ini juga biasa dilakukan oleh para wanita yang tinggal di desa sejak mereka masih kecil, lho!

4.  Kopi

Indonesia merupakan salah satu negara produsen biji kopi yang namanya telah dikenal oleh seluruh dunia. Enggak cuma Sumatra, Jawa, Bali, dan Papua, Lombok juga mampu menghasilkan biji kopi dengan cita rasa yang luar biasa. Bagi Anda yang suka ngopi, salah satu kopi yang wajib dicoba adalah kopi arabika Sembalun. Kopi yang namanya sempat menghilang ini telah dibangkitkan kembali oleh para pemuda setempat. Sekarang, kopi arabika Sembalun sudah banyak tersedia di kafe-kafe sekitar Lombok dan dapat dipesan juga secara online!

5.  Madu hutan

Siapa sih yang enggak suka sama olahan manis yang satu ini? Di Lombok, Anda bisa mencoba nikmatnya madu hutan yang diambil dari Pulau Sumbawa di seberang timur. Enggak cuma memiliki rasa yang nikmat, madu hutan Sumbawa juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Sejumlah khasiat dari madu hutan Sumbawa ini di antaranya adalah mampu mengobati batuk dan radang tenggorokan, mengobati diabetes, menurunkan berat badan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Madu hutan Sumbawa pas banget buat dikonsumsi sebagai pelengkap minuman atau makanan!

6.  Olahan rumput laut

Pesisir di sekitar Lombok seringkali digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut. Salah satu produk yang diolah dari rumput laut tersebut adalah dodol rumput laut Mandalika. Memiliki tekstur yang kenyal, oleh-oleh yang satu ini tersedia dalam berbagai macam rasa. Beberapa di antaranya adalah rasa semangka, sirsak, nangka, tomat, labu siam, juga jagung! Dodol rumput laut juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, lho! Bagi para wanita, camilan ini ternyata mampu memperlambat penyebaran kanker payudara. Olahan ini juga aman untuk dikonsumsi Sobat Pesona yang menderita kolesterol dan diabetes.

7.  Olahan susu kuda liar

Kalo susu yang diperah dari sapi pasti udah sering Anda minum. Tapi kalo susu yang diperah dari kuda liar udah pernah nyoba belum? Dikenal juga sebagai susu kuda Sumbawa, olahan yang satu ini mempunyai rasa yang sedikit lebih asam dari susu biasanya. Susu kuda liar juga memiliki banyak manfaat, seperti dapat melancarkan pencernaan serta cocok untuk diet karena jumlah kalorinya yang rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro